Menguak Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan

Oleh Ayu Maharani pada 27 Jun 2019, 14:40 WIB
Di balik rasanya yang sangat pahit, daun sambiloto menyimpan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat yang terbukti secara medis?
Menguak Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan (Liputan6)

Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian orang, nama daun sambiloto mungkin masih asing. Namun, bagi mereka yang sangat menyukai dunia herbal, daun tersebut sudah mendapat kepercayaan sejak lama sebagai sesuatu yang bisa menyembuhkan beragam jenis penyakit.

Dilansir dari WebMD, sambiloto merupakan jenis tumbuhan yang memiliki nama lain Andrographis Paniculata. Tumbuhan ini berasal dari Asia Selatan, seperti India dan Sri Lanka.

Manfaat daun sambiloto

Banyak yang percaya bahwa daun sambiloto bisa membantu menyembuhkan flu. Di samping itu, tumbuhan ini juga sering digunakan sebagai obat berbagai masalah kesehatan, salah satunya tuberkulosis alias TBC.

Sayangnya, dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter kurang setuju dengan anggapan yang menyebut bahwa daun sambiloto bisa benar-benar menyembuhkan penyakit tuberkulosis. Pasalnya, penyakit tersebut hanya bisa disembuhkan oleh obat antituberkulosis (OAT) dengan konsumsi rutin selama 6 bulan atau lebih.

“Kurang tepat rasanya bila daun sambiloto dianggap sebagai penyembuh utama dari TBC. Sebab, TBC hanya bisa disembuhkan dengan OAT. Walau begitu, daun sambiloto bisa dianggap sebagai obat sampingan. Ini karena tumbuhan tersebut bisa membantu mempercepat proses penyembuhan,” jelas dr. Sepriani.

Dengan kata lain, lanjut dr. Sepri, daun sambiloto hanya berfungsi memaksimalkan kinerja OAT agar penderita TBC bisa lebih cepat sembuh.

Lantas, itu artinya daun sambiloto tidak benar-benar memberikan manfaat bagi kesehatan? Tidak juga. Sebab, banyak penelitian medis yang telah membuktikan bahwa daun sambiloto bisa mendatangkan manfaat sehat berikut ini:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Konsumsi daun sambiloto secara teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Itu karena tanaman ini bersifat imunostimulan, yakni meningkatkan kinerja organ-organ yang berhubungan dengan sistem kekebalan (imun). 

  • Mengobati pilek

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengambil ekstrak daun sambiloto yang telah dikombinasikan dengan Siberia ginseng dapat menghentikan gejala flu setelah 2 hari. 

  • Menurunkan demam dan radang amandel

Penelitian menemukan bahwa penggunaan daun sambiloto dosis tinggi (6 gram) setiap hari dapat bekerja secara efektif untuk menurunkan demam serta menyembuhkan sakit tenggorokan akibat radang amandel. 

  • Mengobati radang usus

Pada studi tahap awal, tim peneliti mendapati bahwa konsumsi ekstrak daun sambiloto setiap hari selama 8 minggu dapat mengurangi tingkat keparahan gejala radang usus.

Daun sambiloto memang bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Tapi ingat, untuk penyakit yang terlanjur parah, Anda tak bisa hanya mengandalkan herbal yang satu ini. Itu karena yang bisa membunuh bakteri ataupun mengobati infeksi yang sudah telanjur parah adalah obat-obatan yang sudah diresepkan oleh dokter. Dalam hal ini, herbal seperti daun sambiloto hanya digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mendampingi kinerja obat dokter agar proses penyembuhan berlangsung lebih optimal. 

(NB/ RVS)