Cara Ampuh Mengecilkan Perut Usai Melahirkan

Oleh dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons pada 09 Jul 2019, 16:30 WIB
Ingin tubuh kembali ramping seperti sedia kala? Ini cara ampuh mengecilkan perut usai melahirkan yang bisa Anda coba.
Cara Ampuh Mengecilkan Perut Usai Melahirkan (Veronika-Zelenina/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Hamil membuat banyak perubahan pada tubuh wanita. Bagian perut adalah yang paling kentara, karena menjadi tempat bagi calon bayi untuk tumbuh dan berkembang sebelum dilahirkan ke dunia. Tak heran, banyak wanita yang ingin mengecilkan perut usai melahirkan. Apakah Anda juga demikian?

Tenang, tak perlu terlalu buru-buru. Pasalnya, hamil selama sembilan bulan membuat kulit perut sangat meregang sehingga membutuhkan waktu untuk kembali ke ukuran awal. Anda juga tidak disarankan untuk melakukan diet mati-matian, karena masih harus memberikan air susu ibu (ASI) ke buah hati.

Lantas, bagaimana cara yang paling tepat dan terbukti ampuh mengecilkan perut usai melahirkan?

1. Istirahat yang cukup

Meski sulit, Anda harus tetap berusaha untuk memiliki waktu tidur yang cukup. Sebab, tidur yang cukup memberikan efek positif untuk menjaga berat badan agar tidak semakin melonjak.

Studi dari jurnal SLEEP melaporkan bahwa orang yang tidur minimal 7 jam setiap hari memiliki risiko obesitas yang lebih rendah. Artinya, orang yang memiliki waktu tidur kurang dari itu lebih berisiko mengalami obesitas alias kelebihan berat badan. Hal ini disebabkan karena hormon kortisol yang dipengaruhi oleh tidur.

2. Menyusui

Selain bertujuan memenuhi kebutuhan gizi bayi, menyusui juga dapat membantu sang ibu untuk menurunkan berat badan. Ini karena menyusui membuat ibu membakar lebih banyak kalori.

Studi dari jurnal Clinical an Experimental Obstetrics and Gynocology menemukan bahwa wanita yang memberikan ASI di 6 bulan pertama kehidupan bayi (ASI eksklusif) dapat menurunkan berat badan lebih cepat setelah melahirkan.

3. Mengonsumsi makanan sehat

Selalu konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, yang sebagian besar menu didominasi oleh buah maupun sayur-sayuran. Jangan lupa untuk senantiasa memenuhi kebutuhan cairan setiap hari, dengan minum air putih secukupnya.

Hindari mengonsumsi gula dan tepung-tepungan, seperti permen, roti, dan sejenisnya. Ini karena bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan peradangan pada tubuh. Selain itu, gluten dari tepung juga dapat menyebabkan kembung dan memperlambat proses pengecilan perut. Peradangan dapat memengaruhi metabolisme dan hormon, sehingga memperlambat progres penurunan berat badan.

4. Aktif bergerak

Setelah melahirkan, tetaplah berusaha aktif bergerak dengan berolahraga. Fakta membuktikan bahwa olahraga dapat menekan stres dan menurunkan berat badan.

Pilihlah jenis olahraga ringan yang membuat Anda tetap bersemangat, seperti berjalan kaki, berkebun atau beres-beres rumah. Anda juga disarankan untuk membagi waktu olahraga dalam satu hari, misalnya 10 menit pagi, 10 menit siang dan 10 menit pada sore hari. Olahraga yang lebih intens dapat dilakukan setelah dokter mengizinkan.

5. Hindari stres

Dengan mengelola atau menghindari stres, berat badan bisa turun dengan lebih signifikan setelah melahirkan. Ini karena stres dapat mengganggu kualitas tidur, proses penyerapan gizi dan kestabilan hormon tubuh, yang kesemuanya berpengaruh pada kondisi berat badan Anda.

Mengecilkan perut usai melahirkan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, lakukanlah cara-cara di atas dengan konsisten agar hasilnya benar-benar terasa maksimal. Selamat mencoba!

(NB/ RVS)