5 Hobi Ini Bikin Anda Tambah Sehat

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 21 Jul 2019, 13:00 WIB
Apa hobi Anda? Coba cek daftar hobi di bawah ini. Sebab, beberapa hobi bisa membuat Anda tambah sehat.
5 Hobi Ini Bikin Anda Tambah Sehat (Flamingo-Images/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kebanyakan orang melakukan hobi demi kepuasan pribadi saja. Nyatanya, memiliki hobi tertentu ternyata bisa membuat Anda tambah sehat.

Namun tentu saja bukan hobi yang bersifat pasif yang bikin Anda jadi malas bergerak ya. Lalu, apa saja hobi yang bikin Anda tambah sehat itu?

Jenis hobi yang membuat Anda tambah sehat

Ada beragam jenis hobi yang bisa Anda tekuni. Sebagian dari Anda mungkin ada yang gemar fotografi, traveling, atau melukis pemandangan.

Tidak ada yang salah dengan hobi-hobi tersebut. Akan tetapi, bila Anda memiliki hobi kegiatan-kegiatan di bawah ini, berbahagialah! Beragam aktivitas ini bisa bikin tubuh Anda makin sehat.

1. Menari

Menari memiliki banyak manfaat kesehatan. Aktivitas gerakan mengikuti alunan musik itu termasuk ke dalam latihan kardio yang sangat baik. Seperti Anda tahu, latihan kardio membantu meningkatkan kesehatan jantung, menaikkan stamina, serta memperkuat tulang dan otot.

Sebuah penelitian yang dilakukan Cochrane pada 2011, mengkaji 94 studi yang melibatkan 9.917 peserta. Mereka menemukan bahwa menari setidaknya tiga kali seminggu dapat meningkatkan keseimbangan pada lansia.

Menari juga baik untuk kesehatan otak. Sebuah studi di New England Journal of Medicine melaporkan hubungan antara kunjungan dansa reguler dengan pengurangan risiko demensia hingga 76 persen.

2. Berkebun

Berkebun mungkin awalnya tidak tampak seperti olahraga. Namun, penelitian melaporkan bahwa banyak manfaat kesehatan yang tak terduga dari aktivitas berkebun.

Pertama, tindakan sederhana, seperti menarik gulma, menanam, dan meraih alat semuanya terkait dengan latihan aerobik yang halus. Ini sekaligus melatih otot dan meningkatkan kekuatan, stamina, dan fleksibilitas Anda.

Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc dari KlikDokter, “Kekuatan, fleksibilitas, dan koordinasi tangan merupakan hal yang penting saat beraktivitas sehari-hari, seperti menggendong anak, membuka toples, dan memotong cabai. Nah, berkebun merupakan kegiatan yang tepat untuk melatih keterampilan otot dan motorik halus itu.”

Selain itu, berkebun menuntut Anda berada di luar rumah. Berada di luar rumah berarti Anda akan lebih banyak terkena guyuran sinar matahari. Sebuah studi pada 2014 yang diterbitkan PLOS One menemukan bahwa berkebun teratur mengurangi kemungkinan kekurangan vitamin D pada orang tua.

3. Menulis

Menulis telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan mental dan fisik, termasuk perbaikan dalam memori, tingkat stres, dan tidur.

Beberapa penelitian bahkan telah menemukan bahwa menulis pengalaman sendiri membantu pasien kanker berdamai dengan penyakit mereka. Aktivitas menulis juga membantu pasien menahan stres dan berpotensi berkontribusi pada peningkatan fisik.

4. Bermain dan mendengarkan musik

Bermain dan mendengarkan musik juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik. Pada 2013, Medical News Today melaporkan ulasan tentang makalah penelitian yang mempelajari pengaruh musik pada neurokimia.

Ulasan itu menyebut bahwa musik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tingkat stres, kecemasan, dan mengurangi depresi. Bagi pasien yang menunggu operasi, mendengarkan musik ditemukan lebih efektif dalam mengurangi kecemasan daripada obat resep. Mendengar dan bermain musik juga membuat Anda lebih sedikit menghasilkan hormon kortisol, yakni hormon stres.

5. Punya hewan peliharaan

Memiliki hobi memelihara hewan baik bagi kesehatan. Hewan peliharaan dapat menjadi sahabat yang baik, dan  membantu Anda menjadi lebih sehat dalam banyak hal.

Menurut CDC, memiliki hewan peliharaan mungkin tidak hanya memberikan kesempatan untuk berolahraga, kegiatan di luar ruangan dan sosialisasi, tapi juga dapat membantu mengurangi tekanan darah, tingkat kolesterol dan trigliserida, serta perasaan kesepian. Dampaknya, turun pula risiko Anda terkena serangan jantung.

Jika Anda gemar melakukan satu atau lebih aktivitas di atas, silakan lanjutkan. Hobi tersebut secara tidak langsung membawa Anda pada kualitas kesehatan yang lebih baik. Akan tetapi, hal ini tentu harus dibarengi dengan menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat, ya.

[HNS/ RVS]