6 Manfaat Sayur Kol yang Perlu Anda Coba

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc pada 17 Jul 2019, 13:40 WIB
Manfaat sayur kol untuk menunjang kesehatan tubuh tidak bisa Anda remehkan. Apa saja manfaat sayuran ini?
6 Manfaat Sayur Kol yang Perlu Anda Coba (Showcake/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Segudang manfaat sayur kol bisa Anda dapatkan jika Anda menyertakannya dalam menu makanan Anda. Kol adalah salah satu jenis sayuran yang sangat sehat. Selain memberikan sensasi segar saat dikonsumsi, sayur kol juga merupakan sumber gizi yang sangat baik sehingga mampu menunjang kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, sayur kol juga dikenal mengandung komponen nabati yang unik dan dikenal dapat menurunkan risiko beberapa jenis penyakit. Bahkan, sayuran yang satu ini juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan, lho.

Secara spesifik, berikut adalah beragam manfaat yang bisa Anda rasakan apabila hobi mengonsumsi sayur kol:

  1. Kebutuhan gizi terpenuhi

Profil zat gizi yang terkandung pada sayuran kol cukup memukau. Sayuran berwarna putih ini dikenal memiliki jumlah kalori yang sangat rendah, dengan jumlah vitamin yang sangat tinggi. Bahkan, sayur kol mengandung hampir setiap vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Menyehatkan saluran cerna

Sayur kol mengandung jumlah serat relatif tinggi, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Serat merupakan salah satu kebutuhan gizi yang wajib dipenuhi, karena memberikan asupan bagi bakteri sehat di dalam usus yang bertugas membantu menurunkan peradangan dan mendukung kesehatan saluran cerna.

  1. Menangkal radikal bebas

Sayur kol adalah salah satu sumber antioksidan yang baik. Apabila dikonsumsi pada jumlah tepat setiap hari, kol dapat dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang berbahaya.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Kol memiliki berbagai sifat yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Sayur yang satu ini memiliki jumlah kalori yang rendah, karenanya dapat digunakan sebagai substitusi dari makanan berkalori tinggi seperti nasi dan tepung.

Selain itu, karena mengandung serat dalam jumlah yang tinggi, kol juga dapat memperlambat proses pencernaan dan membuat Anda kenyang lebih lama. Hal ini kemudian membuat Anda mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang lebih sedikit.

  1. Sistem saraf lebih sehat

Sayur kol merupakan salah satu sumber choline (kolin) yang baik. Kolin itu sendiri memiliki beberapa peran penting pada tubuh, termasuk mempertahankan integritas membran sel, menyusun deoxyribonucleic acid (DNA) alias materi genetik tubuh, dan mendukung metabolisme.

Tak hanya itu, kolin dalam sayur kol juga terlibat pada perkembangan otak yang penting untuk menjunjung sistem persarafan yang sehat.

  1. Mencegah penyakit mematikan

Kol mengandung sulforaphane, yaitu sejenis antioksidan yang memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Sulforaphane diduga memiliki banyak manfaat dalam menurunkan risiko terjadinya kanker, penyakit jantung dan diabetes.

Untuk mendapatkan manfaat sayur kol, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, menyajikan dengan cara direbus atau dicampur pada sup, salad, tumis maupun sajian lainnya.

Satu hal yang perlu diingat, hindari mengonsumsi sayur kol berlebihan. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Jadi, untuk mendapatkan segala manfaat yang ada pada sayur kol, Anda tetap mesti membatasi porsinya agar nutrisi yang Anda dapatkan bisa optimal.

(NB/ RVS)