Tips Memijat Istri yang Sedang Hamil

Oleh Ayu Maharani pada 09 Jul 2019, 14:30 WIB
Mau menyenangkan hati istri yang sedang hamil? Berikan saja pijatan yang nyaman. Ikuti tips memijat istri berikut ini.
Tips Memijat Istri yang Sedang Hamil (Blaj Gabriel/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kehamilan bisa memberikan perubahan yang signifikan pada seorang wanita. Salah satunya adalah ketidaknyamanan berupa nyeri dan pegal akibat perut membesar. Alhasil, ibu hamil jadi cenderung sensitif dan mudah lelah. Nah, ada baiknya Anda berusaha menyenangkan hatinya dengan memberikan pijatan. Tak perlu khawatir dan takut salah, ikuti saja tips memijat istri yang sedang hamil di bawah ini.

Selain perubahan fisik akibat “kehidupan baru” yang tumbuh di dalam perutnya, wanita hamil juga akan merasa semakin tidak nyaman karena perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuhnya.

Perlu diketahui juga bahwa ketika Anda memijat istri yang sedang hamil, secara tidak langsung, manfaat pijatan tersebut akan dirasakan oleh bayi di dalam kandungan. Artinya, secara tidak langsung akan terjalin sebuah ikatan batin antara ayah dan si Kecil.

Cara memijat ibu hamil 

Jika istri dalam periode kehamilan trimester pertama, perlu lebih ekstra hati-hati saat memijatnya.  Pasalnya, pemijatan yang salah atau berlebih di trimester pertama justru bisa memicu kontraksi, bahkan keguguran.

Adapun langkah yang mesti diketahui suami saat hendak memijat istrinya yang sedang hamil, antara lain:

  • Siapkan minyak pijatnya terlebih dahulu agar tangan lebih mudah dalam melakukan gerakan. Anda dapat menggunakan baby oil atau minyak zaitun.
  • Pastikan posisi tubuh istri tidak berbaring terlentang saat Anda akan memijat bagian perut dan sekitarnya. Lalu, tuangkan minyak secukupnya ke telapak tangan dan gosok-gosokkan keduanya untuk memberi sensasi hangat saat menyentuh kulit istri.
  • Usapkan tangan Anda di bagian perutnya secara perlahan, lalu pindahkan tangan ke bagian bawah perut menuju tulang kemaluan.

Kemudian, telusuri garis pangkal paha hingga naik kembali ke sisi perut. Ingat, lakukan secara lembut dan jangan berikan tekanan keras di area perut.

  • Lanjutkan ke bagian punggung. Untuk melakukan pijatan ini, minta istri duduk di kursi atau duduk bersila dan Anda dapat menggunakan kedua jempol tangan atau pangkal telapak tangan. Pijat lembut bagian tulang belakangnya dari atas ke bawah.
  • Menurut dr. Melyarna Putri dari KlikDokter, kehamilan terkadang menyebabkan nyeri pada tungkai kaki karena penambahan berat badan yang cukup signifikan.

“Pijatan pada kaki yang dilakukan oleh suami sangat membantu mengurangi nyeri daripada istri memijatnya sendiri,” jelas dr. Melyarna.

  • Berikan pijatan di bagian betis hingga ke bagian atas paha bawah. Lakukan gerakan naik turun tersebut hingga 8 kali.

Memijat ibu hamil tentu tak sama dengan memijat orang yang tak hamil, terutama soal tekanan yang diberikan. Di bagian kaki, pundak, atau leher, mungkin tekanan yang diberikan bisa agak keras, tapi ketika sudah menyentuh bagian perut, paha menuju selangkangan, serta punggung, Anda mesti melakukannya dengan sangat lembut.

Untuk membuat pijatan bisa terasa lebih menyenangkan, Anda dapat menambahkan beberapa hal, seperti:

  • Memutar lagu yang membuat ibu hamil lebih rileks
  • Memasang aromaterapi
  • Membuatkan minuman hangat untuk ibu hamil
  • Cobalah untuk sambil mengobrol santai

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memijat istri yang sedang hamil. Kondisi psikis yang tenang pada ibu hamil karena pemijatan bisa membantunya terhindar dari stres yang bisa memengaruhi kehamilan dan janin di dalam kandungannya.

[MS/ RVS]