Cara Tepat Atasi Si Kecil yang Susah Makan

Oleh KlikDokter pada 10 Jul 2019, 13:00 WIB
Si Kecil tergolong susah makan? Jika ya, ini tips yang bisa Bunda terapkan agar dirinya bisa makan dengan lahap!
Cara Tepat Atasi Si Kecil yang Susah Makan (all_about_people/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Hampir setiap Bunda pernah merasakan masalah Si Kecil yang susah makan. Sebenarnya, ini adalah hal yang umum dialami oleh Si Kecil, terutama ketika mereka telah menginjak usia 1–3 tahun.

Perlu Bunda ketahui, masalah Si Kecil susah makan bisa terjadi akibat hal tertentu. Beberapa di antaranya adalah:

  • Proses adaptasi

Adanya adaptasi pada Si Kecil, di mana sebelumnya ia mengonsumsi susu maupun makanan lunak. Kini ia harus mengonsumsi makanan padat (makanan keluarga) semenjak usianya 1 tahun. Ada Si Kecil yang tidak siap untuk itu dan akhirnya mengalami masalah sulit makan.

  • Rasa ingin tahu yang tinggi

Rasa ingin tahu yang tinggi dan keinginan untuk mengeksplorasi sesuatu yang baru memicu keinginan Si Kecil akan suatu gambaran yang belum pernah dialami sebelumnya. Hal seperti ini dapat menjadikan Si Kecil mengalami gangguan makan.

  • Masalah makan pada Si Kecil

Ada beberapa masalah makan yang kerap dialami Si Kecil. Beberapa yang paling sering adalah makan terlalu sedikit, hanya mau makan jenis-jenis makanan tertentu, mengemut makanan (tidak mengunyah) dan makan dalam waktu yang lama (lebih dari 30 menit).

Selain itu, penurunan nafsu makan yang menyebabkan penurunan frekuensi atau pun porsi makan Si Kecil umum terjadi ketika Si Kecil menginjak usia 1 tahun.

Mengatasi Si Kecil yang sulit makan

Banyak Bunda yang panik ketika Si Kecil hanya makan sedikit. Tak jarang ada yang kemudian memaksa Si Kecil makan lebih banyak. Hal tersebut malah dapat memperburuk keadaan dan menyebabkan Si Kecil semakin sulit makan, bahkan memuntahkan makanan yang diberikan.

Nah, supaya tidak mengalami hal tersebut, tips yang bisa Bunda terapkan adalah sebagai berikut:

  • Tetap tenang

Hal pertama yang perlu Bunda lakukan adalah bersikap tenang, sabar, dan menjauhkan emosi negatif ketika sedang menyuapi Si Kecil. Jadi, meski sulit makan, Bunda tetap perlu menyuapi Si Kecil dengan santai dan sabar.

  • Biasakan disiplin

Biasakan untuk membatasi waktu makan agar tidak lebih dari 30 menit. Setelah waktu tersebut habis, singkirkan makanan dan stop kegiatan makan apapun kondisinya. Dengan membiasakan disiplin seperti ini, Si Kecil akan belajar untuk menghargai waktu dan akan makan dengan tertib selama waktu tersebut.

  • Biarkan Si Kecil mengatur

Biarkan Si Kecil mengatur sendiri porsi makan sesuai kemampuannya. Karena, ada Si Kecil yang memang bisa makan banyak, namun ada pula Si Kecil yang memang porsi makannya lebih sedikit. Selain porsi, berikan pula kebebasan Si Kecil untuk memilih menu makan yang ingin dikonsumsinya, namun pastikan kandungannya tetap sehat.

  • Atur jadwal

Atur jadwal makan Si Kecil, yang terdiri dari 3 kali makan besar dan 2 kali camilan. Hindari memberikan makanan dan minuman selain air di luar jadwal makan tersebut.

  • Makan pada tempatnya

Biasakan Si Kecil untuk makan bersama di meja makan dengan anggota keluarga lainnya. Hindari hal-hal yang dapat memecah perhatian saat Si Kecil makan, seperti gawai dan hewan peliharaan. Biarkan Si Kecil fokus pada makanannya selama 30 menit waktu makannya.

Di samping aspek-aspek tersebut, Bunda juga perlu memerhatikan rasa makanan yang diberikan pada Si Kecil. Pastikan setiap makanan yang Bunda berikan memiliki rasa yang enak namun tetap menyehatkan, sehingga Si Kecil selalu menantikan waktu untuk makan.

Tak melulu makanan besar, camilan sehat seperti susu yang Bunda berikan pada Si Kecil juga wajib memiliki rasa yang enak dan bervariasi. Ingin tahu susu apa yang seperti ini? Morinaga Chil*Go! adalah jawabannya!

Morinaga Chil*Go! adalah susu siap minum (ready to drink), yang juga merupakan susu steril dalam bentuk cair, enak dan memiliki kandungan gizi yang lengkap. Dengan kolin serta inositol, zat besi, yodium, dan vitamin B kompleks, Morinaga Chil*Go! yang enak bernutrisi dapat mendukung kecerdasan multitalenta Si Kecil usia 1–12 tahun.

Morinaga Chil*Go! juga memiliki kandungan serat pangan inulin 1700 miligram untuk mendukung kesehatan saluran cerna dan mengoptimalkan sistem imun tubuh Si Kecil. Susu cair yang praktis dan tidak mengandung bahan pengawet ini hadir dalam lima pilihan rasa yang disukai Si Kecil, yaitu cokelat, vanila, stroberi, pisang, dan melon madu.

Selalu hadirkan Morinaga Chil*Go! dalam keseharian Si Kecil. Sebab, selain memiliki rasa yang enak dan disukai Si Kecil, Morinaga Chil*Go! juga mampu memenuhi kebutuhan gizi harian untuk menunjang tumbuh kembang Si Kecil, lho!

(NB/ RH)