5 Manfaat Susu Kedelai untuk Wanita

Oleh Ayu Maharani pada 26 Jun 2019, 14:30 WIB
Tahukah Anda bahwa susu kedelai mampu memberikan segudang manfaat sehat untuk wanita? Ini dia 5 di antaranya.
5 Manfaat Susu Kedelai untuk Wanita (Mamsizz/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Pamor susu kedelai mungkin tak setinggi susu sapi. Namun, tak sedikit juga yang sudah menjadi penikmat susu nabati ini. Selain murah, susu kedelai juga bisa dijadikan alternatif konsumsi untuk mereka yang tidak bisa menikmati susu sapi akibat intoleransi laktosa.

Usut punya usut, susu kedelai ternyata mampu memberikan manfaat yang signifikan jika dikonsumsi oleh wanita. Adapun beberapa manfaat yang dirasakan oleh wanita yang mengonsumsi susu kedelai secara rutin dan teratur, yaitu:

1. Meredakan nyeri haid

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, wanita yang sedang datang bulan alias haid disarankan untuk minum susu kedelai. Pasalnya, susu kedelai dapat membantu meredakan gejala nyeri saat haid sehingga Anda dapat beraktivitas seperti biasa.

“Isoflavon yang terdapat dalam susu kedelai terbukti dapat memberikan manfaat untuk meringankan rasa nyeri saat haid, terutama yang terjadi akibat penyakit endometriosis. Penyakit endometriosis itu sendiri adalah kondisi abnormal penebalan jaringan dinding rahim,” kata dr. Dyan Mega.

Tak cuma itu, gejala lain yang biasanya dirasakan menjelang haid seperti perut kembung, sakit kepala dan jantung berdebar juga dapat dikurangi dengan mengonsumsi susu kedelai. 

2. Meringankan gejala pascamenopause

Saat menopause, wanita mengalami sejumlah perubahan pada tubuh. Misal, mulai merasakan hot flush alias kegerahan di malam hari, sulit tidur, vagina kering dan sangat sensitif sehingga mudah tersinggung. Bahkan, tak sedikit wanita menopause yang mengeluhkan perasaan tidak nyaman saat berhubungan seksual.

Nah, dalam jurnal The JAMA Network, keluhan yang terjadi saat menopause dapat dikurangi dengan mengonsumsi susu kedelai secara rutin. Jadi, bagi Anda yang akan memasuki masa menopause ataupun sudah mengalami menopause, cobalah untuk mengonsumsi susu kedelai sebanyak 500 mililiter per hari, setidaknya selama 2 bulan. Agar benar-benar bermanfaat, pastikan Anda tidak punya penyakit yang berhubungan dengan kacang-kacangan.

3. Mencegah penuaan dini

Ketika bicara tentang memperlambat proses penuaan dini, mungkin yang langsung terpikirkan oleh Anda adalah kolagen. Ya, hal tersebut memang benar. Tapi kenyataannya, susu kedelai juga mampu memberikan manfaat serupa.

Fakta menyebutkan bahwa kacang kedelai mengandung aglycones yang berfungsi untuk meregenerasi sel-sel di kulit. Sebuah studi di Jepang melaporkan, konsumsi aglycones sebanyak 40 miligram dalam sehari dari kacang kedelai mampu mengurangi keriput pada wanita berusia 40 tahun ke atas. 

4. Menurunkan risiko kanker payudara 

Berdasarkan penjelasan dr. Dyan Mega, susu kedelai atau kacang tidak terbukti mampu mencetuskan kanker. Asupan tersebut justru diduga memainkan peran pada proses pencegahan kanker payudara.

“Berbagai studi justru membuktikan bahwa konsumsi kacang kedelai secara rutin dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita. Bahkan, mereka yang sudah pernah terkena kanker itu sebelumnya juga bisa mengonsumsi susu kedelai karena sangat aman bagi kesehatan,” jelasnya. 

5. Menurunkan kolesterol

Susu kedelai hanya mengandung 80–110 kalori. Jumlah ini jauh lebih rendah ketimbang susu sapi. Selain itu, secangkir susu kedelai juga mengandung 7 gram protein, 5 gram lemak, serta 4 gram karbohidrat. 

Tak cuma itu, masih ada lagi manfaat yang didapat jika Anda sering mengonsumsi susu kedelai, yaitu kadar kolesterol menurun, khususnya kolesterol jahat (LDL). Susu kedelai bisa memberikan manfaat demikian berkat kandungan fitoestrogen di dalamnya.

Susu kedelai sunggu kaya gizi dan manfaat, bukan? Jadi, tak ada salahnya jika Anda ingin menjadikan susu kedelai sebagai bagian dari menu sehari-hari. Jangan lupa untuk mengombinasikan konsumsi susu kedelai dengan pola makan sehat dan bergizi seimbang, berolahraga rutin dan teratur, cukup istirahat, menjauhi rokok maupun alkohol, serta kelola stres dengan baik. Dengan ini semua, niscaya Anda akan merasakan manfaat susu kedelai dengan lebih optimal.

(NB/ RVS)