Manfaat Pisang untuk Mengatasi Kram Otot Usai Olahraga

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 13 Jul 2019, 17:00 WIB
Mengatasi kram otot usai olahraga tidak harus dilakukan dengan cara yang rumit. Dapatkan manfaat pisang untuk mengatasi gangguan otot ini.
Manfaat Pisang untuk Mengatasi Kram Otot Usai Olahraga (Mladen Zivkovic/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Pisang sering menjadi makanan wajib bagi para olahragawan. Manfaat pisang untuk mengatasi kram otot setelah olahraga, adalah salah satu alasan mengapa buah kaya nutrisi ini banyak digemari.

Kram otot sangat mungkin terjadi usai melakukan olahraga berat. Keluhan yang sering menyerang otot kaki, betis, paha belakang dan depan ini bisa sangat menyakitkan dan membuat penderitanya kesulitan untuk berjalan.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, kram otot terjadi akibat spasme otot (kejang/kaku otot) yang dipengaruhi oleh kontraksi otot terlalu keras dan berlebihan.

"Kram otot dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja, terutama pada atlet yang rutin berolahraga dan orang usia lanjut karena faktor penurunan massa otot," ujar dr. Dyah Novita.

Kram otot dapat terjadi selama beberapa detik hingga menit. Beberapa hal yang berperan pada durasi terjadinya kram otot meliputi:

  • Kelelahan fisik berlebih
  • Adanya cedera otot dan kelelahan otot akibat olahraga berlebihan
  • Suplai darah berkurang akibat gangguan aliran darah
  • Adanya penyakit diabetes, gangguan saraf, gangguan hati dan masalah tiroid
  • Kekurangan asupan vitamin B1, B5 dan B6
  • Dehidrasi
  • Paparan berlebihan terhadap udara dingin
  • Konsumsi jenis obat tertentu, seperti pil KB, obat diuretik, steroid dan obat antipsikotik (obat kejiwaan).
1 of 2

Mencegah kram otot dengan pisang

Perlu Anda tahu, faktor penyebab kram otot yang paling umum ditemukan adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Saat Anda mengalami kondisi ini, kalium di dalam tubuh sedang dalam kadar yang rendah sehingga kram otot lebih mungkin terjadi.

Nah, pisang adalah salah satu pemasok zat kalium yang baik. Satu buah pisang mampu memberikan sekitar 420 miligram kalsium. Oleh karena itu, apabila Anda makan pisang sebelum dan setelah berolahraga, risiko terjadinya kram otot bisa diminimalkan.

Apabila Anda tidak terlalu menyukai pisang, makanan lain yang juga kaya kalium dan bisa Anda jadikan sebagai alternatif adalah ubi jalar, kismis, kacang polong, lentil, labu, dan bayam yang dimasak.

Supaya benar-benar efektif mencegah kram otot, Anda mesti mengombinasikan konsumsi pisang atau makanan tinggi kalium lain dengan menjalankan gaya hidup sehat. Selain itu, Anda juga wajib melakukan peregangan sebelum dan setelah berolahraga. Hindari berolahraga terlalu keras atau memaksakan diri, serta minimalkan risiko cedera dengan menggunakan alat-alat pelindung seperti knee pad dan sejenisnya.

Apabila Anda masih mengalami kram otot setelah berolahraga, berikan pijatan ringan atau tempelkan kompres hangat maupun dingin di bagian yang nyeri adalah tindakan pertolongan pertama yang bisa Anda terapkan. Menurut American Osteopathic Association (AOA) kompres hangat bisa diaplikasikan pada otot-otot yang kencang dan kompres dingin pada otot yang sakit atau lunak.

Mengoptimalkan manfaat pisang untuk mengatasi kram otot tentu boleh Anda lakukan. Namun jika kram otot tindak kunjung membaik, segera periksakan ke dokter. Kram otot yang menetap dan gejalanya tidak membaik meski sudah diobati bisa menjadi pertanda adanya suatu penyakit.

(NB/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓