Ini Batasan Pakai Earphone untuk Streaming Serial Favorit Anda

Oleh Ayu Maharani pada 08 Jul 2019, 15:50 WIB
Batasan pakai earphone rasanya perlu diterapkan untuk mereka yang hobi streaming tayangan serial, demi pendengaran yang sehat.
Ini Batasan Pakai Earphone untuk Streaming Serial Favorit Anda (Andrey_Popov/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Anda yang gemar streaming serial dan drama favorit perlu menerapkan batasan pakai earphone. Hal ini penting agar kesehatan organ pendengaran bisa selalu terjaga. Jika itu tak dipatuhi, hal tersebut dapat berefek negatif pada pendengaran Anda.

Kelamaan pakai earphone picu gangguan pendengaran

Perlu diketahui bahwa telinga adalah organ yang sangat peka. Ketika Anda sedang mendengarkan suara dengan earphone, maka gendang telinga akan bergetar. Getaran itu akan mencapai koklea yang bentuknya mirip rumah siput.

Koklea ini sendiri adalah tempat yang membawa cairan yang berfungsi merangsang serabut saraf agar berjalan ke otak. Nah, di bagian inilah proses penafsiran suara terjadi.

Rusaknya pendengaran biasanya disebabkan oleh hancurnya sel-sel rambut di telinga. Kondisi ini dapat dipicu salah satunya oleh terlalu lamanya Anda mendengarkan lewat  earphone dan dengan volume suara yang tinggi.

Di satu sisi, memakai earphone memang dapat membuat Anda lebih fokus menyaksikan tayangan favorit Anda. Tak cuma itu, suara dari gawai Anda pun tidak akan mengganggu orang lain.

Namun, memakai penyumbat telinga seperti itu juga dapat membuat telinga Anda bermasalah. Hal itu dibenarkan oleh dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

Menurutnya, suara dari earphone yang terlampau nyaring dapat menyebabkan kerusakan pada gendang telinga. Oleh sebab itu, diperlukan batasan-batasan tertentu dalam menggunakan earphone ataupun headphone agar telinga Anda dapat terus berfungsi dengan baik.

Waktu dan volume saat mendengarkan dengan earphone

Menurut American Osteopathic Association, MP3 player atau ponsel bisa memproduksi suara hingga 120 desibel. Tingkatan tersebut setara dengan konser musik yang dapat membuat telinga Anda berdengung atau bahkan nyeri.

Pemakaian earphone dengan volume tinggi dan berpotensi merusak telinga hanya bisa dilakukan selama 15 menit. Jika Anda ingin mendengarkan suara dari gawai lebih dari 15 menit, maka volume suara tak boleh lebih dari 60 persen.

Tapi tak cuma berhenti di situ, akan lebih baik lagi bila Anda tidak memakai earphone di tempat yang berisik. Sebab, semakin berisik lingkungan sekitar, kemungkinan untuk membesarkan volume suara juga semakin tinggi.

Padahal, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menyetel suara dengan volume tinggi, cepat atau lambat bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

Perlu diingat juga, bahwa disarankannya memutar video atau lagu dengan volume suara rendah, bukan berarti Anda bisa mendengarkannya tanpa batas durasi. Meski Anda mendengar suara dengan volume rendah, Anda tetap disarankan untuk tak memakainya lebih dari satu jam.

Ketika sudah menggunakan earphone selama satu jam, cobalah copot dulu dan istirahatkan telinga Anda. Lagi pula, earphone lebih memiliki suara bising ketimbang headphone, sehingga kecenderungannya untuk merusak telinga jauh lebih tinggi dan harus diberikan jeda.

Itulah beberapa batasan pakai earphone saat menyaksikan serial favorit atau mendengar lagu kesukaan Anda. Batasan tersebut perlu Anda patuhi untuk menjaga kesehatan organ pendengaran Anda.

[MS/ RVS]