12 Fakta Haid yang Wajib Diketahui Wanita, Apa Saja?
search

12 Fakta Haid yang Wajib Diketahui Wanita

Supaya tidak terjerumus mitos sesat yang beredar pesat di masyarakat, ini dia fakta seputar haid yang wajib diketahui wanita.
12 Fakta Haid yang Wajib Diketahui Wanita

Klikdokter.com, Jakarta Haid atau Menstruasi merupakan salah satu kondisi alami yang terjadi dalam kehidupan wanita yang sehat. Meski demikian, kondisi ini bukanlah hal sederhana yang bisa dianggap enteng. Sebab, tak sedikit wanita yang masih belum paham betul mengenai fakta haid yang dialaminya setiap bulan. Apakah Anda salah satu yang seperti ini?

Haid adalah sebuah siklus hormonal dalam tubuh wanita. Melalui siklus ini, tubuh wanita menyiapkan diri terhadap kemungkinan adanya kehamilan setiap satu bulan. 

Pada prosesnya, dinding rahim akan menebal dan indung telur melepaskan sel telur yang dapat dibuahi oleh sel sperma. Bila tidak ada pembuahan dan kehamilan tidak terjadi, tubuh akan meluruhkan dinding rahim yang telah menebal dalam wujud darah haid.

1 dari 3

Fakta Seputar Haid

Fakta Seputar Haid
loading

Agar Anda tidak termakan dengan anggapan yang belum tentu benar, berikut adalah fakta haid yang sebaiknya diketahui dan diingat baik-baik:

  1. Usia Saat Haid

Rata-rata wanita mengalami haid atau menstruasi yang pertama kali antara usia 11 dan 14 tahun. Berikutnya, haid akan terjadi setiap bulan hingga waktunya menopause atau sekitar usia 51 tahun. Dalam rentang waktu tersebut, sebagian besar wanita akan mengalami 400–450 kali menstruasi selama hidupnya.

  1. Siklus Haid

Siklus haid yang normal berlangsung antara 21–35 hari dengan lama perdarahan 2–7 hari. Haid yang datang teratur setiap bulan menandakan siklus yang normal.

  1. Nyeri Saat Haid

Lebih dari setengah wanita mengalami nyeri atau kram perut bawah di hari-hari pertama haid. Kondisi yang disebut dengan dismenore ini disebabkan oleh keluarnya zat kimia prostaglandin yang memicu kontraksi otot rahim. Proses ini tak bisa dihindari, karena tubuh memerlukannya untuk mengeluarkan lapisan dinding rahim yang berlebih.

  1. Sindrom Prehaid

Tiga dari empat wanita dapat mengalami sindrom prehaid atau premenstrual syndrome (PMS) yang terjadi sekitar 1–2 minggu sebelum dimulainya haid. Keluhan yang terjadi dapat berupa sakit kepala, kelelahan, perut kembung dan mudah emosi atau lekas marah.

  1. Jumlah Keluar Darah

Jumlah total darah haid yang keluar setiap bulan rata-rata tidak lebih dari satu cangkir atau hanya sekitar 60–80 mililiter.

Artikel Lainnya: Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid

2 dari 3

Fakta Mulai dari Hubungan Intim Saat Haid Hingga Sebutan Haid di Negara Lain

Fakta Mulai dari Hubungan Intim Saat Haid Hingga Sebutan Haid di Negara Lain
loading
  1. Haid yang Tidak Teratur

Sebagian wanita mengalami siklus haid yang tidak teratur, baik dalam bentuk tidak adanya perdarahan sama sekali, hanya keluar flek saja, atau lamanya haid lebih dari tujuh hari.

Kondisi ini dapat terjadi akibat olahraga yang intens, stres berat, menyusui secara eksklusif, penggunaan KB hormonal, dalam masa perimenopause, mengalami obesitas atau penyakit tertentu. 

  1. Jumlah Pembalut

Tahukah Anda mengapa pembalut wanita sering dijual dalam kemasan berisi 16–18 buah? Menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Contraception, ini adalah rata-rata jumlah total pembalut yang digunakan setiap haid datang.

  1. Hamil Sebelum Haid Pertama

Seorang gadis dapat hamil segera setelah mulai mengalami haid. Bahkan, kehamilan bisa terjadi tepat sebelum haid yang pertama. Ini karena hormon-hormon kewanitaan sudah mulai aktif dan memicu ovulasi atau keluarnya sel telur. Bila pada masa ini seorang gadis melakukan hubungan intim, ia bisa hamil meski belum pernah haid.

Artikel Lainnya: Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

  1. Hubungan Intim Saat Haid Berpotensi Hamil

Berhubungan intim saat haid tidak mungkin hamil? Sebaiknya singkirkan pola pikir ini. Meski peluangnya kecil, kehamilan tetap dapat terjadi. Karena itu, penggunaan “pengaman” sangat dianjurkan jika Anda ingin berhubungan intim saat istri sedang haid tanpa ada kehamilan setelahnya. 

  1. Sebutan Haid

Ada lebih dari 5.000 sebutan lain untuk haid di seluruh dunia. Di Indonesia, Anda mengenalnya dengan sebutan “menstruasi”, ”dapet”, ”datang bulan”, atau ”tamu bulanan”. Di Jerman, haid memiliki nama lain ”Erdbeerwoche”, yang berarti istilah Strawberry week” atau minggu stroberi.

  1. Film Tentang Menstruasi

Ada film tentang menstruasi. Di tahun 1946, Disney merilis film berjudul “The Story Of Menstruation” sebagian alat bantu untuk edukasi seks. Dikabarkan bahwa ini adalah film pertama yang menggunakan kata “vagina”.

  1. Menstruasi dan Renang

Anda tetap dapat berenang meski sedang haid. Kala tubuh Anda sepenuhnya terendam di dalam kolam, tekanan air akan melawan gaya gravitasi yang mengeluarkan darah dari vagina. 

Baca Juga

Itulah sederet fakta haid yang perlu Anda ketahui. Pastikan Anda tidak terjebak dengan anggapan-anggapan yang belum tentu benar secara medis, agar sepenuhnya mampu menjaga kesehatan organ reproduksi dengan lebih baik lagi.

(NB/ RVS)

ARTIKEL TERKAIT

Hindari Minum Teh saat Haid, Ini Alasannya

Info Sehat
31 Des

Waspada, Haid Tidak Teratur Bisa Jadi Dampak Long Covid

Info Sehat
30 Des

Redakan Nyeri Menstruasi dengan Minum Susu

Info Sehat
15 Des

Alasan Wanita Lebih Banyak Kentut saat Menstruasi

Info Sehat
09 Des

Haid Dua Kali Sebulan, Apa Penyebabnya?

Info Sehat
20 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat