6 Camilan Terbaik Setelah Olahraga

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 17 Jul 2019, 11:30 WIB
Siapa bilang tidak boleh ngemil setelah olahraga. Ada deretan camilan terbaik yang bisa Anda santap setelah olahraga.
6 Camilan Terbaik setelah Olahraga (Melana Lettering/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu dilema setelah melakukan olahraga adalah boleh makan atau tidak. Ketika Anda makan setelah olahraga, biasanya akan muncul perasaan menyesal karena terasa sia-sia olahraganya. Namun ada beberapa camilan yang baik dikonsumsi setelah olahraga.

Meskipun makan setelah Anda berolahraga sepertinya menghapus semua kerja keras Anda, para ahli menyarankan bahwa tubuh sebenarnya perlu makanan setelah aktivitas fisik.

"Makan dan minum setelah olahraga sangat penting untuk mengembalikan energi dan mereparasi otot yang mungkin rusak saat Anda berolahraga, terlebih lagi jika Anda tidak makan sebelum berolahraga," ujar dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter.

Jadi, makan setelah olahraga sebenarnya disarankan. Namun yang perlu menjadi perhatian adalah jenis makanan yang dikonsumsi setelah olahraga.

Camilan terbaik setelah olahraga

Pilihan makanan atau minuman setelah olahraga perlu diperhatikan masak-masak. Jangan pilih makanan yang berlemak seperti gorengan.

Menurut dr. Karin jika memungkinkan, Anda disarankan untuk segera mengonsumsi protein dan karbohidrat dalam 30 menit setelah olahraga. Ini misalnya susu cokelat atau susu protein khusus olahraga.

“Tapi jika sulit, setidaknya Anda sudah melakukan hal tersebut dalam 2 jam setelah berolahraga," kata dr. Karin.

Berikut beberapa jenis camilan yang baik dikonsumsi setelah olahraga:

  1. Telur dan roti panggang

Telur dan roti panggang sangat identik dengan sarapan. Namun makanan ini ternyata bisa jadi camilan sehat setelah olahraga. Menurut Kelly Jones, ahli diet olahraga yang berbasis di Philadelphia, telur dan roti panggang merupakan kombinasi karbohidrat dan protein yang baik untuk dikonsumsi setelah olahraga.

  1. Smoothie cokelat dengan campuran buah ceri

Smoothie cokelat dengan campuran buah ceri adalah minuman yang tepat setelah olahraga berat. Menurut Dr. Candice Seti, seorang ahli nutrisi, segelas jus ceri dapat mempersenjatai tubuh Anda dengan antioksidan yang menangkal kerusakan otot. Jika Anda biasa minum jus ceri setiap hari, Anda akan jarang mengalami nyeri otot dan kehilangan kekuatan minimal setelah rutinitas latihan ketahanan.

  1. Teh hijau

Teh hijau juga merupakan camilan yang bagus setelah berolahraga. “Teh hijau tidak hanya ramuan ajaib Anda untuk membakar lemak dan melawan senyawa radikal bebas, tetapi juga merupakan penguat energi yang hebat,” ujar Dr. Seti.

Teh ini juga bagus untuk menangkal radikal bebas dan juga menghindarkan Anda dari beberapa penyakit berbahaya.

1 of 2

Selanjutnya

  1. Ubi

Ubi (Akepong Srichaichana/Shutterstock)
Ubi (Akepong Srichaichana/Shutterstock)

Ubi jalar bisa menjadi camilan sehat untuk membantu tubuh kembali pulih setelah latihan yang berat atau olahraga kardio. Daripada makan gula sederhana seperti permen, cobalah konsumsi ubi, yang mengandung karbohidrat.

“Karbohidrat sehat, seperti ubi, membantu mengisi bahan bakar tubuh Anda setelah latihan yang melelahkan. Jika Anda tidak mengisi bahan bakar, Anda mungkin merasa lelah ketika sesi latihan berikutnya tiba," ungkap Dr. Seti.

  1. Yoghurt Yunani dengan buah beri

Yogurt Yunani atau Greek yoghurt dengan buah beri mungkin tampak seperti pilihan sederhana untuk camilan usai latihan Anda. Akan tetapi, manfaat camilan ini sangat besar.

"Yoghurt Yunani adalah sumber protein yang hebat. Jenis yoghurt ini akan menyelinap dengan lancar ke tenggorokan Anda dan membantu proses rehabilitasi otot. Sementara, buah beri adalah jenis buah yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, mengatur hormon, dan melawan sel kanker," ujar Dr. Chrissy Carol, ahli diet dari Amerika Serikat kepada Reader's Digest.

  1. Protein shake

Anda bisa mengonsumsi protein shake setelah olahraga. Campurkan protein bubuk rasa cokelat dengan setengah pisang, satu sendok makan mentega alami, dan satu cangkir kacang almond manis.

Ramuan ini mengandung sekitar 30 gram protein, yang merupakan jumlah maksimum yang dapat diserap tubuh Anda per makanan. Setelah olahraga yang intens, jumlah protein ini sangat ideal untuk memulihkan otot Anda.

Nah, itulah deretan camilan yang bisa Anda santap setelah olahraga, baik olahraga dengan intensitas ringan sampai berat. Jika camilan yang Anda konsumsi tergolong sebagai asupan sehat, tidak perlu  takut olahraga Anda jadi sia-sia. Meski demikian, konsumsilah dalam porsi yang tidak berlebihan.

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓