Menjaga Kesehatan Vagina dengan Konsumsi 7 Makanan Ini

Oleh Ayu Maharani pada 02 Jul 2019, 15:00 WIB
Merawat vagina tak cukup cuma dari luar, tapi juga dari dalam. Apa saja makanan sehat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan vagina?
Menjaga Kesehatan Vagina dengan Konsumsi 7 Makanan Ini (Dean-Drobot/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Saat berusaha menjaga kesehatan vagina, sebagian besar wanita hanya fokus terhadap perawatan dari luar saja. Padahal, vagina juga bisa menjadi lebih sehat bila perawatannya dilakukan dari dalam tubuh.

Bicara soal kesehatan vagina, tentu saja Anda perlu tahu soal keseimbangan pH-nya. Bila vagina Anda bermasalah, entah itu mengeluarkan bau yang berbeda atau tidak sedap, keputihan, dan lain sebagainya, bisa jadi itu karena pH vagina yang tidak seimbang.

Dilansir dari Healthline.com, pH vagina yang seimbang berkisar antara 3,8 - 4,5. Jika pH vagina tak berada di sekitaran segitu, maka bakteri berpeluang untuk membuat vagina Anda bermasalah.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memelihara kesehatan vagina adalah dengan menjaga kebersihannya. Hal-hal yang bisa dilakukan adalah selalu mengeringkan dengan tisu setelah ke toilet, rutin ganti pembalut dan celana dalam, tidak melakukan seks berisiko, serta mengunjungi ginekolog bila ada keluhan.

Makanan-makanan yang menyehatkan vagina

Namun sebenarnya, salah satu cara termudah yang bisa Anda terapkan agar vagina lebih sehat adalah dengan mengonsumsi makanan. Adapun beberapa makanan yang dapat membuat vagina Anda sehat, antara lain:

  • Buah cranberry

Jus buah cranberry segar (bukan kemasan) penuh dengan antioksidan dan senyawa asam yang merupakan pejuang infeksi yang kuat. Cranberry pun dapat bermanfaat dalam mencegah infeksi saluran kemih (ISK) pada wanita.

Untuk mengonsumsi cranberry, lebih baik Anda membuatnya jadi smoothies sendiri di rumah karena jus cranberry kemasan sudah diberi banyak gula yang justru dapat menghilangkan segala kebaikan dari buah tersebut.

1 of 2

Selanjutnya

  • Ubi

Ubi sangat bermanfaat bagi wanita, khususnya wanita yang ingin hamil. Hal itu karena ubi mengandung beta karoten dan vitamin A yang dapat membantu memperkuat serta melindungi dinding rahim.

Beta karoten dan vitamin A pun memiliki efek langsung pada kesuburan dan kesehatan reproduksi. Selain itu, nutrisi yang terdapat dalam ubi jalar bisa meningkatkan produksi hormon seks, khususnya pada wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS).

  • Makanan berprobiotik

Makanan berprobiotik, seperti makanan yang difermentasikan seperti kimchi dan yoghurt selain baik untuk usus, juga baik untuk menyeimbangkan pH vagina Anda, sekaligus membantu menangkal sumber infeksi.

Kultur hidup dan aktif dalam makanan meningkatkan perkembangan bakteri baik, sehingga hal itu dapat mencegah infeksi jamur pada vagina.

  • Lemak sehat

Bila Anda mengonsumsi lemak sehat, itu bisa meningkatkan gairah seksual Anda. Asam lemak omega-3 yang membantu melancarkan sirkulasi darah dapat membantu mengatasi vagina kering pada wanita yang sudah memasuki masa menopause.

Tak cuma itu, bila Anda sering merasakan kram saat menstruasi, mengonsumsi minyak ikan pun dapat membantu mengatasi hal tersebut.

  • Kacang kedelai

Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid dari KlikDokter, protein, vitamin, dan senyawa isoflavon yang terdapat dalam kedelai dapat membawa sejumlah manfaat bagi wanita, yakni meredakan gejala nyeri haid, meringankan gejala menopause, menurunkan risiko kanker, menurunkan kolesterol jahat, hingga memperlambat proses penuaan.

  • Alpukat

Alpukat mengandung banyak lemak sehat, vitamin B6, dan potasium yang semuanya memiliki efek positif terhadap libido Anda. Bahkan, alpukat dapat memperbanyak produksi pelumas alami di vagina Anda, sekaligus meningkatkan hormon estrogen.

Buah yang kerap dimakan bersama roti panggang tersebut juga bisa memperkuat dinding vagina.

  • Sayuran hijau

Sayuran yang daunnya berwarna hijau gelap dapat membantu mencegah kekeringan pada vagina dan meningkatkan libido Anda.

Sayuran tersebut juga kaya akan vitamin E, magnesium, dan kalsium yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan otot, tak terkecuali otot vagina.

Ketujuh makanan di atas bermanfaat untuk menjaga kesehatan vagina. Tak ada yang asing, bukan? Jadi, tak ada alasan bagi Anda untuk tak mengonsumsinya. Bila ingin hasil yang maksimal, Anda tetap mesti menyeimbangkannya dengan perawatan  sehat dari luar.

[MS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓