6 Manfaat Ngulet untuk Kesehatan

Oleh Ayu Maharani pada 09 Jul 2019, 15:45 WIB
Bangun tidur, biasanya Anda refleks ngulet alias menggeliat. Tak hanya nikmat, manfaat ngulet untuk kesehatan juga beragam.
6 Manfaat Ngulet untuk Kesehatan (Nenad-Aksic/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Ngulet umumnya merupakan respons tubuh saat bangun tidur, saat duduk lama, atau kala sedang bosan. Tak hanya nikmat, ternyata manfaat ngulet untuk kesehatan ada banyak, lo!

Ngulet atau menggeliat adalah meregang-regang serta menarik-narik tangan dan badan, yang paling sering dilakukan ketika bangun tidur. Gerakan ini dianggap sebagai cara alami sistem saraf untuk “membangunkan” sistem motorik sensorik agar siap untuk dipakai beraktivitas. Bukan hanya manusia, semua makhluk hidup bertulang belakang (vertebrata) juga melakukannya.

Manfaat ngulet bagi kesehatan tubuh

Berdasarkan wawancara dengan dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, ada sejumlah manfaat yang bisa Anda rasakan lewat ngulet.

1. Meningkatkan pasokan oksigen ke dalam tubuh

Anda mungkin tahunya ngulet hanya bisa meregangkan otot. Ternyata tidak itu saja. Pada bayi, ini baik untuk melatih pernapasan.

“Jika Anda perhatikan, bayi sering sekali ngulet. Bedanya dengan orang dewasa yang fokusnya ngulet adalah untuk meregangkan otot, pada bayi ngulet dimaksudkan untuk melatih kemampuan bernapas mereka,” jelas dr. Sepriani.

“Ketika bayi ngulet, diafragma akan melebar, sehingga akan lebih mudah bagi bayi untuk menghirup oksigen,” lanjutnya.

Tak hanya bayi, orang dewasa pun bisa merasakan manfaat yang serupa. Saat ngulet, Anda pasti akan merasa lebih segar. Penyebabnya bukan cuma kelenturan otot tubuh yang membaik, tetapi juga banyaknya oksigen yang masuk saat ngulet.

“Sama seperti bayi sebenarnya. Kalau Anda ngulet, otomatis diafragma terbuka jauh lebih lebar. Semakin lebar rongga dada membuka, maka semakin banyak pula oksigen yang masuk ke paru. Ketika tubuh mendapatkan banyak oksigen, otomatis kondisi tubuh akan terasa jauh lebih segar dan lebih enak,” papar dr. Sepriani.

Beda halnya bila tubuh kekurangan oksigen. Orang yang kekurangan oksigen biasanya akan terus-menerus mengantuk dan juga lemas.

2. Menghilangkan ketegangan otot

Ngulet juga terbukti mencegah penumpukan ketegangan otot kronis. Aktivitas ini bisa membuat otot berkontraksi, sehingga tubuh seperti di-restart jadi segar kembali. Anda pun memiliki kesadaran atas kendali otot.

Lagipula, saat Anda tidur, tubuh cenderung dalam posisi diam sehingga kekakuan otot sangat mungkin terjadi.

“Dengan ngulet, kekakuan itu bisa diminimalkan dan tubuh menjadi lebih siap untuk beraktivitas,” dr. Sepri menegaskan.

1 of 2

Selanjutnya

3. Meredakan nyeri sendi

Dilansir dari CNN, American Council on Exercise (ACE) menunjukkan bahwa ngulet pada pagi hari bisa menghilangkan rasa sakit dan nyeri pada otot dan sendi. Rasa sakit dan nyeri bisa berkembang setiap saat sepanjang hari, tetapi lebih sering terjadi pada pagi hari setelah tubuh beristirahat dalam jangka waktu lama.

Kondisi tersebut terjadi akibat peningkatan cairan di sendiri dan tulang belakang cakram selama tidur semalaman, saat tubuh tidur dalam posisi horizontal. Karenanya, Anda disarankan untuk melakukan peregangan lembut untuk menghangatkan tubuh dan mengurangi ketidaknyamanan sendi.

4. Melancarkan aliran darah

Menurut American College of Sports Medicine, peregangan juga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, tak terkecuali otak.

Ketika aliran darah lancar, tingkat konsentrasi serta ketajaman pancaindra pun akan semakin tinggi. Bahkan, Anda yang sering merasa berkunang-kunang saat hendak bangun juga bisa merasakan manfaatnya peregangan dilakukan secara rutin.

Ngulet akan membuat peredaran darah menjadi lancar. Hasilnya asupan oksigen juga mengalir lancar di seluruh tubuh.

5. Menurunkan kadar stres

Saat ngulet, tubuh memproduksi endorfin yang akan memicu rasa senang muncul kembali. Itulah mengapa, ketika sedang stres dan bosan di kantor Anda akan refleks ngulet.

6. Meningkatkan energi

Para ahli di AEC juga menyebut bahwa ngulet pada pagi hari bisa membantu meningkatkan energi tubuh sepanjang hari, sekaligus mencegah kelesuan dan rasa lelah.

Wah, banyak juga, ya, manfaat ngulet untuk kesehatan tubuh! Cobalah lakukan secara rutin pada pagi hari dan di tengah sibuknya aktivitas. Lakukan dengan aman, misalnya tidak memuntir tubuh secara tiba-tiba sehingga membuat otot dan sendi mengalami cedera.

(RN/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓