Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Sistem Imun

Oleh KlikDokter pada 25 Jul 2019, 07:00 WIB
Ingin meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak mudah sakit? Jadikan makanan ini sebagai pilihan untuk dikonsumsi secara rutin!
Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Sistem Imun (Ivan4es/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Meningkatkan sistem imun adalah langkah awal memiliki kesehatan tubuh yang optimal. Selain olahraga teratur, istirahat yang cukup, melakukan imunisasi, dan menghindari stres maupun kebiasaan merokok atau minum alkohol, meningkatkan sistem imun juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Beberapa makanan yang terbukti dapat meningkatkan sistem imun tubuh, di antaranya:

  • Lemon

Lemon dapat meningkatkan sistem imun tubuh karena buah ini mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Selain itu, buah berbentuk lonjong dan berwarna kuning dengan rasa asam ini juga mengandung senyawa bio-flavonoid yang bersifat antioksidan untuk menangkal radikal bebas. 

Itulah mengapa konsumsi lemon atau buah-buah sitrus lain seperti jeruk secara rutin pada porsi yang tepat terbukti mampu membuat tubuh Anda terhindar dari berbagai jenis penyakit. 

  • Apel

Anda bisa meningkatkan sistem imun dengan mengonsumsi buah yang satu ini. Selain mengandung banyak vitamin C dan antioksidan, apel juga kaya akan serat yang dapat membantu mengurangi peradangan selama infeksi. 

Tak hanya itu, apel juga mampu memberikan rasa kenyang dan energi. Sehingga, mengonsumsi apel secara rutin jauh lebih baik dibandingkan camilan-camilan yang tidak sehat. 

  • Yoghurt

Yoghurt bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh, lho! Sebab, makanan sehat ini adalah hasil fermentasi susu oleh bakteri-bakteri baik.

Bila masuk ke dalam tubuh, bakteri-bakteri baik yang bersembunyi di balik yoghurt akan menyeimbangkan pola kuman dalam usus. Di mana, hal tersebut membantu tubuh untuk membunuh kuman-kuman jahat penyebab penyakit. 

Selain itu, karena berasal dari susu, yoghurt juga kaya akan vitamin D yang berperan penting pada meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

  • Bawang putih

Bawang putih banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bumbu masak. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa rempah yang satu ini juga berkhasiat untuk menjaga sistem imun tubuh. 

Faktanya, bawang putih mengandung berbagai zat yang mampu membantu tubuh untuk mengatasi proses infeksi dan peradangan. Tak hanya itu, bawang putih juga mengandung zat yang dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker. 

  • Jahe

Selain dapat menghangatkan tubuh dan meredakan mual, jahe memiliki sifat antiradang dan tinggi antioksidan. Di samping itu, jahe mengandung beta-karoten dan capsaicin yang juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. 

Selain apa yang telah disebutkan, kekebalan tubuh juga bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi suplemen yang tepat. Salah satunya adalah H2 Shark Liver Oil dari H2 Health & Happiness secara rutin dan teratur.

H2 Shark Liver Oil adalah suplemen kesehatan berbahan dasar minyak ikan hiu yang tidak dilindungi (Somnocius Microcephalus) dari perairan Greenland yang bebas merkuri. Kaya akan Alkylglycerol 16–20 persen dan Squalene, H2 Shark Liver Oil terbukti dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, H2 Shark Liver Oil turut membantu proses penyembuhan penyakit dengan merangsang sel pembunuh alami yang terdapat dalam tubuh manusia.

Tak hanya itu, H2 Shark Liver Oil juga memiliki sifat antikanker dan antiradang, membantu membuang racun dari tubuh, menurunkan kolesterol, serta memperbaiki fungsi sel tubuh.

Meningkatkan sistem imun dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh tak lagi sesulit dahulu. Karena kini telah hadir H2 Shark Liver Oil dari Health & Happiness yang dapat dikonsumsi sebanyak 1–2 kapsul setiap hari. 

(NB/ RH)