Nunung Pakai Narkoba Berbulan-bulan tapi Tetap Segar, Kok Bisa?

Nunung memakai narkoba selama beberapa bulan belakangan, namun penampilannya terlihat seperti orang sehat pada umumnya. Bagaimana bisa? Ternyata, ini alasannya.
Nunung Pakai Narkoba Berbulan-bulan tapi Tetap Segar, Kok Bisa?

Klikdokter.com, Jakarta Narkoba selalu bisa mengelabui korbannya. Di balik iming-iming ‘kesenangan’ yang ditawarkan, bahaya narkoba diam-diam mengincar siapa saja yang menyalahgunakannya.

Kali ini benda terlarang itu berhasil menjerat salah satu artis yang sudah cukup lama bergelut di dunia hiburan, yaitu Nunung. Selama berkarier, Nunung sebenarnya cukup jauh dari pembicaraan negatif.

Hal tersebut tidak mengherankan, mengingat Nunung selalu tampil seperti orang sehat pada umumnya. Ya, dari segi penampilan, Nunung tampak segar dan tidak terlihat seperti seorang pengguna narkoba. Bagaimana bisa?

Artikel Lainnya: Mengapa Narkoba Bisa Bikin Kecanduan?

1 dari 3

Bagaimana Nunung Bisa Tetap Segar?

loading

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat-obatan terlarang. Berdasarkan Badan Narkotika Nasional (BNN), narkotika adalah suatu zat yang bersifat alamiah, sintetis, atau semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, daya rangsang, hingga kecanduan.

Seorang pengguna narkoba identik dengan tubuh kurus, wajah pucat, mata cekung dan beler. Hal itu bisa terjadi karena sebagian jenis narkoba memang dapat menurunkan nafsu makan penggunanya. Tubuh pun makin lama makin kurus.

Lantas, mengapa nunung tidak mengalami kondisi seperti pengguna narkoba kebanyakan? Bukankah Nunung menggunakan narkoba jenis sabu, yang memang bisa membuat nafsu makan penggunanya menurun drastis?

Hal tersebut benar, sabu memang bisa menekan nafsu makan penggunanya. Narkoba jenis metamfetamin ini bersifat adiktif, juga dapat membuat orang yang mengonsumsinya menjadi lebih bersemangat, percaya diri, tidak cepat merasa lelah, dan konsentrasi meningkat.

Apakah semua efek tersebut terjadi pada nunung? Belum tentu, karena dampak negatif sabu juga bergantung pada gaya hidup penggunanya.

Artikel Lainnya: Ini Dia Bahaya Pakai Narkoba untuk Mengatasi Insomnia

Sebagai contoh, seseorang yang berprofesi aktif di dunia hiburan biasanya memiliki jam kerja yang panjang. Alhasil, pola istirahatnya jadi berantakan. Begadang pun bisa menjadi kebiasaan.

Nah, ketika seseorang sering begadang dan terganggu pola istirahatnya, maka orang tersebut justru akan mengalami peningkatan nafsu makan yang tidak terkontrol. Sehingga, keesokan harinya atau pada waktu ia begadang, kalori yang dimasukkan ke dalam tubuh menjadi banyak.

Tidak hanya karena faktor tersebut, bekerja di dunia hiburan juga mungkin membuat Nunung tak memiliki banyak waktu untuk berolahraga. Oleh karena itu, kalori yang masuk ke dalam tubuhnya akan menumpuk dan berubah menjadi lemak.

Jadi, kombinasi antara kacaunya pola istirahat, jenis makanan yang dikonsumsi, hingga kurangnya olahraga pada akhirnya membuat kondisi seorang pengguna narkoba ―dalam hal ini Nunung― tidak mengalami penurunan berat badan.

Dengan kata lain, bahaya narkoba jenis sabu yang seharusnya dialami Nunung menjadi ‘kalah’ dengan asupan kalori atau pola hidup yang dijalaninya. Alhasil, Nunung tampak bugar, seperti orang sehat pada umumnya.

Lagi pula, meski pengguna sabu identik dengan tubuh kurus dan stereotip junkie lainnya, tetapi sebetulnya ukuran tubuh atau berat badan tak bisa menjadi patokan bahwa seseorang adalah pemakai narkoba. Karena pada kenyataannya, hal itu sangat dipengaruhi oleh pola hidup yang dijalani.

Artikel Lainnya: Cara Membantu Orang yang Ketergantungan Narkoba

2 dari 3

Tips Badan Tetap Fit yang Aman dan Sesuai Medis

Wanita Berolahraga Jogging
loading

Jangan pernah mengandalkan sabu atau narkoba jenis lain untuk membuat badan tetap fit. Akan lebih baik jika Anda melakukan cara alami, yang terbukti lebih baik dan aman bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi Anda yang ingin memiliki badan fit dengan cara alami:

  • Pola Makan

Supaya badan fit, Anda perlu memerhatikan pola makan sehari-hari. Anda wajib menjaga keseimbangan nutrisi sehari-hari, baik untuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Jangan lupa juga untuk meningkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan, serta minum air putih setidaknya 2 liter per hari agar tidak dehidrasi.

  • Pola Istirahat

Di tengah padatnya kegiatan, selalu siapkan waktu untuk memiliki istirahat yang berkualitas. Secara umum, kebutuhan tidur orang dewasa adalah sekitar 8 jam dalam sehari.

Artikel Lainnya: Jangan Coba-coba dengan Narkoba, Ini Bahayanya!

  • Rutin Olahraga

Olahraga memiliki peranan yang begitu besar untuk mewujudkan tubuh yang fit dan bugar. Anda disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin, dengan durasi 30 menit dan dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu.

  • Berat Badan Ideal

Raih dan pertahankan berat badan ideal, agar tubuh tetap sehat dan bugar. Pasalnya berat badan berlebih atau obesitas membuat Anda lebih berisiko untuk mengalami penyakit kronis.

  • Jauhi Rokok

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, kanker, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

  • Kelola Stres dengan Baik

Jika mengalami tekanan dari lingkungan pekerjaan, sangat penting untuk dapat mengatasinya dengan baik. Jika merasa sangat jenuh, ambil waktu untuk istirahat sejenak. Dengan pengelolaan stres yang baik, kesehatan tubuh Anda akan lebih terjaga.

Baca Juga

Berkaca pada kasus yang menimpa Nunung, Anda sebaiknya mulai benar-benar paham bahwa narkoba adalah sesuatu yang seharusnya benar-benar dijauhi. Dengan begini, Anda tidak perlu merasakan bahaya sabu atau jenis narkoba lain yang bahkan bisa mengancam keselamatan.

Jika Anda punya pertanyaan mengenai bahaya sabu atau jenis narkoba lainnya, jangan sungkan untuk bertanya langsung pada tim dokter dari KlikDokter melalui Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(NB/RPA)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Nunung Ditangkap Polisi Akibat Sabu, Ini 4 Tips Hindari Narkoba

Info Sehat
22 Jul

Ini Bahaya Memakai Sabu Setiap Pagi seperti Nunung

Info Sehat
22 Jul

Benarkah Pakai Sabu Tingkatkan Stamina, seperti Dirasakan Nunung?

Info Sehat
22 Jul

Akibat Pakai Narkoba untuk Jaga Stamina, Nunung Ditangkap Polisi

Info Sehat
22 Jul

Lakukan 7 Hal ini untuk Cegah Infeksi Menular Seksual

Info Sehat
16 Jul

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk