5 Manfaat Minum Susu untuk Kesehatan Jemaah Haji

Oleh Tamara Anastasia pada 24 Jul 2019, 11:10 WIB
Selain air putih, jemaah haji juga sangat dianjurkan untuk minum susu secara rutin dan teratur. Tahukah Anda mengapa demikian?
5 Manfaat Minum Susu untuk Kesehatan Jemaah Haji (Hafizussalam bin Sulaiman/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Selain kelelahan, kondisi lain yang sering dialami oleh jemaah haji adalah dehidrasi. Ini terjadi akibat padatnya aktivitas dan panasnya cuaca Arab Saudi. Karena itu, selain air putih, para jemaah haji yang sedang beribadah di Tanah Suci juga sangat dianjurkan untuk minum susu secara rutin.

Faktanya, susu tak hanya efektif mencegah dehidrasi, tapi juga bisa memberikan segudang manfaat kesehatan bagi tubuh jemaah haji. Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, kandungan protein dalam susu mampu meningkatkan metabolisme selama menunaikan ibadah haji. Tidak hanya itu, protein dalam susu juga bisa mengoptimalkan pembentukan jaringan sel di dalam tubuh. 

“Susu, terutama yang sudah difortifikasi, memiliki kandungan protein yang penting untuk pembentukan jaringan sel-sel. Jika ada jaringan yang rusak, protein dalam susu bisa mengobatinya. Lalu, ada juga enzim-enzim dalam tubuh yang dibentuk melalui protein yang bisa didapatkan dari susu,” ujar dr. karin.

Tak berhenti di situ, dr. Karin mengatakan bahwa minum susu secara rutin dan teratur juga bisa memberikan beragam manfaat sehat berikut ini:

  • Membentuk otot

Seperti telah disinggung sebelumnya, susu memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh. Salah satu fungsi zat ini adalah adalah membentuk otot yang kuat. 

“Jemaah haji pasti akan melakukan aktivitas yang padat. Untuk itu diperlukan otot yang kuat selama menunaikan ibadah haji. Protein dalam susu berperan penting terutama dalam pembentukan otot manusia,” tutur dr. Karin. 

  • Meningkatkan kesehatan tulang

Selain tinggi protein, susu juga memiliki kandungan vitamin D dan kalsium tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan tulang. 

“Kalsium pada susu merupakan kandungan yang paling mudah diserap oleh tulang. Maka itu, minum susu saat ibadah haji penting agar tulang jemaah haji menjadi lebih kuat dan tidak mudah mengalami nyeri sendi. Kecukupan kalsium dan vitamin D, juga dapat membantu terhindar dari osteoporosis di kemudian hari,” dr. Karin menambahkan penjelasan.

  • Penyembuhan luka

Tidak hanya meningkatkan kesehatan tulang, kalsium yang ada pada susu juga berperan penting untuk mengoptimalkan proses penyembuhan luka, pembekuan darah dan kontraksi otot. 

“Untuk mendapatkan efek yang maksimal, para jemaah haji juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D seperti kacang-kacangan. Jadi, kombinasikan antara kebiasaan minum susu dan makan camilan sehat untuk mendapatkan efek yang maksimal pada tubuh,” ungkap dr. Karin. 

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Susu juga dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan selenium harian. Zat tersebut berperan dalam sistem kekebalan tubuh, pembentukan dan perbaikan DNA, serta merupakan antioksidan. Tidak heran, selenium disebut memiliki sifat melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker.

  • Mencegah penyakit jantung koroner

Susu memiliki kandungan asam lemak omega-6 dan omega-3, juga asam oleat. Adanya kombinasi zat tersebut membuat susu mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner. 

“Kandungan asam laurat pada susu juga memiliki sifat antivirus dan antibakteri,” kata dr. Sara Elise Wijono MRes dari KlikDokter menambahkan penjelasan.

Semua manfaat yang ditawarkan susu bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin dan teratur. Selain itu, agar manfaatnya lebih optimal, pilihlah susu yang sudah difortifikasi dan memiliki kandungan lemak yang tidak terlalu tinggi. Jangan lupa untuk tetap membatasi porsi susu yang dikonsumsi agar tidak berlebihan.

Dengan kombinasi antara istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, serta minum susu secara rutin dan teratur, kesehatan tubuh jemaah haji akan senantiasa terjaga. Alhasil, semua aktivitas ibadah yang dilakukan di Tanah Suci bisa berjalan dengan lancar dan khusyuk.

(NB/ RVS)