6 Tips Atasi Jetlag untuk Jemaah Calon Haji

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 10 Jul 2019, 08:30 WIB
Salah satu masalah yang harus dihadapi calon jemaah haji adalah jetlag. Ini cara terbaik untuk atasi jetlag.
6 Tips Atasi Jetlag untuk Jemaah Calon Haji (Foto: Star File Photo)

Klikdokter.com, Jakarta Para jemaah calon haji perlu membekali diri dengan kiat atasi jetlag sebelum berangkat ke Tanah Suci. Hingga ketika tiba di sana, para jemaah sudah bisa langsung mengatasi kondisi tersebut.

Supaya ibadah berjalan lancar, para jemaah harus bisa mengatasi jetlag akibat perjalanan menuju daerah dengan zona waktu berbeda. Waktu di Arab Saudi memang lebih lambat 4 jam dibanding Waktu Indonesia Barat (WIB) Indonesia.

Akibat perbedaan waktu tersebut, bagi para jemaah biasanya akan mengalami jetlag. Dalam kondisi tersebut tubuh cenderung menolak untuk melakukan suatu aktivitas karena jetlag akan menganggu pola tidur.

Bayangkan, jika di Arab Saudi jam 7 malam, jika mengacu pada WIB, maka waktu sudah menunjukkan pukul 23.00, dan itu waktunya orang untuk tidur. Tapi, Anda masih beraktivitas karena masih jam 7 malam di sana.

Cara mengatasi jetlag

Bagi mereka yang tidak terbiasa melakukan perjalanan jauh yang perbedaan waktunya cukup jauh, jetlag menjadi hal yang sering mengganggu. Para jemaah calon haji yang beribadah di Tanah Suci perlu segera mengatasi hal ini agar rangkaian ibadah haji tidak terganggu.

Berikut beberapa cara mengatasi jetlag bagi para calon jemaah haji:

  1. Olahraga atau aktivitas ringan

Lakukan aktivitas ringan yang bisa membuat tubuh tetap dalam kondisi fresh, seperti olahraga ringan di hotel atau saat di bandara. 

"Jadi, tetap bisa terjaga karena di sana walau waktunya lebih lambat. Ini berguna karena biasanya di Indonesia sudah malam, biasanya sudah harus tidur, tapi di sana masih sore dan Anda harus beraktivitas," ujar dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

  1. Membuat tubuh relaks

Jika sudah tiba jam tidur, usahakan untuk melakukan relaksasi seperti mandi air hangat, baca buku, dan hal lain yang membuat tubuh menjadi relaks.

“Pijatan ringan juga bisa dilakukan. Jadi, pas jam tidur tiba, jemaah bisa tidur dengan nyenyak," saran dr. Dyan Mega.

  1. Perbanyak air putih

Hindari minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi dan minuman berenergi. Kafein akan memengaruhi kemampuan tubuh untuk relaks sehingga memperpanjang waktu pemulihan jetlag. Oleh karena itu, lebih baik Anda minum air putih dengan jumlah sedikit lebih banyak.

  1. Atur asupan makan

Perbanyak konsumsi buah dan sayur serta kurangi asupan makanan yang kurang sehat. Sebaiknya Anda menghindari makanan siap saji, makanan berlemak, dan makanan yang terlalu manis.

  1. Beradaptasi dengan jadwal baru selama di pesawat

Atur waktu tidur selama di pesawat. Jika Anda sampai di tempat tujuan pada malam hari, maka usahakan untuk tetap terjaga selama di pesawat. Sebaliknya, jika sampai tempat tujuan di siang hari, usahakan untuk tidur selama di pesawat.

  1. Hindari gangguan 

Gunakan penutup mata atau telinga yang dapat membantu Anda tidur di pesawat. Padamkan juga lampu dan pencahayaan agar Anda dapat beristirahat dengan maksimal selama perjalanan.

Itu adalah deretan cara yang bisa dilakukan jemaah calon haji untuk atasi jetlag. Jangan anggap sepele jetlag karena kondisi ini bisa menganggu rangkaian aktivitas Anda selama melakukan ibadah di Tanah Suci.

(NB/ RVS)