5 Makanan Terbaik untuk Otak Anda

Oleh dr. Alvin Nursalim, SpPD pada 15 Jul 2019, 11:00 WIB
Mengonsumsi makanan terbaik untuk otak dapat menunjang kinerja organ tersebut dan mengoptimalkan fungsi kognitif Anda.
5 Makanan Terbaik untuk Otak Anda (Nina Puankova/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tidak dimungkiri manusia akan mengalami penuaan. Seiring bertambahnya usia, maka fungsi dari berbagai organ – termasuk otak – juga akan ikut menurun. Tetapi, dengan mengonsumsi makanan terbaik untuk otak, organ ini bisa berfungsi lebih optimal.

Berbagai penurunan fungsi kognitif dapat dijumpai pada siapa saja yang memasuki fase lansia. Kondisi yang umumnya terjadi misalnya demensia.

Sumber nutrisi untuk otak sehat

Untuk mewujudkan kondisi otak yang sehat memang tidak mudah. Ada beragam langkah yang harus Anda tempuh. Menjalankan pola hidup sehat, konsumsi makanan bergizi, olahraga teratur dan stimulasi terus menerus merupakan beberapa kunci agar otak selalu sehat.

Untuk menjaga kesehatan otak, konsumsilah beberapa makanan berikut ini:

  1. Blueberry

Selain rasanya yang lezat, ternyata blueberry dapat memberikan manfaat untuk kesehatan otak Anda. Konsumsi buah ini secara rutin dapat melindungi otak dari stres oksidatif sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit Alzheimer atau demensia.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa diet kaya blueberry secara signifikan meningkatkan kapasitas belajar dan keterampilan motorik tikus yang menua. Selain itu juga membuat mereka secara mental setara dengan tikus yang jauh lebih muda.

  1. Ikan salmon

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk kesehatan otak. Salmon kaya akan asam lemak esensial omega-3, yang penting untuk fungsi otak dan baik untuk kesehatan pembuluh darah. Cara sehat untuk memasak salmon adalah dengan mengukus atau menumisnya.

Selain salmon, ikan lain yang memberikan manfaat omega-3 adalah sarden dan herring.

1 of 2

Selanjutnya

  1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Almond (Krasula/Shutterstock)
Almond (Krasula/Shutterstock)

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber vitamin E yang baik. Kadar vitamin E yang lebih tinggi berhubungan dengan fungsi kognitif yang lebih baik pada usia tua. Terdapat beberapa contoh kacang-kacangan yang dapat Anda konsumsi, seperti: kacang kenari, hazelnut, almond, kacang mede, kacang tanah, dan biji bunga matahari.

Namun, Anda perlu memperhatikan kandungan garam pada kacang kemasan yang banyak dijual di pasaran. Untuk mencegah asupan natrium yang terlalu tinggi, pilihlah kacang tawar tanpa tambahan garam. Sebab, asupan natrium yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah tinggi.

  1. Alpukat

Selain blueberry, alpukat juga dapat Anda pilih untuk menjaga kesehatan otak. Alpukat mengandung lemak sehat yang baik untuk kesehatan otak dan kesehatan pembuluh darah.

  1. Gandum

Gandum merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Mengonsumsi makanan sehat ini akan melancarkan aliran darah ke otak. Jadi, Anda dapat mengganti asupan karbohidrat dengan gandum untuk menunjang kesehatan otak dan pembuluh darah.

Kesehatan otak dan pembuluh darah perlu dijaga untuk memastikan tubuh tetap sehat meski telah memasuki masa tua. Perlu diingat bahwa makanan hanya merupakan salah satu faktor dalam menjaga kesehatan otak. Jadi, tetaplah berolahraga teratur dan beristirahat yang cukup demi kualitas hidup yang lebih baik.

Jadi, sudahkah Anda mengonsumsi makanan terbaik untuk otak? Sebisa mungkin Anda perlu mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi, tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi juga bermanfaat bagi otak. Dengan mengonsumsi makanan sehat bernutrisi fungsi kognitif dan kesehatan otak Anda bisa terjaga dan tetap cemerlang hingga usia tua.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓