5 Cedera yang Mengintai Akibat Bottle Cap Challenge

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 05 Jul 2019, 17:20 WIB
Bottle cap challenge sedang tren di media sosial. Waspadai cedera yang mengintai akibat mengikuti tantangan menendang tutup botol tersebut.
5 Cedera yang Mengintai Akibat Bottle Cap Challenge (John-Mayer/Instagram)

Klikdokter.com, Jakarta Tantangan demi tantangan terus bermunculan seiring perkembangan media sosial yang begitu pesat. Kini muncul Bottle Cap Challenge setelah beredar Kiki Challenge dan Falling Stars Challenge. Sayangnya, tantangan yang satu ini cukup berbahaya dan rentan menimbulkan cedera, apalagi jika Anda tidak paham betul dengan seni bela diri.

Bottle cap challenge diartikan sebagai gerakan membuka tutup botol dengan cara menendang bagian “kepala” botol. Tantangan ini tergolong ekstrem, karena menuntut orang yang melakukannya untuk melakukan tendangan dengan ketinggian tertentu dan dilakukan secara presisi.

Siapa yang pertama kali melakukan dan menyebarkan bottle cap challenge masih belum diketahui secara pasti. Tapi yang jelas, tantangan ini sudah merambah ke ranah Hollywood setelah Jason Statham dan Jason Mayer mengunggah keberhasilan melakukan bottle cap challenge ke akun Instagram masing-masing.

Berbahaya dan bisa menyebabkan cedera

Seperti tantangan lainnya, bottle cap challenge juga bisa menimbulkan risiko cedera, baik pada orang yang memegang botol maupun si penendang. Beberapa cedera yang bisa timbul, di antaranya:

1. Patah tulang

Cedera jenis ini sangat mungkin terjadi pada orang yang hendak membuka botol (penendang). Dalam bottle cap challenge, orang harus melakukan tendangan berputar sambil melompat layaknya gerakan kung fu. Jika yang menendang tidak hati-hati dan melakukan gerakan yang tidak tepat, patah tulang bisa saja terjadi.

"Sangat mungkin yang melakukan bottle cap challenge mengalami cedera patah tulang di sekitar telapak kaki. Ini karena gerakannya sangat esktrem dengan lompatan," ujar dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.

2. Cedera otot

Pikir dua kali sebelum Anda benar-benar mencoba bottle cap challenge. Ini karena tantangan tersebut bisa saja menimbulkan cedera otot, apalagi jika Anda melakukannya tanpa pemanasan terlebih dahulu.

"Gerakan tendangan yang tidak dipersiapkan dengan baik bisa menyebabkan cedera pada otot, seperti tendon tertarik atau kram," kata dr. Theresia.

3. Cedera ligamen

Bottle cap challenge bisa saja menyebabkan cedera ligamen (lutut). Kondisi ini sangat mungkin terjadi pada kaki yang berguna sebagai penopang.

“Jika menendang menggunakan kaki kanan, maka kaki kiri yang bertugas menahan beban bisa saja mengalami cedera ligamen,” tutur dr. Theresia

4. Keseleo atau terkilir

Tidak terbiasa melakukan gerakan menendang namun memaksakan diri untuk melakukan bottle cap challenge? Jika memang demikian, Anda mungkin saja akan berakhir mengalami keseleo atau terkilir.

5. Luka

Tendangan yang tidak presisi ke arah tutup botol bisa saja melukai “badan” botol dan membuat botol tersebut pecah. Serpihan-serpihan botol akan beterbangan ke mana-mana, dan yang paling berisiko terkena dan mengalami luka karenanya adalah si penendang dan pemegang botol.

Setelah tahu bahwa bottle cap challenge berbahaya karena berpotensi menyebabkan cedera, masihkah Anda tertarik untuk melakukannya? Jika memang penasaran dan benar-benar ingin mencoba bottle cap challenge, lakukanlah di bawah pengawasan orang yang ahli agar Anda bisa mengetahui langkah-langkah yang tepat agar tidak timbul cedera.

(NB/ RVS)