7 Makanan yang Bagus untuk Kesehatan Tulang Anda

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 25 Jun 2019, 13:45 WIB
Kesehatan tulang juga perlu selalu dijaga. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini.
7 Makanan yang Bagus untuk Kesehatan Tulang Anda (Dragon_Fly/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, kesehatan tulang biasanya akan ikut menurun. Oleh karenanya kondisi tulang juga perlu mendapat perhatian. Ada beragam cara untuk menjaga kesehatan tulang, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang bisa mengoptimalkan kesehatan jaringan tersebut.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, tulang berperan penting untuk membentuk struktur tubuh dan melindungi organ-organ dalam tubuh dari cedera. Jika kesehatannya tidak terjaga, tulang menjadi rapuh akibatnya risiko osteoporosis dan patah tulang pun meningkat.

"Kepadatan tulang pada setiap orang akan menurun setelah memasuki usia 40 tahun. Pada wanita, kondisi ini akan terjadi dengan cepat saat masa menopause. Itulah sebabnya kesehatan tulang perlu dijaga sejak dini," ujar dr. Dyah Novita.

Ya, kesehatan tulang biasanya harus dijaga lewat olahraga dan minum susu. Akan tetapi, ada cara lain untuk membuat tulang Anda tetap baik, yakni lewat pilihan makanan yang Anda konsumsi.

Deretan makanan yang bagus untuk tulang Anda

Makanan yang Anda konsumsi cukup berperan penting dalam kesehatan tulang Anda. Jika makanan Anda baik, tulang akan baik. Biasanya deretan makanan yang baik untuk tulang adalah yang mengandung kalsium.

Coba beberapa makanan ini untuk menunjang kesehatan tulang Anda:

  1. Sayuran berwarna gelap

Seperti yang dibilang sebelumnya, kalsium penting untuk tulang Anda. Tentu, Anda bisa mendapatkannya dari produk susu, tetapi juga banyak ditemukan dalam sayuran. Satu pilihan bagus adalah sayuran berdaun gelap seperti bok choy, kubis, collard, dan lobak. Anda harus tahu, satu cangkir lobak hijau yang dimasak memiliki sekitar 200 miligram kalsium (20% dari target harian Anda). Selain itu, sayuran hijau gelap juga mengandung vitamin K, yang dapat mengurangi risiko Anda terkena osteoporosis.

  1. Ubi jalar

Dua nutrisi yang membantu menjaga kesehatan tulang adalah magnesium dan kalium. Jika Anda kekurangan magnesium, Anda dapat memiliki masalah dengan keseimbangan vitamin D Anda, sehingga memengaruhi kesehatan tulang Anda. Kalium menetralkan asam di dalam tubuh Anda sehingga bisa melepaskan kalsium dari tulang Anda. Salah satu cara lezat untuk mendapatkan kedua nutrisi tersebut adalah dengan memakan ubi jalar ukuran sedang tanpa garam, yang memiliki 31 miligram magnesium dan 542 miligram kalium.

  1. Jeruk bali

Tambahkan jeruk dalam diet Anda. Buah jeruk diketahui memiliki vitamin C, yang telah terbukti membantu mencegah keropos tulang. Satu jeruk, terutama jeruk  bali merah muda atau merah utuh mengandung sekitar 91 miligram vitamin C, memberi Anda jumlah yang Anda butuhkan sepanjang hari.

  1. Ikan Salmon

Salmon dan jenis ikan berlemak lainnya menawarkan beragam nutrisi penambah tulang. Jenis ikan tersebut mengandung vitamin D, yang membantu tubuh Anda mendapatkan kalsium, dan asam lemak omega-3, yang juga dapat membantu tulang.

1 of 2

Selanjutnya

  1. Tahu

Tahu (Shadaw/Shutterstock)
Tahu (Shadaw/Shutterstock)

Tahu adalah makanan andalan dalam masakan Asia karena kandungan nutrisinya. Setengah cangkir tahu mengandung lebih dari 800 miligram kalsium. Tahu juga memiliki manfaat membangun tulang lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa isoflavon dalam kedelai – bahan utama tahu – bermanfaat dalam menangkal penyakit tulang pada wanita setelah menopause.

  1. Jus jeruk

Sebenarnya jus jeruk tidak secara alami mengandung banyak kalsium. Akan tetapi, banyak produsen jus jeruk sering menjual versi yang telah diperkaya dengan kalsium (lihat pada kemasannya). Faktanya, jus jeruk yang diperkaya vitamin dan mineral juga memiliki jumlah kalsium pembangun tulang yang sama dengan susu sapi.

  1. Buah plum kering

Mirip dengan anggur, buah plum bagus bagi Anda yang ingin memperkuat tulang. Penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi buah plum kering setiap hari dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang Anda dengan memperlambat kerusakan tulang di tubuh Anda.

Itulah deretan makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan kekuatan tulang Anda. Jadi jangan sepelekan kondisi kesehatan tulang Anda, karena jika mengalami gangguan kesehatan, aktivitas Anda akan terhambat.

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓