Berapa Kalori dalam Minuman Brown Sugar Anda?

Oleh dr. Theresia Rina Yunita pada 04 Jul 2019, 09:00 WIB
Beberapa tahun belakangan minuman dengan brown sugar kian diminati. Karena pada dasarnya adalah gula, berapa, ya, kandungan kalorinya?
Berapa Kalori dalam Minuman Brown Sugar Anda? (Thaloengsak/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sekitar dua tahun belakangan, minuman yang menggunakan brown sugar banyak diminati. Jenis gula tersebut bisa dicampurkan ke dalam susu segar, teh susu, minuman bubble, kopi, dan lain-lain. Minuman brown sugar disukai bukan tanpa alasan. Salah satunya karena dianggap lebih sehat daripada gula pasir. Dari segi kalori, berapa banyak jumlahnya?

Brown sugar (juga dikenal sebagai turbinado sugar atau raw sugar) adalah gula yang tidak diproses sampai selesai, sehingga komponen dari perasan tebunya masih ada. Untuk penambahan rasa manis, ditambahkan molases atau tetes tebu.

Dari segi aroma, brown sugar lebih wangi dibandingkan dengan gula pasir atau gula putih, sehingga sering dipakai untuk bahan kue.

Kalori dalam minuman brown sugar

Satu sendok teh gula pasir mengandung 16 kalori, sedangkan pada brown sugar mengandung 15 kalori. Jadi, kalau dari segi kalori baik gula pasir maupun brown sugar (yang sering dianggap lebih sehat) hampir sama.

Menurut eksperimen yang dilakukan Channel NewsAsia yang bekerja sama dengan mahasiswa diploma Applied Food Science and Nutrition di Temasek Polytechnic, Singapura, minuman brown sugar seperti bubble tea mengandung gula lebih tinggi dibandingkan dengan minuman bersoda. Sebagai contoh, 500 ml minuman boba milk dengan brown sugar dapat mengandung 92 gram gula. Jumlah tersebut tiga kali lipat lebih besar dibandingkan dengan sekaleng (320 ml) minuman bersoda.

Eksperimen melibatkan enam merek bubble tea populer dengan beberapa varian minuman. Sampel minuman dites dengan refraktometer untuk mengukur jumlah gula yang terlarut dalam minuman. Dari sini, diketahui tingkat kemanisan tiap minuman. Sayangnya, eksperimen ini tidak dapat membedakan kandungan gula alami dan gula tambahan.

Temuan lengkapnya adalah:

  • Segelas brown sugar boba milk tea mengandung 92,5 gram gula (setara dengan 18,5 sendok teh)
  • Segelas passionfruit green tea (gula 100 persen) mengandung 43 gram gula (setara dengan 8,5 sendok teh)
  • Segelas winter melon tea mengandung 80 gram gula (setara dengan 16 sendok)
  • Segelas jasmine green tea with fruit mengandung 42 gram gula (setara dengan 8,5 sendok teh)
  • Segelas bubble milk tea (gula 100 persen) mengandung 102,5 gram gula (setara dengan 20,5 sendok teh)

Dari temuan eksperimen di atas, bisa dibayangkan bahwa konsumsinya berlebihan, maka bisa berdampak buruk pada kesehatan. Mulai dari peningkatan berat badan yang pada akhirnya dapat memunculkan berbagai penyakit.

1 of 2

Tips mengurangi dampak buruk gula pada tubuh

Kalau sudah menjadi minuman favorit, rasanya sulit untuk berhenti total meminum aneka brown sugar. Yang bisa Anda lakukan adalah sedikit mengubah kebiasaan konsumsinya, sehingga dampak buruknya bisa ditekan. Tipsnya antara lain:

  1. Minta minuman less sugar

Usahakan untuk memesan minuman ini dengan kadar manis yang lebih sedikit alias less sugar. Cobalah perlahan mengurangi kadar gulanya menjadi 70 persen, kemudian 50 persen, hingga 30 persen. Ini dapat membuat Anda perlahan terbiasa dengan rasa yang kurang manis. Pada akhirnya, konsumsi gula dan kencanduan minuman brown sugar bisa dikendalikan.

  1. Minta susu diganti dengan jenis low fat

Campuran dari beberapa minuman brown sugar adalah susu full-cream. Saat memesannya, tanyakan kepada penjual apakah Anda bisa memesan minuman tersebut dengan susu low fat. Dengan begitu, kalori yang masuk ke tubuh tiap tenggaknya akan lebih rendah.

  1. Kurangi frekuensi jajan

Jika Anda begitu menyenangi minuman berpemanis brown sugar, cobalah untuk membatasi diri. Misalnya dengan membelinya saat akhir pekan saja. Dari situ, perlahan kurangi terus semisal 2 minggu sekali, bahkan sebulan sekali.

  1. Ubah ukuran minuman

Ukuran gelas minuman bervariasi, dari kecil hingga besar. Jika memang ada pilihan tersebut, sebaiknya pilih ukuran gelas yang paling kecil, jangan selalu terbawa nafsu memesan yang paling besar. Apabila hanya menjual ukuran besar, Anda bisa membaginya dengan teman atau pasangan.

Kalori yang tersimpan dalam minuman brown sugar favorit Anda bisa begitu tinggi. Apabila dinikmati terlalu sering, dampaknya akan sangat buruk pada kesehatan. Apabila sudah terlanjur ketagihan minuman ini, lakukan tips di atas untuk menekan dampak buruknya. Seimbangkan juga dengan pola makan sehat, perbanyak buah dan sayur, minum air putih 8 gelas sehari, dan istirahat cukup.

(RN/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓