Kiat Atasi Kelelahan seperti Dialami Walikota Tri Rismaharini

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 26 Jun 2019, 17:00 WIB
Saat alami kelelahan dan batuk berdahak seperti Ibu Tri Rismaharini, lakukan beberapa langkah ini sebagai jurus awal untuk mengatasinya.
Kiat Atasi Kelelahan seperti Dialami Walikota Tri Rismaharini (Helmi-Fithriansyah-Liputan6)

Klikdokter.com, Jakarta Walikota Surabaya, Tri Rismaharini dikabarkan jatuh sakit dan sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Soewandi, Surabaya sejak Selasa (25/6) kemarin. Walikota yang sehari-hari disapa dengan panggilan Ibu Risma dan selalu tampak enerjik ini diketahui mengalami kelelahan serta batuk berdahak. Kondisi tersebut membuat tim dokter harus melakukan observasi dan perawatan lebih intensif di rumah sakit.

Kelelahan adalah kondisi yang sering terjadi, terutama pada pekerja keras seperti Ibu Risma. Tuntutan pekerjaan yang tinggi, jam kerja yang panjang, serta waktu istirahat yang kurang adalah beberapa di antara sekian banyak penyebab kelelahan.

Rasa lelah menjadi “alarm” untuk mengingatkan bahwa tubuh memerlukan istirahat. Hal tersebut tidak selalu berhubungan dengan penyakit serius. Namun, bila berlangsung terus menerus dapat berakibat buruk bagi organ-organ dalam tubuh dan menurunkan daya tahan tubuh secara umum. Mereka yang mengalami kelelahan akan mudah terserang penyakit seperti flu, demam, dan batuk berdahak seperti yang dialami Walikota Risma.

Batuk berdahak juga bukanlah hal yang jarang terjadi. Batuk berdahak adalah batuk yang disertai produksi dahak yang berasal dari saluran pernapasan. Biasanya, batuk berdahak diikuti dengan gejala lainnya seperti gatal di tenggorokan, nyeri menelan, atau suara serak.

1 of 2

Kiat mengatasi kelelahan dan batuk berdahak

Kiat Atasi Kelelahan seperti Dialami Walikota Tri Rismaharini (Africa-Studio/Shutterstock)
Kiat Atasi Kelelahan seperti Dialami Walikota Tri Rismaharini (Africa-Studio/Shutterstock)

Bila Anda mengalami badan lemas akibat kelelahan dan batuk berdahak, beberapa hal berikut dapat dilakukan untuk mengatasinya:

1. Minum air putih

Saat mengalami batuk berdahak, lendir dalam tenggorokan akan diproduksi dalam jumlah yang cukup banyak. Minum air putih akan mengencerkan dahak tersebut sehingga tidak terlalu mengiritasi dan menyebabkan batuk.

Selain itu, minum air putih juga akan mencegah tubuh Anda mengalami dehidrasi yang menyebabkan badan lemas dan mudah lelah. Sebaiknya, Anda minum setidaknya 2 liter air putih setiap hari.

2. Perbanyak buah dan sayur

Buah dan sayur tinggi kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan. Zat tersebut bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Selain itu, bila Anda sedang sakit, mengonsumsi buah dan sayur akan mempercepat proses pemulihan. Gantilah camilan yang tinggi gula, mengandung pemanis buatan seperti roti, kue, menjadi buah dan sayur.

3. Makanan tinggi protein

Protein termasuk dalam salah satu makanan yang baik untuk mengatasi kelelahan karena berfungsi zat pembangun tubuh dan sumber energi. Dengan mengonsumsi makanan sumber protein, tubuh tidak akan mudah lemas dan lelah.

Selain itu, protein juga membantu tubuh melawan penyakit. Karena itu, jangan lupa selalu sertakan tahu, tempe, kacang merah, telur, ikan, atau daging dalam menu harian Anda. 

4. Hindari asap rokok

Paparan asap rokok dapat membuat saluran napas teriritasi dan menghasilkan lebih banyak lendir. Akibatnya, keluhan batuk berdahak pun akan makin berat.

Tak hanya asap rokok, polusi udara, asap kendaraan bermotor pun dapat mengakibatkan gangguan serupa. Karena itu, bila Anda sedang alami batuk berdahak, sedapat mungkin hindari asap rokok dan polusi udara. Jika harus beraktivitas di luar ruangan, gunakan masker pelindung saluran pernapasan Anda.

5. Cukup istirahat

Istirahat yang cukup akan menghilangkan rasa lelah. Selain itu, tidur juga memberikan kesempatan pada sel tubuh untuk beregenerasi. Dalam kondisi bagaimanapun sibuknya Anda bekerja, usahakan selalu memiliki pola tidur yang baik, yakni tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari.

Batasi frekuensi begadang dan bila terpaksa harus begadang karena tuntutan pekerjaan, jangan lakukan beberapa hari berturut-turut. Pastikan Anda tetap mempunyai waktu beristirahat.

Hal-hal di atas dapat Anda lakukan sebagai langkah awal mengatasi kelelahan dan batuk berdahak, seperti yang dialami Walikota Tri Rismaharini. Namun, bila gejala berlanjut terus dan dirasa semakin berat hingga mengganggu aktivitas, segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebabnya agar bisa ditangani dengan tepat.

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓