2 Jam Menikmati Alam Bagus untuk Kesehatan Anda

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 23 Jun 2019, 17:00 WIB
Jangan sepelekan aktivitas menikmati alam. Menghabiskan 2 jam saja di alam, sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda.
2 Jam Menikmati Alam Bagus untuk Kesehatan Anda (Rawpixel.com/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Siapa yang tidak senang menikmati alam dengan melihat rindangnya pohon, serta merasakan sejuknya udara, dan suasana yang tenang? Hampir semua orang senang dengan hal yang biasanya ditawarkan oleh alam tersebut. Menurut penelitian terbaru, Anda hanya butuh waktu 2 jam untuk menghabiskan waktu di alam dan bisa mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan.

Anda mungkin sudah tahu bahwa menghabiskan waktu di alam bebas baik untuk anak-anak. Nyatanya, hal itu juga bagus untuk orang dewasa. Itulah sebabnya, Anda sering meninggalkan tekanan pekerjaan untuk berlibur di tempat yang indah dan alami, seperti daerah pegunungan.

Namun, Anda pasti bingung, sebenarnya berapa lama yang dibutuhkan untuk menghabiskan waktu di alam?

Berapa waktu yang tepat?

Untuk menjawab hal itu, sebuah kelompok peneliti dari Inggris mencoba menelitinya. Mereka mencoba untuk meneliti bagaimana aktivitas di alam bisa meningkatkan kesehatan.

Dalam studi yang dipublikasikan belum lama ini, para peneliti menyurvei lebih dari 19 ribu orang di Inggris tentang waktu rekreasi yang mereka habiskan di alam selama seminggu terakhir. Hal tersebut disurvei berbarengan dengan kesehatan dan kesejahteraan yang dilaporkan sendiri oleh para responden.

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang menghabiskan setidaknya 120 menit seminggu di alam dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisiknya. Hal ini dibandingkan dengan orang-orang yang tidak menghabiskan waktu di alam.

Para peneliti mengatakan ukuran manfaat kesehatan itu serupa dengan apa yang orang dapatkan dengan melakukan aktivitas fisik. Tidak menjadi masalah bagaimana orang-orang tersebut menghabiskan 120 menit di alam, termasuk jika hanya dengan jalan kaki singkat di dekat rumah. Nyatanya, itu sama manfaatnya ketika Anda berjalan di taman pada akhir pekan dalam waktu yang lebih lama.

Para peneliti menunjukkan bahwa ini hanyalah langkah awal untuk dapat merekomendasikan setiap orang agar mau menghabiskan waktu tertentu setiap minggu di alam.

Sementara itu, memang banyak penelitian sebelumnya yang telah menunjukkan bahwa hanya dalam waktu singkat di alam dapat memberikan manfaat kesehatan. Dalam sebuah penelitian, orang-orang yang berolahraga selama 5 menit di alam terbuka mampu meningkatkan harga diri dan suasana hatinya.

Carolyn Schuyler, ahli aktivitas alam dari Virginia, Amerika Serikat melihat bahwa orang dewasa akan mendapatkan manfaat besar ketika banyak beraktivitas di alam. Terutama pada orang yang sehari-harinya bergelut dengan pekerjaan yang sangat menegangkan.

"Setelah satu jam berada di alam, mereka tertawa, mencari makan, dan mengumpulkan hal-hal seperti mereka berusia 5 tahun," katanya.

1 of 2

Manfaat kesehatan di luar aktivitas fisik

Beberapa manfaat kesehatan dari alam adalah orang bisa mendapatkan lebih banyak aktivitas fisik ketika mereka berada di luar ruangan. Tetapi, penelitian menunjukkan bahwa hanya duduk diam di alam saja dapat meningkatkan kesehatan.

Patricia Hasbach, PhD, seorang psikoterapis dari Amerika Serikat juga mengatakan bahwa alam dapat memberikan kelegaan pada Anda yang lelah secara mental. Hal ini biasanya bagi para pekerja yang sehari-harinya terfokus di depan layar komputer.

"Ketika orang-orang mengalihkan perhatian ke alam, bahkan dalam waktu singkat saja di luar ruangan, mereka cenderung kembali fokus ketika bekerja. Ini menjadi sangat memulihkan ketika orang harus kembali fokus penuh dalam bekerja," ujar Hasbach.

Namun, manfaat ini hanya muncul jika Anda meletakkan ponsel dan memberikan perhatian penuh pada alam. Apakah itu pemandangan yang benar-benar menakjubkan atau sekadar pohon di sekitar kantor Anda.

Bagaimana jika jarang menikmati alam?

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana yang hidup di tengah kota? Hidup di daerah perkotaan dikaitkan dengan berbagai jenis pemicu stres, yakni kebisingan, peningkatan interaksi sosial, dan kekacauan lalu lintas. Pada gilirannya, hal tersebut dapat meningkatkan kecemasan.

Jika Anda tinggal di area perkotaan yang bising dan minim pemandangan hijau, jangan khawatir. Anda tetap dapat menciptakan lingkungan yang asri di rumah, misalnya dengan urban farming.

Anda punya lahan kosong di rumah? Coba manfaatkan area tersebut dengan menanam pohon, tanaman hijau, atau bunga-bunga. “Menurut penelitian, wanita yang menatap bunga mawar segar selama 3 menit mengalami peningkatan mood atau menjadi lebih bahagia dan berkurang kadar stresnya,” kata dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.

Jadi, menikmati alam adalah hal yang bagus untuk kesehatan Anda. Waktu yang disarankan adalah 2 jam. Akan tetapi, tidak masalah jika Anda hanya punya waktu 15 menit, itu sudah lebih dari cukup untuk membuat Anda bersemangat.

[MS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓