Tips Tetap Segar Meski Sedang Bed Rest

Oleh Ayu Maharani pada 16 Jul 2019, 13:00 WIB
Meski disarankan bed rest selama beberapa hari, jangan sampai tubuh Anda lemas! Lakukan tips ini agar tetap segar meski sedang bed rest.
Tips Tetap Segar Meski Sedang Bed Rest (Mongkol Thapanakriengkrai/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Disarankan untuk bed rest atau tirah baring selama beberapa hari memang membuat jenuh. Pasalnya, Anda tak diperbolehkan turun dari tempat tidur hingga kondisi tubuh benar-benar pulih. Bagi sebagian orang bed rest dalam waktu lamabaik karena hamil ataupun penyakit lain – cenderung membuat Anda lemas dan mengalami kenaikan berat badan.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, bed rest dilakukan untuk memperbanyak waktu istirahat dan mengurangi aktivitas harian yang selama ini rutin dilakukan. Saat bed rest, Anda akan diminta istirahat total di atas tempat tidur selama beberapa waktu, kecuali untuk mandi dan buang air.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat Anda diminta bed rest oleh dokter. Berikut di bawah ini adalah beberapa di antaranya:

  • Lakukan beberapa peregangan ringan yang dianjurkan dokter

Istirahat di tempat tidur dalam waktu yang relatif lama memang dapat membuat tubuh menjadi lemas. Namun, dengan melakukan beberapa peregangan ringan di tempat tidur, hal itu dapat mengusir pegal-pegal otot serta meningkatkan kebugaran tubuh.

Namun, khusus ibu hamil, pastikan bahwa peregangan yang dilakukan sudah mendapatkan persetujuan dari dokter terlebih dulu, ya! Sebab, dikhawatirkan peregangan yang dilakukan di area perut justru dapat membuat masalah baru yang membahayakan.

Menurut Tony Carvajal, seorang pelatih CrossFit tersertifikasi dan atlet RSP Nutrition, cobalah berikan peregangan di bagian kaki, paha depan, dan paha belakang. Berikan gerakan seperti memeras (lakukan gerakan dengan kuat) di bagian-bagian tadi selama 5-10 detik, lalu relakskan. Tiap bagian, lakukan ulangi 10-15 kali.

Beberapa latihan ringan lainnya yang dapat Anda praktikkan adalah memutar bahu, memutar leher, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan. Dikatakan oleh dr. Dyah Novita, gerakan memutar tangan dan kaki dilakukan untuk melancarkan sirkulasi darah dan mencegah penggumpalan darah.

1 of 2

Selanjutnya

  • Membaca, menulis, atau merajut di tempat tidur

Sebenarnya, penyebab naiknya berat badan pasca bed rest bukan cuma karena Anda kurang gerak. Dilansir dari Verywell Family, kerap kali orang yang bed rest tidak bisa membedakan mana yang rasa lapar sungguhan dan mana rasa lapar yang disebabkan oleh rasa bosan.

Maka, ketimbang melakukan kegiatan lain yang sebenarnya masih bisa dilakukan di tempat tidur, Anda justru makan, makan, dan makan. Nah, daripada sibuk makan, buat diri Anda lebih produktif dengan kegiatan yang bisa dilakukan di tempat tidur. Misalnya saja membaca, menulis cerita, atau merajut.

Biasanya jika otak difungsikan dengan baik, rasa bosan tidak akan muncul. Rasa lapar bohongan pun tak akan timbul. 

  • Perhatikan asupan kalori agar Anda badan tidak lemas

Saat bed rest biasanya Anda tidak akan melakukan banyak pergerakan atau aktivitas. Oleh karena itu ada baiknya Anda mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Makan terlalu banyak saat bed rest bisa membuat Anda cepat mengantuk, lemas, dan akhirnya bikin berat badan naik. Anda tentu tidak ingin bobot Anda meningkat karena harus tirah baring, bukan?

Meski demikian, perhitungan kalori yang dilakukan juga harus tepat. Pasalnya, khusus untuk ibu hamil, dia masih harus memberi makan janin yang dikandung. Oleh karena itu sebaiknya konsultasikan kepada ahli gizi mengenai asupan nutrisi yang diperlukan saat bed rest.

  • Jangan lupa harus sering ubah posisi

Bagi ibu hamil, tidurlah dalam posisi ternyaman agar Anda terhindar dari gangguan nyeri otot dan sendi.

“Caranya, berbaring miring dengan meletakkan bantal di bawah perut, belakang pinggang, dan di antara lutut. Jangan lupa untuk mengubah posisi setiap 30 menit untuk mencegah tekanan di bagian tubuh tertentu,” kata dr. Dyah. 

  • Manjakan diri dengan memanggil jasa perawatan kecantikan

Bagi wanita yang sedang sakit tapi tidak sedang hamil sehingga boleh memakai produk kecantikan, panggillah petugas jasa yang dapat melakukan perawatan kecantikan. Seperti creambath, hair mask, pedikur menikur, pijat minyak aromaterapi, hingga facial.

Lama berbaring di tempat tidur kadang membuat penampilan cenderung kusam dan rambut kusut. Jika keadaannya memungkinkan, sah-sah saja Anda menjalani perawatan kecantikan di tempat tidur. 

Ketika Anda disarankan bed rest oleh dokter, lebih baik patuhi anjuran tersebut agar kondisi Anda cepat membaik. Namun, tetaplah melakukan beberapa peregangan serta aktivitas ringan agar tubuh tetap segar meski sedang bed rest. Apabila Anda memang memerlukan bantuan orang lain, jangan segan untuk meminta pertolongan.

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓