Yesung SuJu Diet Hanya Makan Dua Hari Sekali, Ini Efeknya

Oleh Ayu Maharani pada 27 Jun 2019, 13:15 WIB
Yesung SuJu diet makan dua hari sekali demi menurunkan berat badan dan memperlihatkan ketegasan rahangnya. Apa efek sampingnya?
Yesung SuJu Diet Hanya Makan Dua Hari Sekali, Ini Efeknya (Foto: SM Entertainment)

Klikdokter.com, Jakarta Bisa dibilang, Super Junior (SuJu) adalah salah satu boyband asal Korea Selatan yang paling dikenal di Indonesia. Terbukti dari konser-konsernya yang tetap laris, meski sudah dilaksanakan berulang kali di Indonesia sejak debut mereka 14 tahun lalu. Baru-baru ini, dikabarkan jika salah satu lead vocal-nya, Yesung – atau sering disebut Yesung SuJu – tengah menjalankan diet ekstrem dengan hanya makan dua kali sekali.

Dilansir dari sebuah media Korea Selatan, Yesung mengaku menjalani diet ekstrem tersebut agar bisa menunjukkan rahangnya demi meningkatkan penampilannya di panggung. Yesung mengatakan, diet ekstremnya itu sudah berhasil mengurangi bobot tubuhnya sebanyak 8 kilogram.

Diet ekstrem yang dilakukan Yesung tentu menjadi bahan pembicaraan warganet Korea. Seperti dikutip dari KapanLagi.com, namanya bahkan menjadi trending di situs pencarian Daum (milik Korea) dan para penggemarnya pun khawatir terhadap kondisi tubuh pria bersuara berat tersebut.

Peka terhadap kekhawatiran fansnya, Yesung pun menegaskan jika yang dibahas oleh salah satu media Korea Selatan terhadap program dietnya itu adalah berita lama, yakni 3 tahun yang lalu. Saat itu, Yesung tidak terlalu peka terhadap kondisi kesehatannya, sehingga dia berani melakukan diet ekstrem. Lalu, bagaimana tanggapan medis terkait hal ini?

Efek negatif diet ekstrem

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, diet ekstrem dapat memberikan berbagai efek negatif untuk tubuh. Setidaknya, ada 6 efek buruk yang bisa terjadi jika Anda melakukan diet ekstrem, antara lain:

  • Kurang berenergi

Sebenarnya, ketika seseorang melakukan diet ekstrem sehari saja, pasti dia akan langsung merasakan mudah lesu dan lelah. Ya, tubuh menjadi kurang berenergi!

Alasan di balik kondisi ini adalah tubuh yang kekurangan makanan dalam jumlah signifikan sebagai sumber energi. Selain mudah lelah dan lemas, Anda akan mengalami kesulitan berkonsentrasi, sehingga performa kerja pun menurun.

  • Menjadi terlihat lebih tua

Penurunan berat badan secara ekstrem ternyata juga bisa memengaruhi penampilan Anda. Meski mungkin di pikiran Anda tubuh kurus jauh lebih baik ketimbang tubuh gemuk, tetapi bila terlalu kurus dan kondisi tersebut didapat dari diet yang tak masuk akal, hal itu hanya akan membuat wajah Anda terlihat lebih tua. Bahkan, rambut Anda pun akan menipis karena adanya kerontokan rambut.

Tak cuma itu, Anda juga akan mengalami bau mulut. Sebab, kelaparan dapat menyebabkan produksi bakteri berlebih di dalam mulut.

  • Rasa lapar sulit dikendalikan

Saat membuat diri Anda sendiri kelaparan dengan cara yang salah, tubuh justru akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda sedang benar-benar kelaparan.

Nah, ketika akhirnya Anda mulai makan lagi, otak pun akan memberikan sinyal pada tubuh untuk makan berlebih. Jadi, jangan sampai Anda tidak makan sama sekali dalam sehari untuk menurunkan berat badan karena hasil yang didapat cenderung tidak baik.

  • Kekurangan nutrisi

Jika Anda sedang melakukan diet ekstrem, asupan nutrisi penting pasti jauh berkurang. Padahal, tubuh yang kekurangan nutrisi dapat menimbulkan banyak gangguan kesehatan. Misalnya saja, kekurangan mineral dapat menyebabkan osteoporosis dan tulang mudah patah dan kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia.

  • Mengganggu metabolisme

Diet ekstrem memberikan pengaruh buruk pada metabolisme Anda. Bila Anda makan dengan porsi yang sangat sedikit atau tidak makan sama sekali, Anda akan memberikan sinyal ke tubuh untuk memperlambat metabolisme.

“Metabolisme yang melambat akan mengganggu sistem pencernaan, terutama saat Anda kembali lagi ke pola makan normal,” tutur dr. Nadia. Maka, lebih baik jangan dicoba sama sekali.

  • Berat badan cepat naik lagi

Anda pasti tidak akan melakukan diet ini selamanya. Jadi, setelah Anda kembali ke pola makan normal, berat badan akan kembali naik secara cepat dan bahkan bisa melebihi angka timbangan Anda sebelumnya!

Memiliki penampilan yang sempurna memang identik dengan kehidupan selebritas, termasuk Yesung SuJu. Namun, jangan sampai mengorbankan kesehatan tubuh hanya karena itu.

Lakukanlah diet yang lebih masuk akal ketimbang diet ekstrem yang dilakukan Yesung SuJu. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau ahli gizi, sehingga Anda akan memiliki program diet yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh, tanpa harus menyiksa diri.

[MS/ RVS]