Tips Cepat Tidur Meski di Tengah Liburan

Oleh dr. Nabila Viera Yovita pada 17 Jul 2019, 13:20 WIB
Saat liburan Anda cenderung sulit tidur karena asyik berkumpul dengan teman atau keluarga. Ikuti kiat ini agar tidur tetap berkualitas.
Tips Cepat Tidur Meski di Tengah Liburan (Fizkes/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tidur merupakan salah satu penunjang kesehatan yang paling penting. Dengan kualitas tidur yang baik, tubuh dapat beristirahat dan kembali bekerja sesuai fungsinya. Namun, liburan yang kerap jadi momen berkumpul bersama teman dan keluarga pun berisiko mengganggu jadwal tidur Anda.

Padahal, dengan tidur malam yang cukup, berat badan maupun nafsu makan Anda akan tetap terjaga dengan baik. Idealnya, untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, seharusnya Anda tidur pada waktu da durasi yang sama setiap malamnya.

Atasi dengan tips berikut ini

Ketika sedang berlibur atau bepergian karena kegiatan lain, sering kali rutinitas tidur ini terganggu dengan acara kumpul-kumpul. Jika tidur lebih malam dari biasanya, terdapat beberapa tips yang dapat membantu Anda tertidur dan mendapatkan kualitas tidur yang prima.

1. Jangan tidur siang terlalu lama

Tidur di sofa pada siang hari setelah makan besar sangatlah menggoda. Hal ini yang kerap dilakukan saat liburan. Namun, jika Anda tidur terlalu lama, di malam harinya Anda akan sulit tertidur, bahkan berisiko mengalami insomnia.

Lebih baik batasi tidur siang selama 20 menit saja, dan jadwalkan pada rentang pukul 2 atau 3 sore, yang tidak akan memengaruhi waktu tidur malam Anda.

2. Lakukan ritual relaksasi sebelum tidur

Setelah hari yang padat, penting untuk membuat tubuh Anda santai dan relaks sebelum tidur. Lakukan aktivitas yang menenangkan seperti mendengarkan musik yang tenang, mandi air hangat, atau apapun yang Anda rasa dapat mempercepat rasa kantuk.

Selain itu, redupkan lampu dan matikan seluruh perangkat elektronik termasuk televisi. Karena cahaya biru yang dipancarkan akan membuat Anda semakin sulit tidur.

3. Hindari makanan dan minuman tertentu malam hari

Perhatikan kesehatan lambung Anda. Batasi makanan dan minuman yang memicu asam lambung naik ke kerongkongan dan membangunkan Anda, seperti makanan berlemak, pedas, atau berminyak. Hindari juga jenis minuma yang mengandung alkohol, kafein, dan nikotin.

Satu kali minuman alkohol saja sebelum waktu tidur dapat mengganggu kualitas tidur di malam hari. Hindari ketiga jenis minuman tersebut selama 4 hingga 6 jam sebelum tidur.

Namun tidur dalam kondisi perut lapar pun bisa membuat Anda sulit tidur. Jadi pintar-pintarlah memilih asupan.

4. Jangan mematikan atau menunda alarm di pagi hari

Jika tidak cukup tidur di malam sebelumnya, tahanlah godaan untuk memencet tombol snooze atau menunda alarm Anda. Beberapa menit ekstra di kasur tidaklah dapat mengembalikan energi Anda. Justru, bangun saat alarm berbunyi dapat membantu Anda kembali ke rutinitas tidur seperti biasanya.

5. Buatlah suasana kamar tidur yang nyaman

Kamar yang tenang, sejuk, dan gelap dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Penyumbat telinga juga dapat digunakan jika Anda tinggal di area yang bising seperti jalan raya, atau dekat dengan bandara.

Selain itu, pasanglah gorden untuk mencegah masuknya cahaya ke dalam kamar. Matras dan bantal juga bisa Anda siapkan untuk membuat tidur lebih nyaman. Tapi ingat, gantilah matras setiap 5 hingga 7 tahun, dan untuk bantal sebaiknya diganti setiap tahun.

Jika Anda tidur dengan pasangan, pastikan bahwa matras cukup besar agar tidak ada yang merasa kesempitan.

6. Hindari sering memperhatikan jam

Sering memperhatikan jam ketika sulit tertidur justru akan menambah kecemasan dan semakin menghambat Anda untuk terkantuk. Jam dinding maupun beker di kamar sebaiknya tidak menghadap ke kasur agar Anda tidak tergoda untuk memperhatikan waktu selama Anda berusaha untuk tidur.

Jika 20 menit sudah berlalu dan Anda masih belum terlelap, beranjaklah dari kasur dan lakukan sesuatu yang menenangkan hingga rasa kantuk  Anda datang kembali.

Memang sulit bagi sebagian orang untuk tidur di suasana yang asing, misalnya di musim liburan atau saat jauh dari rumah. Jika Anda mengalaminya, cobalah berbagai tips di atas dan tetap lakukan ritual sebelum tidur seperti biasa yang bisa membuat Anda merasa tenang serta relaks. Dengan begitu, Anda bisa mengantuk, lebih mudah tertidur nyenyak sehingga mendapatkan tidur yang berkualitas.

[NP/ RVS]