Manfaat Latihan Aerobik untuk Kesehatan

Oleh dr. Alvin Nursalim, SpPD pada 16 Jul 2019, 14:40 WIB
Olahraga aerobik menyimpan segudang kebaikan untuk tubuh Anda. Yuk, lihat apa saja manfaat latihan aerobik bagi kesehatan.
Manfaat Latihan Aerobik untuk Kesehatan (fizkes/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Pastinya Anda sudah tahu bahwa olahraga baik untuk kesehatan, bukan? Salah satu jenis olahraga yang disarankan adalah aerobik. Manfaat latihan aerobik antara lain bermanfaat untuk merangsang denyut jantung agar meningkat selama sesi olahraga. Jenis olahraga ini juga melatih kinerja organ jantung dan pernapasan.

Latihan aerobik yang juga dikenal dengan latihan kardio contohnya adalah joging, berenang dan bersepeda. Jika Anda secara rutin melakukan olahraga ini, ada banyak manfaat sehat yang bisa Anda petik.

Manfaat aerobik

Latihan aerobik memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Dengan melakukannya secara teratur, kondisi fisik Anda akan selalu bugar. Daya tahan tubuh pun meningkat.

Berikut beberapa manfaat latihan aerobik yang bisa Anda peroleh:

1. Menjaga berat badan tetap terkontrol

Jika Anda tipe orang yang mudah mengalami kenaikan berat badan, maka lakukan latihan aerobik. Jika dikombinasikan dengan diet yang sehat, olahraga ini sangat efektif untuk membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

2. Meningkatkan stamina, kebugaran, dan kekuatan

Jika Anda tidak terbiasa berolahraga, maka Anda mungkin merasa lelah ketika pertama kali memulai latihan aerobik. Namun, jika olahraga aerobik dilakukan dalam jangka panjang, stamina akan meningkat dan Anda tidak akan mudah lelah. Sebab, selama olahraga aerobik, Anda melatih kinerja otot jantung dan mengatur pernapasan agar dapat bekerja dengan lebih baik.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Latihan aerobik dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh Anda. Dengan kekebalan tubuh yang lebih baik, maka Anda pun kebal terhadap berbagai penyakit, misalnya infeksi tenggorokan oleh rhinovirus yang umum terjadi.

4. Mengurangi risiko diabetes

Dengan latihan aerobik, Anda dapat menurunkan risiko penyakit diabetes. Selain itu, latihan aerobik juga dapat membantu dalam mempertahankan gula darah bagi penderita diabetes.

Hal ini disebabkan adanya peningkatan penggunaan gula oleh otot saat berolahraga, jadi gula darah akan turun. Selain diabetes, olahraga teratur juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke dan tekanan darah tinggi.

5. Menjaga ketajaman berpikir

Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu melindungi daya ingat, penalaran, dan kemampuan berpikir. Latihan aerobik teratur juga dapat mencegah timbulnya demensia dan meningkatkan kemampuan kognitif pada orang tua.

Bahkan World Health Organization (WHO) merekomendasikan bahwa individu berusia 65 tahun ke atas melakukan latihan aerobik intensitas sedang selama 150 menit setiap minggu atau latihan aerobik intensitas tinggi selama 75 menit/ minggu.

Hal ini untuk menurunkan risiko terjadinya demensia pada orang tua. Latihan aerobik tidak hanya baik untuk orang tua, tapi juga dapat meningkatkan fungsi kognitif pada anak-anak dan remaja.

6. Meningkatkan mood

Latihan aerobik dapat mengurangi kecemasan, dan meningkatkan relaksasi. Bila dilakukan secara teratur juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Anda juga dapat melakukan latihan aerobik secara berkelompok untuk membantu meningkatkan mood selama berolahraga.

7. Umur yang lebih panjang

Latihan aerobik dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit. Hasilnya jika dilakukan secara rutin, latihan ini bisa membuat Anda memiliki umur yang lebih panjang.

Manfaat latihan aerobik bagi kesehatan sangat beragam. Dengan melakukan olahraga ini secara teratur, Anda dan keluarga bisa mencapai tingkat kesehatan yang optimal.

[NP/ RVS]