Agar Wajah Tak Cepat Menua seperti di FaceApp, Ini 6 Solusinya

Oleh Ayu Maharani pada 19 Jul 2019, 16:15 WIB
Netizen ramai-ramai mengunggah foto mereka tampak tua. Untung cuma karena aplikasi FaceApp! Agar wajah tak cepat menua, ini solusinya.
Agar Wajah Tak Cepat Menua seperti di FaceApp, Ini 6 Solusinya (Foto: @bclsinclair/Instagram)

Klikdokter.com, Jakarta Beberapa hari belakangan, media sosial dipenuhi foto-foto yang tampak tua berkat edit-an aplikasi FaceApp. Untung cuma karena aplikasi, bukan tiba-tiba wajah penuh keriput. Agar wajah tak cepat menua seperti hasil salah satu filter aplikasi tersebut, ada solusi jitunya, lho!

Meski mengunggah foto dengan wajah puluhan tahun lebih tua sekadar lucu-lucaan, tetapi kondisi kulit kendur dan keriput akibat penuaan diri tanpa disadari bisa Anda alami. Keadaan ini bahkan bisa terjadi dalam waktu cepat.

Supaya wajah tampak sehat dan awet muda, daripada sibuk cari filter lewat aplikasi foto yang seliweran, lebih baik aplikasikan tips berikut:

  1. Selalu cukupi waktu tidur

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, kurang tidur akan membuat kulit kering atau berjerawat. Selain itu, kebiasaan buruk ini juga dapat menyebabkan timbulnya lingkaran hitam di bawah mata alias mata panda.

“Untuk mencegahnya, pastikan Anda mendapatkan cukup tidur paling tidak 8 jam setiap harinya,” katanya.

  1. Jangan merokok dan hindari asapnya

Bukan cuma bikin kesehatan paru-paru menurun, rokok juga dapat menyebabkan penuaan dini. Racun-racun di dalamnya dapat membuat kulit mudah keriput, kering, tampak kusam, dan hilang elastisitasnya.

Tidak merokok tetapi selalu berkumpul dengan para perokok aktif? Sama saja! Asapnya akan membuat kulit bermasalah, sehingga mempercepat penuaan.

  1. Jangan terlalu sering mengernyitkan wajah

Terlalu sering mengernyitkan wajah, misalnya saat sedang serius atau menyipitkan mata untuk bisa melihat dengan jelas atau karena silau, juga bisa mempercepat timbulnya kerutan. Memang ini adalah bentuk refleks yang sering tidak disadari. Jika kebiasaan ini akibat penglihatan yang sudah menurun, sebaiknya periksakan diri ke dokter mata. Kalau beraktivitas di luar ruangan saat cuaca terik, gunakan pelindung seperti payung atau kacamata.

  1. Lindungi diri dari paparan sinar matahari langsung

Radiasi ultraviolet dari sinar matahari dapat menembus ke bawah kulit dan menimbulkan kerusakan pada kolagen. Hal tersebut lantas mempercepat proses penuaan pada kulit.

Saat beraktivitas di luar ruangan, lindungi kulit dengan cara memakai payung atau topi atau memakai cardigan. Gunakan pula tabir surya dengan SPF minimal 30, gunakan ulang tiap 2 jam.

  1. Pakai skin care yang sesuai dengan kondisi kulit

Kulit yang dirawat tentunya akan lebih menawan dan sehat. Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit setiap hari. Sebelum memulai ritual kecantikan, bersihkan wajah terlebih dulu dengan produk pembersih yang lembut untuk kulit. Selanjutnya oleskan tabir surya lalu pelembap.

  1. Kurangi asupan gula

Ada hasil penelitian yang menyebutkan bahwa pola makan yang tinggi gula dan karbohidrat dapat mempercepat proses penuaan di kulit.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, makanan atau minuman yang banyak mengandung gula dapat mempercepat terjadinya kerutan pada wajah. Gula di dalam makanan akan membentuk advanced glycation end products (AGE) di dalam tubuh.

“AGE yang terakumulasi dapat merusak berbagai protein dalam tubuh, seperti kolagen dan elastin. Padahal, keduanya berfungsi untuk menjaga agar kulit tetap kenyal, elastis, dan tampak muda,” tutur dr. Nadia.

Perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran segar yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat penuaan dini. Hal ini terkait dengan kandungan antioksidannya.

Nah, supaya wajah tak cepat menua seperti hasil filter aplikasi FaceApp yang sekarang sedang wara-wiri di media sosial, lakukan enam solusi di atas. Kalau wajah tampak tua akibat filter, sih, masih lucu. Tapi kalau sampai benar-benar mengalami penuaan dini yang  bikin kulit wajah 10 tahun lebih tua, sayang sekali!

(RN/ RVS)