8 Destinasi Wisata Olahraga Dunia yang Patut Anda Kunjungi

Oleh dr. Nabila Viera Yovita pada 05 Jul 2019, 14:00 WIB
Beberapa destinasi wisata olahraga dunia berikut ini patut Anda pertimbangkan saat menentukan tempat berlibur tahun ini.
8 Destinasi Wisata Olahraga Dunia yang Patut Anda Kunjungi (Vittorio Caramazza/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Destinasi wisata olahraga mungkin tidak sepopuler lokasi liburan lainnya seperti taman hiburan semacam Universal Studio atau Disneyland. Padahal mengunjungi lokasi wisata olahraga pun tidak kalah mengasyikkan.

Pada 2018 lalu, berbagai ajang olahraga bergengsi digelar di berbagai belahan dunia. Untuk menunjangnya, tentu dibutuhkan arena pertandingan yang juga memadai. Namun, tak perlu  menunggu sampai ada ajang olahraga tertentu untuk mengunjungi arena-arena tersebut.

Beberapa stadion kelas dunia memiliki daya tarik tersendiri yang layak dijadikan sebagai destinasi wisata Anda. Selain bisa berolahraga di sana, Anda juga bisa menikmati aneka makanan khas setempat atau membeli suvenir di toko-toko sekitar stadion.

Berikut adalah beberapa destinasi wisata arena olahraga dunia yang sangat layak Anda kunjungi:

  1. Fenway Park, Boston

Jika Anda pergi ke Boston saat musim kompetisi bisbol paling bergengsi di dunia, Major League Baseball, pastikan untuk menonton langsung tim andalan mereka, Boston Red Sox. Sebelum pertandingan dimulai, Anda bisa menikmati roti lapis sosis dan lada Boston yang terkenal dari salah satu kios di luar stadion Fenway Park.

  1. Stadion Wembley, London

Dikenal dengan mode, seni, teater, hingga budaya popnya, London yang megah juga merupakan destinasi wisata olahraga dunia yang terkenal akan stadion-stadion sepak bolanya.

Stadion paling favorit di kota ini tentu saja adalah Wembley, yang merupakan salah satu stadion sepak bola paling populer di dunia serta yang terbesar di Kerajaan Inggris Raya. Selain menggelar pertandingan sepak bola atau cabang olahraga lainnya, stadion ini juga sering digunakan musisi-musisi besar dunia untuk menggelar konsernya.

1 of 3

Selanjutnya

  1. The Field of Dreams Movie Site, Dyersville, Iowa

Meski secara teknis bukanlah sebuah stadion, tempat ini merupakan destinasi ikonis bagi para penggemar film bertema olahraga peraih nominasi Oscar, Field of Dreams, yang dibintangi Kevin Costner dan dirilis pada 1989.

Anda dapat berlari di lapangan bisbol yang digunakan dalam film, mengikuti tur ke rumah yang digunakan di film tersebut, atau membeli cendera mata di toko suvenir. Dyersville juga memiliki banyak restoran ramah keluarga, di mana Anda dapat makan bersama atau sekadar minum kopi.

  1. Stadion Luzhniki, Moskow

Pada musim panas tahun 2018, Rusia menjadi tuan rumah turnamen sepak bola internasional terbesar di dunia, Piala Dunia FIFA, dan stadion Luzhniki di Moskow adalah tempat digelarnya pertandingan final.

Memiliki riwayat yang bersejarah, stadion nasional Rusia ini telah direnovasi dan menjadi landmark tersendiri. Untuk santapan lokal, cobalah restoran Olymp Junior yang terkenal akan kedekatan lokasinya dengan stadion, dan kaya akan masakan Rusia serta Azerbaijan.

  1. Stadion Carrara, Gold Coast, Australia

Lokasi ini juga dikenal sebagai Stadion Metricon. Stadion ini memegang peran penting dalam perhelatan olahraga internasional, yakni The Commonwealth Games pada tahun 2018.

Stadion ini terkenal akan kehijauannya dan desainnya yang disebut sebagai salah satu yang paling kontemporer di Australia. Stadion ini juga merupakan rumah dari Gold Coast Suns, tim Australian football lokal kota Gold Coast.

Di dalam stadion, Anda akan menemukan beragam makanan.  Satu yang tak boleh Anda lewatkan adalah pai daging khas Australia, yang merupakan cemilan favorit negara ini.

2 of 3

Selanjutnya (2)

  1. Camp Nou, Barcelona, Spanyol

Jika Anda berlibur ke Spanyol, sempatkan untuk  menonton pertandingan sepak bola di stadion terbesar di Eropa, pergilah ke Camp Nou. Stadion menakjubkan ini dibuka pada tahun 1957 dan terkenal sebagai rumah dari tim sepak bola, FC Barcelona.

Di dalam Camp Nou, Anda juga dapat menikmati sebuah roti lapis dengan sosis botifarra yang merupakan salah satu kudapan favorit kota ini, dan bisa menjadi alternatif dari sosis klasik.

  1. Allianz Parque, Sao Paulo, Brazil

Salah satu tempat paling menarik untuk merasakan langsung atmosfer sepak bola di Brazil adalah stadion Allianz Parque di kota Sao Paulo, yang juga merupakan rumah dari klub sepak bola, Palmeiras.

Stadion ini juga dikelilingi berbagai restoran Italia asli, seperti Cantina Palestra, restoran resmi pertama milik Palmeiras. Anda juga dapat menikmati beberapa toko roti tradisional di area ini, dan merasakan nikmatnya salgados (kudapan asin) serta kue manis lainnya.

  1. Pyeongchang County, Korea Selatan

Olimpiade musim dingin pada 2018 digelar di kota Pyeongchang. Dengan 102 perhelatan dalam 15 cabang olahraga, acara ini merupakan mimpi indah bagi pencinta olahraga musim dingin.

Selain itu, kota ini juga memiliki istana-istana yang indah, pasar yang ramai, juga budaya yang kaya. Pyeongchang menawarkan begitu banyak atmosfer yang dapat dirasakan dan diserap para pelancong.

Mengunjungi beberapa destinasi wisata olahraga dunia – yang direkomendasikan di atas – akan membawa keasyikan tersendiri. Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk berolaraga. Sambil berwisata, Anda juga tetap sehat sekaligus merasakan kehidupan warga lokal di sana.

[MS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓