Bekal Sehat untuk Si Kecil saat Liburan Sekolah

Oleh KlikDokter pada 08 Jul 2019, 13:50 WIB
Liburan sekolah sudah tiba. Yuk, rancang bekal sehat untuk Si Kecil saat pergi berlibur!
Bekal Sehat untuk Si Kecil saat Liburan Sekolah (Spring Song/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tidak hanya untuk berekreasi, momen liburan sekolah juga bisa Bunda manfaatkan untuk mengeksplorasi tempat-tempat seru bersama Si Kecil sekaligus menstimulasi kecerdasannya. Agar momen kebersamaan dengan buah hati lebih menyenangkan, Bunda tak boleh lupa untuk menyiapkan bekal sehat selama liburan.

Mau ke mana liburan kali ini?

Berlibur sebenarnya dapat dilakukan di mana saja, tergantung pada pilihan selera keluarga. Bunda bisa menikmati wisata alam seperti pantai, danau, sungai, dan gunung atau bisa juga berkunjung ke berbagai wisata buatan seperti kebun binatang, taman bermain, dan tempat hiburan keluarga lainnya.

Beberapa tempat wisata kekinian yang tengah ramai jadi buah bibir dapat dijadikan alternatif untuk dikunjungi. Selain dapat menjadi objek wisata yang edukatif bagi Si Kecil, kecerdasan Si Kecil juga dapat sambil distimulasi. Beberapa objek wisata tersebut antara lain adalah Trans Studio Bandung, Jatim Park, Jungle Toon Semarang, Sun City, Ciputra Eco Green Park, serta Predator Park.

Bunda juga dapat mengikut sertakan Si Kecil dalam memilih objek wisata yang akan didatangi. Bagaimanapun juga, kepuasan hati dan kebahagian Si Kecil adalah yang utama. Namun yang tak kalah penting adalah seseru apa pun liburan keluarga, jangan lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil, ya!

Pentingnya menyiapkan bekal sehat

Agar tetap aktif dan berenergi saat bermain, tentunya Si Kecil membutuhkan asupan nutrisi yang tepat. Oleh sebab itu, sebaiknya Bunda menyiapkan bekal untuk Si Kecil selama libur.

Tapi kira-kira, apa saja pilihan bekal sehat yang bisa disiapkan? Deretan menu berikut ini mungkin bisa jadi inspirasi Bunda dalam merancang bekal sehat untuk Si Kecil nanti:

  • Nasi bento

Bentuk nasi dan lauk semenarik mungkin agar Si Kecil menikmati momen makannya. Cara ini juga sekaligus bisa memberikan kesempatan Bunda untuk berkreasi dengan berbagai jenis sayuran, agar kebutuhan nutrisi Si Kecil terpenuhi.

  • Sandwich

Agar lebih sehat, pilih roti gandum yang mengandung karbohidrat kompleks, sehingga Si Kecil kenyang lebih lama. Untuk isian, Bunda bisa menyisipkan telur atau daging, yang disertai keju. Menu ini pasti akan jadi favorit Si Kecil!

  • Omurice

Makanan khas negeri Sakura ini bisa jadi inspirasi Bunda untuk menyiapkan bekal sehat saat liburan. Di dalamnya bisa dicampurkan potongan wortel, kacang polong dan sayuran lainnya sebagai sumber asupan vitamin dan mineral.

  • Buah segar

Selain makanan utama, buah-buahan segar bisa Bunda siapkan untuk camilan atau makanan selingan untuk memenuhi kebutuhan serat Si Kecil.

  • Air putih

Pastinya air putih harus selalu ada agar Si Kecil terhindar dari dehidrasi selama bersenang-senang di momen liburannya.

  • Susu

Jangan lupa, susu! Bunda dapat memberikan Morinaga Chil*Go! dengan kandungan serat pangan inulin 1700 mg, kolin dan inositol, vitamin B kompleks, zat besi, yodium, kalsium, serta vitamin A, C, dan E yang dapat memberikan pertahanan tubuh ganda serta menjaga kesehatan pencernaan Si Kecil.

Sajikan berbagai varian rasa Morinaga Chil*Go! yang Enak Bernutrisi mulai dari cokelat, vanila, stroberi, pisang dan melon madu, secara bergantian. Dengan begitu, Si Kecil pun dapat mengeksplorasi rasa susu kesukaannya.

Kunci bekal sehat yang perlu Bunda pegang teguh adalah adanya kandungan mikronutrien seperti karbohidrat, lemak dan protein yang seimbang, serta kandungan mikronutrien seperti vitamin dan mineral.

1 of 2

Tips menyiapkan bekal sehat untuk liburan Si Kecil

Selain memperhatikan komposisi nutrisi, Bunda juga perlu mempertimbangkan aspek keamanan makanan. Mulai dari memilih bahan makanan yang segar, mencuci bersih bahan serta alat memasak, memastikan masakan matang, serta yang paling penting adalah memperhatikan cara penyimpanan makanan saat membawa bekal.

Makanan yang disimpan terlalu lama dengan cara yang salah dapat berbahaya, karena bakteri bisa tumbuh dan membahayakan kesehatan. Untuk itu, saat membawa bekal usahakan Bunda melakukan hal-hal berikut ini:

  • Pastikan wadah penyimpanan bersih dan kering.
  • Usahakan menyimpan makanan dalam kotak makan khusus yang dapat mempertahankan suhu panas atau dingin, sehingga terhindar dari pertumbuhan bakteri.
  • Jika kesulitan menjaga makanan dalam kondisi hangat atau dingin, sebisa mungkin tidak membuat makanan terpapar suhu ruangan lebih dari dua jam. Karena lebih dari itu, bakteri akan mulai tubuh dalam makanan dan dapat menyebabkan si Kecil mengalami masalah pencernaan.

Demikian tips membawa bekal sehat untuk Si Kecil saat liburan. Bunda dapat merancangnya dari sekarang, agar persiapannya lebih matang. Bila perlu, ajak Si Kecil berdiskusi untuk memilih menu bekalnya, dan ikut berbelanja bahan-bahan makanan yang diperlukan. Sehingga, ia pun semakin bersemangat menyambut momen liburan bersama keluarga. Semoga sukses, Bunda!

[NP/ RH]

Lanjutkan Membaca ↓