Benarkah Bioglass Bisa Mengatasi Ketombe dengan Efektif?

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 14 Jul 2019, 16:00 WIB
Bioglass dinilai memiliki beragam manfaat sehat, salah satunya untuk mengatasi ketombe di kulit kepala. Bagaimana fakta medisnya?
Benarkah Bioglass Bisa Mengatasi Ketombe dengan Efektif? (Bio-Glass-MCI/Facebook)

Klikdokter.com, Jakarta Ada banyak informasi yang beredar soal bioglass. Salah satunya adalah bahwa bioglass memiliki manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk mengatasi ketombe.

Tidak dimungkiri, beberapa orang telah membuktikan sendiri manfaat bioglass untuk kesehatan. Namun, terkait manfaatnya untuk mengatasi ketombe, hal ini jelas perlu ditinjau dari sudut pandang medis.

Bioglass, materi apa itu?

Bioglass adalah formulasi material buatan pertama yang ditemukan oleh Larry Hench dan dapat berikatan dengan tulang. Berbeda dengan material lain yang biasanya akan dikelilingi oleh jaringan ikat fibrosa, bioglass dapat berikatan dengan tulang dan membentuk keramik bioaktif. Hal ini menyebabkan produk metabolitnya yang terlarut dapat menstimulasi sel pada tingkat genetik.

Bioglass sebenarnya sudah ditemukan sejak dahulu, yaitu lebih dari 50 tahun yang lalu. Namun, revolusi bioglass terus berlangsung dari waktu ke waktu. Mulai dari komposisi material yang semakin bervariasi dan berkembang, hingga daya tahan juga yang semakin lama. Penemuan ini merupakan salah satu hal besar di bidang kesehatan dan telah mengubah cara pandang dokter dan ilmuwaan mengenai konsep bioaktif. Penelitian lebih lanjut juga menemukan berbagai efek dan potensi bioglass itu sendiri.

Manfaat bioglass yang perlu Anda tahu

Bioglass pertama yang ditemukan dengan nama bioglass 45S5 telah digunakan secara luas dalam bidang ortopedi (tulang, jaringan ikat, dan otot). Formulasi ini telah digunakan untuk regenerasi tulang pada lebih dari 1,5 juta pasien dan terus bertambah dari hari ke hari.

Di bidang kedokteran, bioglass banyak dimanfaatkan untuk mempercepat proses penyembuhan luka kronis. Saking hebatnya formulasi yang satu ini, penggunaan bioglass juga merambah ke produk sehari-hari seperti pasta gigi, kosmetika, hingga pembersih rumah.

Bagaimana dengan manfaat bioglass untuk mengatasi ketombe? Terkait hal ini, Anda perlu tahu bahwa bioglass terdiri dari banyak varian jenis. Salah satu yang banyak digunakan pada produk kosmetika adalah varian bioglass yang mengandung komposisi mayor berupa silikon oksida. Bioglass jenis ini memiliki efek sebagai pengawet alami agar produk tidak rusak, dan mampu membersihkan kulit maupun rambut dari berbagai kotoran.

Tak berhenti di situ, beberapa jenis bioglass lain juga memiliki efek antibakteri, antivirus, antijamur, antiradang, dan menetralisir pH. Bahkan ada juga jenis bioglass yang memiliki kemampuan untuk melapisi permukaan tubuh, seperti rambut, kulit, kuku, dan gigi.

Karena memiliki sifat-sifat tersebut, bioglass sering dijadikan sebagai bahan tambahan sampo antiketombe. Bahkan, sampo antiketombe yang mengandung formulasi bioglass di dalamnya dituding mampu mengangkat ketombe dan memiliki efek antijamur, antibakteri serta mampu menetralkan pH kulit kepala.

Secara teoritis, bioglass memang mampu mendatangkan manfaat yang sangat menjanjikan apabila digunakan sebagai campuran formula produk kesehatan rambut. Sayang, pada pencarian literatur, uji klinis mengenai hal terkait masih belum ditemukan. Dengan kata lain, manfaat bioglass untuk mengatasi ketombe masih menuai tanda tanya besar. Ini karena penelitian yang membahas mengenai hal tersebut masih sangat terbatas, bahkan belum ada.

Kendati begitu, tak ada salahnya jika Anda ingin menggunakan sampo yang memiliki formula bioglass di dalamnya. Dengan ini, diharapkan bahwa sampo tersebut mampu mengatasi ketombe dan menjaga kesehatan kulit kepala dengan optimal. Apabila nantinya menemukan ketidakcocokan dalam penggunaan sampo yang mengandung bioglass, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

(NB/ RVS)