Tips Tetap Sehat Meski Sering Konsumsi Makanan All You Can Eat

Oleh Ayu Maharani pada 12 Jul 2019, 18:00 WIB
Makan buffet kadang memang bikin lupa diri! Nah, agar tetap sehat meski sering konsumsi makanan all you can eat, terapkan tips sehat ini.
Tips Tetap Sehat Meski Sering Konsumsi Makanan All You Can Eat (FilmFuture/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Meski harganya tak murah, tapi makanan all you can eat punya banyak penggemar.  Pasalnya, harga yang dibayarkan setimpal dengan banyaknya makanan yang bisa disantap. Sering konsumsi makanan all you can eat pun dianggap bisa meningkatkan risiko berbagai macam penyakit. Padahal, jika Anda memperhatikan tips sehat berikut, Anda bisa tetap sehat.

Ada beberapa penyakit yang sering dikaitkan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan all you can eat, dan semuanya adalah penyakit serius. Sebut saja kolesterol tinggi, penyakit jantung, hingga kanker.

Nah agar tetap sehat setelah konsumsi makanan all you can eat, berikut tips yang bisa Anda lakukan:

  • Makan di jam makan dan ambil sewajarnya

Kebiasaan buruk orang-orang mengonsumsi makanan all you can eat adalah makan di waktu yang lebih lambat dari biasanya. Alasannya akan lebih nikmat kalau makannya saat perut benar-benar lapar. Padahal, selain bisa memicu mag, pada orang yang tak punya riwayat mag, menunda makan semacam itu bisa membuat seseorang makan berlebih.

Meski yang Anda kunjungi bersama teman-teman adalah restoran all you can eat, bukan berarti Anda bisa mengambil makanan sebanyak mungkin. Sebab, menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, lambung punya kapasitas yang terbatas. Jika Anda makan terlalu banyak, lambung pun akan dipaksa bekerja lebih keras untuk mengolahnya.

“Saat lambung berusaha mencampur dan mencerna makanan dengan asam lambung, ada sebagian asam yang naik ke esofagus. Hal inilah yang lantas memicu timbulnya gejala seperti nyeri ulu hati, mual, dan sensasi terbakar,” jelas dr. Alvin.

Lagi pula, beberapa restoran menerapkan biaya tambahan bila Anda menyisakan banyak makanan, sehingga ada baiknya sejak awal makan dalam porsi sewajarnya.

Jadi, makanlah di waktu yang sama seperti biasanya agar Anda tidak terkena masalah lambung atau terlalu bernafsu untuk mengambil banyak makanan. Cara seperti itu  justru membuat perut Anda tidak enak, akibat asam lambung naik.

1 of 2

Selanjutnya

  • Pilih minuman rendah kalori

Makanan yang Anda konsumsi mungkin kalorinya sudah banyak. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda memilih minuman yang kalorinya tidak terlalu tinggi.

Dalam restoran all you can eat, pasti Anda akan menemukan mesin yang menawarkan berbagai jenis minuman. Pilih saja ocha (teh hijau) atau teh tawar dingin ketimbang minuman bersoda yang kadar gulanya sangat tinggi.

Jika kebetulan ada jus buah, ingatlah bahwa jus buah yang ditawarkan di restoran all you can eat adalah jus buah kemasan yang juga mengandung banyak gula. Daripada memilih jus buah yang seperti itu, sekalian saja ambil buah potong yang jelas lebih menyehatkan.

  • Jangan cuma makan daging, makan sayuran juga!

Ini juga sering kali dilupakan oleh sebagian besar orang. Meja mereka hanya dipenuhi oleh daging, daging, dan daging.

Padahal, Anda juga mesti makan banyak sayur agar setelahnya. Tujuannya agar Anda tidak sembelit dan tidak panas dalam akibat terlalu banyak makan daging.

Jadi, tetaplah ambil segala menu sayur yang ditawarkan di sana. Bila ada salad, jangan beri saus mayones terlalu banyak, karena itu justru dapat membuat salad Anda memiliki kalori yang tinggi.

  • Masak daging hingga matang, tapi jangan gosong

Pastikan bahwa daging yang Anda olah di pemanggangan benar-benar matang. Hal itu bertujuan untuk membunuh sisa-sisa bakteri agar Anda tidak sakit perut setelahnya.

Namun, meski ada anjuran untuk memasak daging hingga matang, jangan panggang hingga terlalu gosong karena bagian hitam dari daging tersebut bersifat karsinogenik (memicu kanker).

  • Jangan lupa bakar kalori dengan olahraga

Sudah bisa ditebak bahwa setelah makan di restoran all you can eat, kalori yang masuk ke tubuh akan melebihi kalori makan siang atau makan malam seperti biasanya.

Jadi, bila Anda makan di restoran all you can eat pada malam hari, besok paginya jangan sampai lupa berolahraga untuk membakar kalori.

Aktivitas fisik tersebut perlu dilakukan untuk menstabilkan kembali kondisi tubuh dan mencegah terjadinya obesitas. Karena jika Anda mengalami obesitas, maka risiko untuk mengalami penyakit kardiovaskular pun akan semakin besar.

Sering konsumsi makanan all you can eat memang mengasyikkan. Tapi ingat, jangan berlebihan. Terapkan tips sehat di atas agar Anda tetap sehat. Bila perlu, pilihlah restoran all you can eat dengan pilihan makanan yang direbus ketimbang makanan yang semuanya digoreng atau dibakar. Sebab, cara pengolahan makanan juga berpengaruh terhadap kesehatan Anda.

[MS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓