Seberapa Efektif Wortel untuk Kesehatan Mata?

Oleh Tamara Anastasia pada 17 Jul 2019, 14:40 WIB
Pamor wortel sebagai sayuran sehat untuk mata sudah tak diragukan. Namun, seberapa efektifkah wortel untuk kesehatan mata?
Seberapa Efektif Wortel untuk Kesehatan Mata? (Claudiu-Paizan/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sejak lama, wortel sudah tersohor sebagai sayuran bernutrisi yang baik untuk mata. Ya, kandungan vitamin A dalam wortel yang tinggi memang ampuh untuk kesehatan mata.

Tak jarang juga Anda dengar, orang tua menyuruh anak untuk makan banyak wortel agar matanya tetap sehat. Namun, seberapa efektifkah manfaat wortel untuk mata Anda?

Wortel untuk mata Anda

Wortel atau dalam bahasa Latin disebut Daucus Carota L adalah sayuran umbi yang dikonsumsi hampir di seluruh dunia. Sejak lama, sayuran berwarna oranye ini diyakini dapat meningkatkan kesehatan mata dan penglihatan terutama di malam hari.

Hal ini pun dibenarkan oleh dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter. “Memang wortel itu banyak mengandung vitamin A. Seperti Anda tahu, vitamin A itu penting untuk kesehatan mata. Jadi bisa membantu sel retina untuk melihat lebih jelas, baik siang maupun malam hari,” dia menjelaskan. 

Dikutip dari laman Healthline, selain kaya vitamin A, wortel juga memiliki kandungan beta karoten (antioksidan) yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan mata dan mencegah kerusakan indera penglihatan akibat radikal bebas.

Radikal bebas adalah senyawa yang dapat menyebabkan kerusakan sel, penuaan dini, dan penyakit kronis - termasuk penyakit mata - ketika jumlahnya menjadi terlalu tinggi.

Vitamin A dan beta karoten diperlukan untuk membentuk rhodopsin, pigmen kemerahan ungu pada sel-sel mata. Pigmen ini berfungsi membantu Anda melihat di malam hari. 

Nutrisi dalam wortel 

Selain mengandung vitamin A dan beta karoten yang tinggi, wortel juga memiliki kandungan lainnya yang baik dan sehat untuk tubuh. Apa saja? 

  • Karotenoid

Karotenoid yang berasal dari wortel, merupakan cikal bakal vitamin A. Di dalam tubuh, karotenoid akan mengalami metabolisme oleh hati untuk membentuk zat warna di retina mata. Zat ini berperan besar untuk penglihatan dalam kondisi gelap.

Selain untuk mata, menurut dr. Melyarna Putri dari KlikDokter, karotenoid juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko penyakit. Seperti kanker, stroke, jantung, dan osteopororsis.

1 of 2

Selanjutnya

  • Polifenol

Polifenol bersifat antioksian, antimutasi, dan antitumor bagi tubuh manusia. Karena sifatnya itu, polifenol berfungsi untuk melawan radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh. Radikal bebas dapat mencetuskan adanya peradangan, mutasi, dan perkembangan abnormal dari sel. Bila tidak ada antioksidan, mekanisme itu akan berkembang menjadi penyakit.

  • Serat 

Serat berperan penting dalam mencegah berbagai macam penyakit masuk ke dalam tubuh. Konsumsi serat juga dapat membantu kadar gula darah supaya tidak melonjak tinggi. Tidak hanya itu, serat juga mencegah sembelit serta mengurangi risiko kanker usus besar. 

Manfaat wortel lainnya

Ketika ditanya apa manfaat wortel bagi kesehatan, mayoritas dari Anda mungkin akan menjawab untuk kesehatan mata. Padahal, wortel masih punya banyak manfaat lain untuk tubuh manusia, antara lain: 

1. Menetralkan asam dalam darah

Mengonsumsi wortel dengan rutin dapat membantu menetralkan asam dalam darah dan menghilangkan toksin dalam tubuh. Adanya kandungan kalium pada wortel sangat baik dikonsumsi mentah atau matang.

2. Mengurangi risiko kanker

Makanan kaya serat seperti wortel dapat membantu melindungi Anda dari kanker usus besar dengan meningkatkan sistem pencernaan. Plus, antioksidan tertentu dalam wortel telah terbukti memiliki efek antikanker. 

3. Menetralkan gula darah

Wortel memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini artinya, wortel tidak menyebabkan lonjakan besar gula darah ketika Anda memakannya. Kandungan seratnya juga membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga mencegah Anda dari penyakit diabetes. 

4. Baik untuk jantung

“Sayuran dan buah yang berwarna oranye memiliki kandungan antioksidan dan likopen yang tinggi. Karena itu, buah jenis ini baik untuk kesehatan jantung manusia. Salah satunya wortel, ” ujar dr. Karin. 

5. Melindungi kulit 

Meskipun tidak seefektif tabir surya, antioksidan beta karoten dan likopen pada wortel juga dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. 

Jadi, seberapa efektif wortel untuk kesehatan mata Anda? Jawabannya adalah sangat efektif. Dengan sederet kandungan nutrisi dan antioksidan di atas, tidak heran wortel adalah asupan penting untuk mata Anda. Untuk penyajiannya, Anda bisa memasak dan merebus wortel dengan semangkuk sup sayur. Anda juga bisa membuat jus wortel segar yang diminum sebelum beraktivitas. 

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓