5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah yang Perlu Anda Coba

Oleh Ayu Maharani pada 09 Jul 2019, 17:15 WIB
Bagi pemilik tipe kulit wajah kering, yuk coba pakai minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun di bawah ini pasti akan sulit Anda tolak!
5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah yang Perlu Anda Coba (Kotin/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bukan cuma untuk masakan dan kesehatan tubuh, biarkan wajah turut merasakan manfaat minyak zaitun. Bagi pemilik kulit kering, tentunya Anda familier dengan pemakaian ekstra pelembap, kulit bersisik, dan mengelupas. Mengaplikasikan makeup pun bisa menantang karena tampak tak menyatu dengan kulit. Jika Anda mengalaminya, coba, deh pakai minyak zaitun!

Para pemilik kulit kering memang disarankan untuk bersahabat dengan produk perawatan yang berbahan dasar minyak, salah satunya adalah minyak zaitun. Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak zaitun yang patut Anda coba:

1. Kaya akan antioksidan dan cegah kanker kulit

Kandungan antioksidan minyak zaitun sangat baik untuk kulit. Antioksidan itu sendiri adalah zat yang dapat mencegah oksidasi. Oksidasi adalah proses yang dapat menghasilkan radikal bebas, yakni bahan kimia yang berpotensi merusak sel dan dapat berkontribusi pada perkembangan kanker.

Ketika minyak zaitun diaplikasikan pada kulit wajah, antioksidannya dapat mencegah penuaan dini. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan, minyak zaitun dapat melindungi hewan dari kanker kulit akibat paparan sinar ultraviolet (UV) terus-menerus.

Dalam studi tersebut, para ilmuwan mengoleskan minyak ke kulit hewan yang telah terkena sinar UV. Hasilnya, tercatat pertumbuhan tumornya jauh lebih rendah ketimbang hewan yang tanpa pengolesan minyak zaitun.

2. Kaya akan vitamin dan membantu mengatasi penyakit kulit

Minyak zaitun mengandung vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. Beberapa vitamin ini juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Misalnya, vitamin E selama bertahun-tahun digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit seperti psoriasis dan eksem.

Pada penderita psoriasis, kulit bisa mengelupas dan tampak kering. Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, minyak zaitun dapat digunakan sebagai pelembap yang baik.

1 of 2

Selanjutnya

3. Memberikan efek antibakteri di kulit

Selama ini, minyak zaitun dipercaya memiliki sifat antibakteri. Sayangnya, hanya sedikit penelitian ilmiah yang meneliti kemampuan minyak tersebut untuk mengendalikan bakteri di kulit.

Ada sebuah studi berskala kecil yang melihat efek pemakaian minyak zaitun dan minyak kelapa pada bakteri Staphylococcus aureus di kulit. Hasilnya, baik minyak kelapa maupun minyak zaitun sama-sama menunjukkan sifat antibakteri. Hanya saja, minyak kelapa ditemukan lebih aktif dalam membunuh bakteri. Meski demikian, minyak zaitun dapat meningkatkan penyembuhan luka borok di kaki pada penderita diabetes tipe 2.

“Minyak zaitun mengandung vitamin E, antioksidan serta komponen yang membantu proses penyembuhan,” kata dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter turut menambahkan.

4. Memberikan efek lembut pada kulit

Saat wajah terlihat dan terasa kasar, saat Anda bersahabat dengan minyak zaitun! Tak hanya mampu melembapkan, minyak zaitun juga menjadikan kulit lembut. Dokter Karin menyarankan, Anda bisa membuat scrub dengan campuran minyak zaitun, gula pasir atau bubuk kopi, dan madu.

“Lakukan rutinitas ini seminggu sekali untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan mulus,” katanya.

5. Pembersih wajah murah meriah

Sabun wajah habis? Jangan panik. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun ke wajah sambil melakukan pjatan ringan. Setelahnya, seka kelebihan minyak di wajah dengan kain lembut. Ulangi proses ini hingga wajah terasa bersih, lalu bilas dengan air.

Meski alami, tetapi tidak semua orang aman menggunakan minyak zaitun, misalnya pemilik kulit sensitif, berjerawat, serta mengalami masalah dermatitis. Pasalnya, ada studi yang menemukan bahwa pemakaian minyak zaitun untuk wajah bayi dan orang dewasa tertentu bisa membuat kulit makin meradang atau mengalami alergi.

Untuk pemilik kulit sensitif, Anda disarankan untuk mencobanya terlebih dulu. Caranya adalah dengan menggosokkan beberapa tetes minyak di tangan, lalu amati perubahan atau sensitivitas kulit setelahnya. Jika dalam 24-48 jam tidak ada reaksi, minyak zaitun aman digunakan.

Itulah lima manfaat minyak zaitun untuk wajah. Sebelum mencobanya, ingat bahwa perawatan alami tak ada yang memberikan hasil instan. Lakukanlah secara rutin dan dukung dengan pola hidup sehat agar wajah benar-benar tampak sehat dan memukau.

(RN/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓
Hamzah RiyanaHamzah Riyana

Minyak zaitunnya yang apa ya