7 Buah Terbaik untuk Jaga Kesehatan Gigi

Oleh drg. Callista Argentina pada 01 Jul 2019, 13:30 WIB
Dengan mengonsumsi buah yang tepat, kesehatan gigi bisa terus terjaga hingga tua. Tahukah Anda buah apa saja yang termasuk?
7 Buah Terbaik untuk Jaga Kesehatan Gigi (Michelangeloop/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Menjaga gigi tetap sehat, kuat dan bisa digunakan hingga tua bukanlah perkara mudah. Anda butuh melakukan usaha ekstra, termasuk berkonsultasi dengan dokter gigi maupun melakukan perawatan gigi secara mandiri.

Berbicara tentang perawatan gigi, hal ini ternyata tak melulu berkaitan dengan penggunaan pasta gigi atau tindakan pembersihan karang gigi di dokter gigi. Nyatanya, Anda juga bisa menunjang kesehatan gigi dengan mengonsumsi buah!

Buah untuk kesehatan gigi

Penelitian telah membuktikan bahwa jenis buah tertentu mampu menunjang kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Beberapa buah yang dimaksud, antara lain:

  1. Apel

Buah apel banyak mengandung air, sehingga sangat baik untuk kesehatan gigi. Dengan adanya gerakan mengunyah saat mengonsumsi apel yang renyah, produksi air liur (saliva) juga akan menjadi lebih banyak sehingga mampu menetralkan kadar keasaman mulut. Hal ini akan mencegah terjadinya gigi berlubang.

Selanjutnya, tekstur dari buah apel yang sedikit kasar dapat menggosok dan membersihkan permukaan gigi dari sisa makanan, termasuk plak gigi yang menempel. Buah yang umumnya berwarna merah ini juga mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga membantu mencegah gusi dan sekitarnya dari kerusakan dan infeksi bakteri.

  1. Stroberi

Stroberi kaya akan vitamin C dan sangat bermanfaat untuk memberikan kesehatan pembuluh darah. Buah berwarna merah ini mampu meredakan peradangan, sehingga bisa membuat gusi agar selalu sehat.

Tak hanya itu, vitamin C di dalam stroberi juga sangat berguna untuk membantu produksi kolagen ― suatu protein yang dapat melawan penyakit periodontal. Buah ini bahkan mampu mencerahkan warna gigi berkat kandungan asam malat di dalamnya.

  1. Anggur

Anggur sangat kaya akan antioksidan, yang dapat melawan bakteri penyebab peradangan gusi dan penyakit periodontal. Buah berwarna keungunan ini juga mengandung antosianin yang dapat mencegah plak gigi supaya tidak menempel di gigi.

Lebih dari sekadar itu, beberapa penelitian menduga bahwa buah anggur memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker mulut.

  1. Cranberry

Cranberry mengandung antosianin dan kaya akan polyphenols, yang dapat mencegah pembentukan plak gigi sehingga mengurangi risiko gigi berlubang. Buah ini juga efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri, terbentuknya plak gigi, mencegah penyakit gusi, gigi berlubang dan bau mulut.

  1. Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C, yang mampu memperkuat pembuluh arah dan jaringan ikat. Kandungan gizi pada buah ini juga mampu menghambat penyakit gusi agar tidak semakin parah, karena mampu mengurangi peradangan.

  1. Pir

Manfaat pir adalah dapat menetralkan keasaman dalam mulut. Dengan ini kondisi akan senantiasa “segar”, sehingga bakteri tidak mudah berkembang biak dan mengancam kesehatan gigi.

  1. Kiwi

Kiwi adalah salah satu buah yang mengandung kadar vitamin C sangat tinggi. Buah ini terbukti dapat membantu basmi bakteri di dalam mulut dan meningkatkan asupan kolagen untuk menunjang kesehatan gusi.

Sebagian besar buah-buahan yang telah disebutkan banyak mengandung asam. Sehingga, Anda tidak disarankan untuk menyikat gigi langsung setelah mengonsumsi buah-buahan tersebut.

Para ahli kesehatan gigi dan mulut menganjurkan agar Anda menunggu setidaknya 30 menit untuk menyikat gigi setelah makan buah dengan rasa yang asam. Hal ini karena kandungan asam sitrat di dalam buah-buahan tersebut dapat membuat enamel gigi melunak, sehingga bisa meningkatkan risiko terjadinya erosi gigi bila Anda langsung menggosok gigi setelah mengonsumsinya.

Supaya kesehatan gigi senantiasa terjaga, jangan lupa untuk mengombinasikan konsumsi buah-buahan tersebut dengan menyikat gigi 2 kali sehari dan berkunjung ke dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali. Dengan ini semua, niscaya kesehatan gigi dan mulut Anda akan terus terjaga bahkan hingga usia senja.

(NB/ RVS)