Deretan Makanan Sehat untuk Bangkitkan Semangat

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 10 Jul 2019, 08:15 WIB
Anda membutuhkan pendongkrak semangat untuk menjalani hari? Konsumilah makanan sehat ini!
Deretan Makanan Sehat untuk Bangkitkan Semangat (ShaikhMeraj/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Makanan sehat apa yang sudah Anda santap untuk memulai hari ini? Cukupnya jumlah nutrisi tentu sangat bermanfaat untuk menjaga mood Anda sejak pagi hari.

Ya, karena ada saja hal-hal yang membuat mood berantakan. Baik itu soal pekerjaan, kemacetan, atau hubungan dengan pasangan. Apapun itu, salah satu kondisi tersebut sangat mungkin membuat semangat mengendur sehingga Anda tak bisa menjalani hari dengan maksimal.

Untungnya, mendongkrak semangat agar kembali menggebu tidak butuh usaha yang terlalu sulit. Cukup dengan mengonsumsi makanan yang tepat, maka semangat untuk menjalani hari bisa kembali lagi.

Beberapa makanan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Oatmeal

Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks yang penuh serat dan gizi penting untuk tubuh. Makanan sehat ini lebih lambat untuk dicerna sehingga memasok energi secara merata. Semangkuk oatmeal di pagi hari akan membuat Anda berenergi dan bersemangat dalam menjalani hari!

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, serat larut pada oatmeal membentuk gel kental yang membantu menurunkan kolesterol dan menstabilkan kadar glukosa darah.

Oatmeal dapat membantu penyerapan kolesterol jahat atau LDL,” kata dr. Alvin.

  1. Telur

Satu butir telur hanya mengandung 70 kalori dan memiliki 6 gram protein. Itu memberikan “bahan bakar” yang dilepaskan perlahan, sehingga tubuh menjadi lebih berenergi.

1 of 3

Selanjutnya

  1. Daging ayam tanpa kulit

Daging ayam tanpa kulit (ShaikhMeraj/Shutterstock)
Daging ayam tanpa kulit (ShaikhMeraj/Shutterstock)

Daging ayam tanpa kulit bisa membangkitkan semangat jika dikonsumsi pada porsi yang tepat. Ini karena daging ayam adalah sumber protein yang baik dan memiliki sedikit kandungan lemak jenuh, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin dan teratur oleh Anda yang butuh pendongkrak semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

  1. Hati sapi

Hati sapi adalah salah satu sumber vitamin B12 terbaik. Makanan sehat ini juga memiliki banyak protein yang membuat Anda tetap bertenaga untuk waktu yang lama.

  1. Tiram

Selain sebagai sumber protein rendah lemak, tiram juga mengandung zink. Ini membantu tubuh melawan kuman yang bisa membuat Anda cepat lelah.

  1. Kacang polong

Kacang polong adalah sumber protein yang hebat, terutama jika Anda vegetarian atau vegan. Kacang polong juga memiliki banyak serat untuk membantu memperlambat pencernaan dan kaya akan magnesium untuk membantu sel-sel tubuh menghasilkan energi.

  1. Ikan sarden

Sarden menyediakan protein hewani berkualitas tinggi untuk memasok energi secara stabil. Jenis ikan laut ini juga memiliki banyak asam lemak omega-3 (EPA dan DHA) yang membantu mencegah penyakit jantung. 

2 of 3

Selanjutnya (2)

  1. Buah beri

Buah beri (GCapture/Shutterstock)
Buah beri (GCapture/Shutterstock)

Buah beri seperti bluberi dan stroberi adalah deretan makanan sempurna jika Anda menginginkan sesuatu yang manis dan tidak memiliki banyak kalori. Buah beri juga memiliki antioksidan dan gizi lain yang membantu menyehatkan serta melindungi sel-sel di seluruh tubuh.

  1. Cokelat hitam

Cokelat hitam terbukti dapat meningkatkan mood dan fungsi otak. Antioksidan dalam cokelat hitam juga dapat membantu melindungi sel, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah.

Selain itu, menurut dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc dari KlikDokter, cokelat hitam kaya akan kokoa padat yang mengandung komponen flavonoid (flavonol kokoa).

“Pada kadar tertentu, flavonol kokoa diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, sekaligus meningkatkan kemampuan kognitif,” katanya.

  1. Air putih

Ketika tubuh kekurangan cairan, Anda akan mudah menjadi lelah dan mengalami badan lemas. Pasalnya, air berperan dalam proses transportasi bahan bakar dan gizi ke sel-sel di dalam tubuh serta membantu membuang limbah.

Oleh karena itu, jika Anda ingin lebih semangat dan berenergi, konsumsilah air putih setidaknya 7–8 gelas dalam sehari. Pastikan Anda menghindari minuman bersoda atau mengandung banyak gula, ya!

Apakah Anda sudah siap untuk menjalani hari dengan lebih semangat dan berenergi dengan makanan sehat? Jangan lupa untuk tetap membatasi konsumsi makanan di atas agar tidak berlebihan. Pastikan pula Anda menerapkan gaya hidup sehat agar kesehatan tubuh senantiasa terjaga, sehingga segala hal positif yang direncanakan bisa berjalan sesuai harapan.

(NB/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓
Setia SbSetia Sb

Jadi baperrr dehh diperhatiin dokter terusss🤭

Darma SusilaDarma Susila

baik dr

Dirsha FitrianiDirsha Fitriani

hmmm so sweet ♥️

Lihat Lainnya