Tips Mengatasi Biduran Tanpa Obat

Oleh dr. Adeline Jaclyn pada 24 Jul 2019, 11:30 WIB
Biduran sering kali muncul tiba-tiba, terutama pada orang yang memiliki bakat alergi. Tapi, bagaimana cara mengatasi biduran tanpa obat?
Tips Mengatasi Biduran Tanpa Obat (Lovelyday Vandy/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Biduran dalam istilah kedokteran dikenal sebagai urtikaria. Penyakit ini ditandai dengan adanya ruam menonjol berwarna merah pucat seperti bentol pada kulit yang muncul secara tiba-tiba dan terasa sangat gatal.

Kondisi biduran biasa dikaitkan dengan reaksi alergi, namun dapat juga dicetuskan oleh berbagai hal seperti stres, pengobatan, gigitan atau sengatan serangga, infeksi, suhu dingin, paparan sinar matahari, hingga kondisi mendasar lainnya. 

Menghindari dan mengatasi biduran tanpa obat

Mencari tahu pencetus dari biduran merupakan hal yang penting untuk menghindari penyakit ini. Sehingga, kondisi berulang tidak terjadi lagi di kemudian hari. Namun, bila Anda terlanjur terkena biduran, berikut ini adalah cara untuk meringankan dan mempercepat proses penyembuhan biduran tanpa obat :

  1. Gunakan kompres dingin

Meletakkan sesuatu yang dingin pada kulit dapat membantu meringankan iritasi. Gunakan handuk untuk membungkus segenggam es, letakkan pada area biduran hingga 10 menit. Ulangi sesuai kebutuhan sepanjang hari.

  1. Mandi dengan larutan anti gatal

Terdapat beberapa produk yang dapat digunakan saat mandi untuk membantu mengurangi sensasi gatal. Produk tersebut meliputi oatmeal (khusus untuk mandi) atau satu hingga dua genggam soda kue.

  1. Tambahkan bubuk kunyit pada makanan

Bubuk kunyit dapat meringankan radang dan membantu menyembuhkan luka. Tambahkan bahan ini pada makanan yang Anda akan konsumsi. Namun jangan terlalu banyak, karena dapat menyebabkan mual atau pusing. 

  1. Gunakan pelembap yang mengandung lidah buaya

Lidah buaya dapat menjadi sumber vitamin E yang dibutuhkan kulit untuk sehat. Bahan ini juga dapat mengurangi sensasi gatal akibat biduran.

  1. Konsumsi suplemen

Beberapa penelitian mengatakan bahwa vitamin B-12, C, dan D dapat membantu mengatasi gejala biduran. Konsumsi minyak ikan juga dapat membantu, namun masih perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal ini.

  1. Hindari produk tertentu yang dapat menyebabkan iritasi kulit

Sabun tertentu dapat menyebabkan kulit kering dan memperparah sensasi gatal saat Anda biduran. Jadi, gunakan sabun yang tergolong untuk kulit sensitif. 

Sabun ini biasanya tidak mengandung pengharum dan bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit. Aplikasikan produk segera setelah mandi untuk membantu meredakan sensasi gatal.

  1. Jaga suhu tubuh dan lingkungan tetap sejuk

Kondisi panas dapat membuat sensasi gatal bertambah parah. Kenakan pakaian yang ringan dan jaga suhu di sekitar Anda agar tetap sejuk dan nyaman. Salah satu caranya dapat dilakukan dengan menghindari paparan sinar matahari langsung.

Biduran biasanya hilang dalam 24 jam dan tidak membutuhkan pengobatan. Namun, terdapat beberapa kondisi yang perlu bantuan medis segera seperti pusing, bengkak pada tenggorokan atau wajah, atau sulit bernapas. Kondisi ini dapat menjadi tanda adanya reaksi alergi yang berat dan membutuhkan penanganan segera.

Biduran terkadang dianggap sepele. Tapi, mengetahui penyebab yang memicunya sangatlah penting. Jika Anda dapat mengidentifikasinya, biduran dapat dihindari sehingga tak muncul kembali. Namun bila Anda mengalaminya, lakukan beberapa cara di atas untuk mengatasinya tanpa obat.

[NP/ RVS]