10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah, Kaya Antioksidan?
search

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah yang Perlu Anda Tahu

Minyak zaitun kerap dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Namun, apa manfaat minyak zaitun untuk wajah? Mari ketahui selengkapnya di sini.
Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah yang Perlu Anda Tahu

Klikdokter.com, Jakarta Minyak zaitun merupakan hasil olahan dari buah zaitun yang kerap digunakan untuk memasak atau campuran saus salad. Minyak ini memiliki banyak manfaat kesehatan saat dikonsumsi. Tak hanya itu, minyak zaitun juga memiliki manfaat kecantikan untuk wajah.

Minyak zaitun telah banyak digunakan sebagai salah satu bahan dalam produk kecantikan. Bagi pemilik kulit kering, Anda memang disarankan untuk bersahabat dengan produk perawatan berbahan dasar minyak, salah satunya adalah minyak zaitun. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak zaitun untuk wajah yang patut Anda coba.

1. Kaya zat Antioksidan 

Kandungan antioksidan di dalam minyak zaitun sangat baik untuk kulit. Antioksidan itu sendiri adalah zat yang dapat mencegah oksidasi. Oksidasi adalah proses yang dapat menghasilkan radikal bebas, yakni bahan kimia yang berpotensi merusak sel dan dapat memicu berbagai macam penyakit.

Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun adalah squalene. Squalene yang terdapat dalam minyak zaitun ini sangat tinggi dibandingkan dengan jenis lemak dan minyak lain yang biasa dikonsumsi manusia. Itulah yang membuat minyak zaitun dianggap sebagai minyak dengan antioksidan kuat.

Artikel Lainnya: 7 Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan Kulit

1 dari 4

2. Kaya akan Vitamin

Kaya akan Vitamin
loading

Minyak zaitun mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K yang larut dalam lemak. Sejumlah vitamin tersebut juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Misalnya saja, vitamin E di dalam minyak zaitun telah bertahun-tahun dimanfaatkan untuk mengobati berbagai kondisi kulit seperti kulit kering dan jerawat. Itu salah satu sebabnya minyak zaitun punya manfaat untuk wajah.

3. Memiliki Sifat Antibakteri untuk Kulit

Selama ini, minyak zaitun dipercaya memiliki sifat antibakteri. Sayangnya, hanya sedikit penelitian ilmiah yang meneliti kemampuan minyak tersebut untuk mengendalikan bakteri di kulit.

Ada sebuah studi kecil yang melihat efek pemakaian minyak zaitun dan minyak kelapa pada bakteri Staphylococcus aureus di kulit. Hasilnya, baik minyak kelapa maupun minyak zaitun sama-sama menunjukkan sifat antibakteri.

4. Memberikan Efek Lembut di Kulit

Saat wajah terlihat dan terasa kasar, saatnya Anda bersahabat dengan minyak zaitun! Tak hanya mampu melembapkan, minyak zaitun juga menjadikan kulit terasa lembut. 

Anda bisa memberikan minyak zaitun untuk wajah sebanyak tiga tetes, lalu oleskan merata ke kulit wajah yang kering. Anda juga bisa membuat scrub dengan campuran minyak zaitun, gula pasir atau bubuk kopi, dan madu.

Artikel Lainnya: 11 Jenis Minyak Alami untuk Kecantikan Anda

2 dari 4

5. Pembersih Wajah Murah Meriah

Pembersih Wajah Murah Meriah
loading

Sabun wajah habis? Jangan panik. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun ke wajah sambil melakukan pijatan ringan. Setelahnya, seka kelebihan minyak di wajah dengan kain lembut. Ulangi proses tersebut hingga wajah terasa bersih, lalu bilas dengan air.

6. Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan, minyak zaitun dapat melindungi hewan dari kanker kulit akibat paparan sinar ultraviolet (UV) secara berulang.

Dalam studi tersebut, para ilmuwan mengoleskan minyak ke kulit hewan yang terkena sinar UV. Hasilnya, pertumbuhan tumor ditemukan jauh lebih rendah ketimbang hewan yang kulitnya tidak diberikan olesan minyak zaitun.

7. Mencegah Penuaan Dini

Minyak zaitun kaya akan vitamin A, D, K dan E, serta squalene. Kandungan tersebut mampu menangkal radikal bebas dan menyehatkan kulit. Ketika kesehatan kulit terjaga, maka jumlah kolagen dan elastin juga maksimal. Hal tersebut dapat mencegah dan memperlambat munculnya penuaan dini. 

Artikel Lainnya: 5 Makanan untuk Mencegah Penuaan Dini

3 dari 4

8. Mempercepat Penyembuhan Luka

Minyak Zaitun Mempercepat Penyembuhan Luka
loading

Minyak zaitun bermanfaat untuk meningkatkan penyembuhan luka borok di kaki penderita diabetes tipe 2. Karena minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E, antioksidan, serta komponen lain yang terbukti dapat membantu proses penyembuhan.

9. Mencerahkan Kulit Wajah

Untuk mencerahkan kulit, Anda bisa memilih minyak zaitun jenis extra virgin olive oil (EVOO). Kandungan minyak EVOO memiliki efek mencerahkan kulit dengan cara memblokir kerusakan dan pigmentasi akibat paparan sinar matahari. 

Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat minyak zaitun yang satu ini untuk kulit wajah.

10. Membantu Mengatasi Penyakit Kulit

Jika Anda memiliki masalah kulit seperti psoriasis atau eksim di wajah, cobalah oleskan minyak zaitun untuk membantu meredakan rasa tidak nyaman yang muncul.

Minyak zaitun diyakini dapat menenangkan kulit yang sedang iritasi dan meradang berkat kandungan senyawa oleocanthal.

Itulah beragam khasiat minyak zaitun untuk wajah. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, disarankan untuk mencoba minyak zaitun terlebih dulu. 

Baca Juga

Caranya, gosokkan beberapa tetes minyak zaitun di tangan, lalu amati perubahan atau sensitivitas kulit setelahnya. Jika muncul reaksi, sebaiknya jangan lanjutkan pemakaian minyak zaitun.

Cari tahu informasi kesehatan dan kecantikan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Irwan Junawanto, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Hervina, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 35.000
avatar

dr. Deryne A Paramita, Sp.KK(K)

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Manfaat Mikrodermabrasi untuk Wajah Sehat dan Cantik

Info Sehat
16 Feb

Bawa Ini Untuk Jaga Kebersihan Wajah Saat Bepergian

Info Sehat
21 Jan

Pentingnya Rangkaian Perawatan Wajah Antibakteri Setelah Pakai Masker Seharian

Info Sehat
21 Jan

Hilangkan Bercak Cokelat di Wajah dengan Cara Ini

Info Sehat
08 Okt

Kiat Perawatan Kulit Wajah untuk Usia 20-an

Info Sehat
02 Okt

REAKSI ANDA

1 KOMENTAR

Avatar
Hamzah Riyana
2 Tahun Lalu

Minyak zaitunnya yang apa ya

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat