5 Asupan yang Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Oleh KlikDokter pada 09 Jul 2019, 16:20 WIB
Saat sistem kekebalan tubuh Si Kecil belum sempurna, dibutuhkan makanan dan minuman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya. Apa saja?
5 Asupan yang Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil (iprachenko/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Pada orang dewasa, sistem kekebalan tubuh sudah berkembang secara sempurna. Namun berbeda dengan Si Kecil, sistem kekebalan tubuh mereka baru mulai berkembang setelah lahir, sehingga Si Kecil membutuhkan tambahan makanan dari luar untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Pada bulan pertama kehidupannya, Si Kecil masih dilindungi oleh antibodi yang didapatkan dari darah Bunda. Namun, antibodi ini semakin lama akan semakin menghilang seiring dengan pembentukan sistem kekebalan tubuh Si Kecil sendiri. Hal ini terjadi ketika tubuhnya terekspos pada antigen. 

Pembentukan daya tahan tubuh Si Kecil

Ada perbedaan pada Si Kecil yang lahir spontan dan operasi sesar. Pada yang lahir spontan, sistem pencernaannya terekspos oleh flora fisiologis sang Bunda ketika melewati jalur lahir. Sedangkan pada yang lahir lewat operasi sesar, sistem pencernaannya tidak fisiologis – kecuali diberikan air susu ibu (ASI).

Sedangkan Si Kecil yang lahir lewat operasi sesar dan tidak diberikan ASI akan memiliki bakteri flora yang berbeda pada sistem pencernaannya. Akibatnya, Si Kecil memiliki kekurangan pada perkembangan sistem kekebalan tubuhnya, terutama yang berhubungan dengan alergi. 

Si Kecil akan lebih rentan terhadap antigen yang dihirup dan mengidap asma dibandingkan yang lahir spontan. Risikonya akan jauh lebih tinggi lagi jika orang tuanya juga mengalami alergi.

Sistem kekebalan tubuh Si Kecil yang masih lemah menyebabkannya mudah mengalami infeksi dan lebih sering mengalami sakit. Sementara Si Kecil yang sistem kekebalan tubuhnya sudah berkembang dengan baik, risiko infeksi jadi jauh lebih rendah. 

Paparan terhadap antigen yang strukturnya sama berulang-ulang akan menyebabkan penyakit tidak terbentuk, salah satu contohnya adalah penyakit cacar air. Berbeda halnya dengan antigen yang strukturnya dapat berbeda seperti virus influenza. Seorang anak dapat mengalami infeksi influenza berkali-kali.

Makanan-makanan yang tingkatkan daya tahan tubuh Si Kecil

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Si Kecil agar tidak mudah sakit. Salah satu cara untuk meningkatkannya adalah lewat asupan makanan yang tepat. Berikut adalah contoh makanan untuk Si Kecil agar tidak mudah sakit:

  • Yoghurt

Yoghurt mengandung banyak probiotik, yaitu kuman baik yang sangat bermanfaat dalam menjaga sistem pencernaan tubuh. Kuman ini juga berperan penting dalam membantu tubuh melawan penyakit. 

Sebuah studi menemukan bahwa Si Kecil yang mengonsumsi yoghurt memiliki risiko 19 persen lebih rendah terhadap demam, infeksi telinga, dan sakit tenggorokan.

  • Kefir

Minuman yang terbuat dari biji-bijian kefir juga mengandung probiotik. Itulah sebabnya minuman ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil.

  • Kacang walnut

Kacang walnut mengandung asam lemak omega 3 yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah membantu tubuh dalam melawan penyakit. 

Sebuah studi membuktikan bahwa omega 3 dapat menurunkan angka infeksi saluran pernapasan pada Si Kecil. Kacang walnut dapat dikonsumsi secara langsung ataupun dicampur dengan sereal dan kudapan lainnya.

  • Buah-buahan dan sayuran

Buah dan sayuran tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Pilihlah yang kaya akan vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil, terutama dalam membantu menangkal demam dan flu. Beberapa contoh buah dan sayuran yang kaya vitamin C adalah citrus, stroberi, paprika, dan brokoli. 

  • Daging tanpa lemak

Bunda mungkin belum tahu bahwa makanan ini dapat meningkatkan sistem yang melawan penyakit tubuh.

Pertama, daging tanpa lemak memiliki protein yang penting untuk menjaga kekuatan. Kedua, daging tanpa lemak juga mengandung seng yang dapat membantu sel darah putih dalam melawan infeksi.

  • Susu

Untuk semakin menyempurnakan dukungan terhadap daya tahan tubuh Si Kecil, Bunda juga bisa memberikan asupan tambahan berupa susu – seperti Morinaga Chil*Go! yang Enak Bernutrisi. Susu Morinaga Chil*Go! mengandung nutrisi untuk mendukung pertahanan tubuh ganda dan pencernaan sehat karena di dalamnya memiliki serat pangan inulin 1700 mg.

Selain itu, Morinaga Chil*Go! juga mengandung sinergi nutrisi seperti kolin, inositol, zat besi, yodium, dan vitamin B kompleks. Nutrisi ini turut bekerja untuk mendukung kecerdasan multitalenta Si Kecil. Susu cair steril ini hadir dalam lima varian rasa yang disukai Si Kecil, yaitu cokelat, vanila, stroberi, pisang, dan melon madu.

Di saat sistem kekebalan tubuh Si Kecil belum berkembang sempurna, berilah asupan makanan yang tepat untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Dan tentu saja, jangan lupa juga untuk selalu menyediakan Morinaga Chil*Go! sebagai asupan yang Enak Bernutrisi untuk menjaga tubuh Si Kecil dari berbagai ancaman penyakit.

[MS/ RH]

klara destianingsihklara destianingsih

anak saya ini susah sekalih minum susu dan makanya juga dgn jumlah tdk banyak tapi .di usia 1 tahun 5 bln . yang saya kecemaskan mengapa bb anaknya saya tdk meningkat hnya sampai di 10 kg . atau kalau lgi skt trn jdi 9 kg. mohon sarannya.