Kenali 8 Penyebab Anda Sering Beser

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 25 Jun 2019, 15:30 WIB
Beser yang Anda alami bisa sangat menganggu aktivitas. Kenali apa saja penyebabnya agar Anda bisa mengatasi gangguan kesehatan ini.
Kenali 8 Penyebab Anda Sering Beser (Pop-Paul-Catalin/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil (BAK) adalah kondisi yang membuat tidak nyaman. Sebagian masyarakat sering menyebut kondisi ini sebagai beser. Jika sering mengalaminya, maka Anda harus tahu apa saja yang jadi penyebab beser.

Dalam bahasa medis, beser disebut inkontinensia urine. Hal itu terjadi akibat ketidakmampuan seseorang menahan buang air kecil, atau berkemih yang terjadi tanpa disengaja.

Umumnya, beser mengacu pada kondisi seseorang yang sering buang air kecil untuk jeda waktu yang tidak terlalu lama. Orang yang mengalami ini biasanya adalah orang yang konsumsi minumnya banyak. Artinya, apa pun yang masuk ke dalam tubuh, otomatis perlu dikeluarkan melalui saluran kencing.

Penyebab Anda sering beser

Beser tak melulu akibat minum banyak air putih. Bisa jadi, juga karena adanya masalah di dalam tubuh. Entah karena penyakit atau karena ada gangguan lainnya.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan Anda mengalami beser:

1. Otot-otot di sekitar panggul melemah

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter kondisi ini biasanya dialami orang yang sudah tua atau lanjut usia (lansia). “Dalam usia tersebut sudah ada kelemahan otot-otot yang bertanggung jawab terhadap buang air kecil, terutama otot-otot di sekitar panggul," kata dr. Alvin.

2. Cedera

Cedera atau gangguan otot yang ada di sekitar panggul juga bisa membuat Anda menjadi beser. Jika Anda mengalami kondisi gangguan otot atau cedera pada sekitar panggul, jangan dibiarkan. Segera periksakan ke dokter.

3. Pasca melahirkan

"Wanita yang habis melahirkan juga bisa mengalami beser karena otot-otot yang ada di sekitar panggul dan kandung kemihnya mengendur," kata dr. Alvin.

Ini biasanya dialami oleh wanita yang melahirkan secara normal. Jadi, ada kerusakan pada “rem” yang ada di kandung kemih, sehingga ia tidak bisa menahan kencing

4. Diabetes melitus

"Penyakit ini memang identik dengan selalu kencing atau beser. Ini dinamakan poliuria," lanjut dr. Alvin.

Diabetes terjadi karena terlalu banyaknya gula di dalam darah, sehingga menarik air. Akibatnya, pasien diabetes akan menjadi sering kencing pada malam hari.

1 of 2

Selanjutnya

5. Infeksi saluran kencing

Penyakit ini memungkinkan Anda beser. Tapi, selain keluhan beser, biasanya ada keluhan nyeri saat kencing dan keluar cairan.

Infeksi saluran kencing sering dialami wanita dan orang awam menyebutnya sebagai anyang-anyangan. Kondisi ini juga bisa terjadi setelah menikah yang disebut dengan honeymoon cystitis, yang membuat kencing terasa sakit dan panas.

6. Minum kopi

Anda jarang minum, tapi beser? Diungkapkan oleh dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter, bisa jadi Anda terlalu sering minum kopi. Menurutnya, kopi cenderung membuat seseorang mudah buang air kecil karena sifatnya diuretik.

7. Gangguan prostat

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, gangguan prostat biasanya menyerang pria berusia di atas 60 tahun. Hal tersebut karena prostat terlalu besar dan menekan saluran kencing. Pasien gangguan prostat menjadi sering kencing karena biasanya saat kencing keluarnya sedikit-sedikit atau tidak tuntas.

8. Batu ginjal

Untuk beberapa kasus tertentu soal beser, bisa jadi Anda mengalami batu ginjal. Batu ginjal adalah butiran mineral yang menyerupai batu yang terbentuk dalam kandung kemih manusia. Anda harus waspada jika sering buang air kecil, tapi keluarnya sedikit dan mengalami rasa nyeri.

Itulah deretan penyebab yang bisa membuat Anda beser. Jika Anda termasuk orang yang rajin minum, beser bukan jadi masalah. Akan tetapi, jika kondisi beser tersebut diakibatkan beberapa gangguan kesehatan di atas, lebih baik segera periksakan kondisi Anda ke dokter.

[MS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓
Azis AbahAzis Abah

Terakhir periksa lab di RSCM, hasilnya tidak ada penyakit dan , kelainan, jadi tidak diberi obat apapun. Mohon solusinya. Terimakasih.

Azis AbahAzis Abah

Salaam sehat, saya bukan mau komentar tapi konsultasi beser, yang dialami isteri sudah bertahun. Usia kini 72 th. Sudah periksa ke dokter spesialis dalam, urulogi, syaraf dan jantung. Hasilnya tidak ada infeksi (nyeri dan perih), tidak ada diabet (kadar gula darah tinggi). Terakhi periksa lab di RS