Batuk Pilek pada Anak Sering Berulang, Ini Pencegahannya

Oleh dr. Valda Garcia pada 10 Jul 2019, 15:00 WIB
Anak mengalami batuk pilek berulang? Jangan langsung panik, karena belum tentu masalah serius. Yuk, kenali penyebabnya terlebih dahulu.
Ketika Batuk Pilek pada Anak Terjadi Berulang Kali (DeepMeaning/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Belum lama kembali fit setelah sembuh dari batuk pilek, tapi aktivitas si Kecil kembali terganggu karena lagi-lagi diserang penyakit yang sama. Apakah artinya si Kecil memiliki masalah kesehatan yang serius? Belum tentu, mari kenali dulu penyebabnya.

Batuk pilek berulang

Ketika si Kecil mengalami batuk dan pilek berulang yang mengganggu aktivitasnya, sering kali timbul kekhawatiran pada orang tua. Bahkan, tak sedikit juga orang tua yang khawatir jika hal tersebut bisa sampai mengganggu pertumbuhan dan perkembangan si Kecil.

Agar si Kecil dapat segera sembuh dan beraktivitas dengan normal lagi, tak jarang orang tua langsung memberikan obat. Bahkan, tak sedikit juga orang tua yang langsung memberikan antibiotik pada si Kecil. Padahal, belum diketahui dengan pasti apakah penyebabnya karena infeksi bakteri.

Meskipun tujuannya baik, tapi pengobatan yang tidak tepat justru dapat meningkatkan risiko resistensi antibiotik. Hal ini bisa berbahaya karena anak menjadi kebal atau resisten saat jenis antibiotik yang mungkin dibutuhkannya suatu saat.

Perlu dipahami juga bahwa batuk pilek pada si Kecil yang bertahan kurang dari tiga minggu sebenarnya merupakan penyakit ‘ringan’ yang dapat sembuh dengan sendirinya. Oleh karena itu, orang tua sebaiknya tidak perlu terlalu khawatir, bahkan jika si Kecil mengalaminya berulang kali.

Lalu, apa yang menyebabkan si Kecil sering mengalami sakit? Salah satu faktor penyebabnya adalah karena pada usia tersebut, daya tahan tubuhnya sedang berkembang, sehingga belum mencapai tahap sempurna.

Selain itu, bisa juga karena faktor kebersihan. Si Kecil yang sering kali tidak memperhatikan kebersihan ketika beraktivitas, termasuk kebiasaan mencuci tangan, akan membuatnya jadi lebih sering sakit.

Seiring bertambahnya usia, daya tahan tubuh si Kecil akan semakin baik dan kesadarannya menjaga kebersihan pun akan lebih terbangun. Sehingga, ketika si Kecil menginjak usia remaja, frekuensi sakitnya akan cenderung menurun.

Penyebab Batuk Pilek pada Anak

Batuk pilek pada si Kecil dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  • Infeksi

Penyebab utama batuk pilek pada si Kecil adalah infeksi, baik yang disebabkan oleh virus maupun bakteri.

Jika disebabkan oleh virus, terapi yang diberikan bersifat simtomatis. Hal yang penting untuk diperhatikan adalah meningkatkan daya tahan tubuh dengan menjaga asupan makanan dan minuman, serta istirahat cukup.

Ketika si Kecil sedang mengalami infeksi virus, daya tahan tubuhnya akan belajar untuk mengenali virus tersebut dan membentuk pertahanan. Dengan begitu, ketika si Kecil terkena virus yang sama, tubuhnya sudah memiliki pertahanan yang kuat.

Namun, karena ada begitu banyak jenis virus serta perkembangannya yang begitu cepat, tidak jarang Si Kecil mengalami batuk pilek berulang karena belum memiliki pertahanan untuk jenis virus tertentu.

Anda tidak perlu khawatir karena daya tahan tubuh si Kecil akan berusaha untuk menghadapinya. Oleh sebab itu, daya tahan tubuhnya harus tetap dijaga dengan asupan dan kebersihan.

Sementara itu, jika si Kecil terkena infeksi bakteri, barulah si Kecil dapat diberikan antibiotik yang sesuai. Pemberian antibiotik harus berdasarkan petunjuk dokter.

  • Alergi

Batuk pilek berulang pada si Kecil juga dapat disebabkan oleh reaksi alergi. Ketika si Kecil mengalami alergi, terapi utama yang harus dilakukan adalah menghindari alergen yang dapat memicu reaksi alergi.

Jika tidak dilakukan, meskipun sudah diberikan obat, termasuk anti alergi, si Kecil akan tetap mengalami batuk pilek selama terpapar alergen atau pencetus alergi.

1 of 2

Pencegahan Batuk Pilek Berulang

Batuk pilek memang belum tentu menyebabkan hal berbahaya, namun pastinya itu akan mengganggu aktivitas si Kecil. Oleh sebab itu, sebaiknya dilakukan pencegahan agar si Kecil dapat terhindar dari batuk pilek berulang.

Untuk mencegah batuk pilek yang disebabkan oleh infeksi, beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Jaga daya tahan tubuh si Kecil dengan memastikan makanan dan minuman yang dikonsumsinya memiliki nilai gizi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangannya.
  • Pastikan si Kecil memiliki jam tidur yang cukup, sehingga metabolisme tubuhnya pun dapat berjalan dengan baik.
  • Jaga si Kecil dari paparan infeksi, salah satunya dengan mengajarkannya untuk rajin mencuci tangan dengan benar, yaitu dengan 6 langkah menggunakan sabun dan air yang mengalir.

Si Kecil dapat diajarkan untuk mencuci tangan setelah dari toilet, sebelum makan, menyentuh hidung, mulut, serta mata.

Ajarkan juga si Kecil untuk mencuci makan setelah bersin dan batuk.  Ketika si Kecil sedang sakit, sebaiknya perkenalkan masker, sehingga dapat menghindari penularan infeksi melalui bersin dan batuk.

Bagaimana jika si Kecil memiliki riwayat alergi? Berikan edukasi atau penjelasan padanya mengenai hal tersebut. Dengan demikian si Kecil juga dapat belajar untuk menjaga dirinya dengan menghindari alergen yang dapat memicu reaksi alergi dan menimbulkan batuk pilek.

Saat si Kecil mengalami batuk pilek berulang, Anda tak perlu langsung panik. Lebih baik cari penyebabnya dan berikan terapi yang sesuai.

[MS/ RH]

Lanjutkan Membaca ↓