Yuk, Rawat Kulit Area Mata dengan 5 Cara Mudah Ini

Oleh Ayu Maharani pada 26 Jul 2019, 16:00 WIB
Urusan merawat wajah, area mata tak boleh luput. Sebab, penuaan dini kerap terjadi di area tersebut. Rawat kulit area mata dengan cara mudah ini.
Yuk, Rawat Kulit Area Mata dengan 5 Cara Mudah Ini (Prostock-studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bukan hanya keseluruhan kulit wajah, daerah di sekitar mata juga perlu perawatan khusus. Sebab, penuaan dini kerap terjadi di daerah tersebut. Anda bisa merawat kulit area mata dengan beberapa cara mudah.

Ketahuilah bahwa kulit di sekitar mata jauh lebih tipis, lembut, dan sensitif jika dibandingkan dengan kulit tubuh lainnya. Oleh karena itu, kulit di area tersebut lebih mudah mengalami iritasi dan penuaan dini. Karena kondisi itulah butuh perawatan kulit sedikit berbeda dengan bagian kulit wajah lainnya.

Mengapa kulit area mata mudah mengalami penuaan dini?

Kulit area sekitar mata memiliki lapisan yang lebih tipis dan longgar ketimbang bagian lainnya, sehingga dialah yang paling sensitif mengalami perubahan.

Mata itu sendiri adalah organ yang bekerja setiap waktu, mulai dari kedipan hingga mengekspresikan emosi. Sehingga masalah di kulit area mata sering kali muncul tanpa disadari, apalagi jika selama ini tidak merawat kulit wajah dengan tepat. Permasalahan yang sering terjadi antara lain munculnya lingkaran hitam di bawah mata alias mata panda, garis-garis halus atau kerutan, hingga terbentuknya kantong mata.

Menurut dr. Atika dari KlikDokter, timbulnya masalah di area sekitar mata umumnya disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya kurang tidur, kebiasaan tidur dengan posisi miring atau tengkurap sehingga ada penumpukan cairan di area mata, serta terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi garam.

Seiring bertambahnya usia, lapisan kulit dan jaringan sekitar mata memang akan semakin melemah, sehingga lemak penunjang mata mengendur. Selanjutnya, terbentuklah terbentuklah kantong mata.

“Selain itu, mereka yang memiliki penyakit tertentu seperti alergi, sinusitis, atau masalah tiroid biasanya mengalami masalah di kulit area mata,” jelas dr. Atika.

1 of 2

Rawat kulit mata secara tepat dengan cara mudah ini

Agar gejala-gejala penuaan dini di kulit area mata bisa diminimalkan, yuk rawat area tersebut sebaik mungkin dengan cara-cara di bawah ini.

  • Selalu menjaga kelembapan kulit area sekitar mata

Mungkin Anda berpikir bahwa pelembap wajah saja cukup untuk melembapkan area mata. Faktanya tidak. Untuk melembapkan kulit di area tersebut, Anda butuh krim mata (eye cream) yang mengandung lebih banyak minyak ketimbang pelembap biasa.

Perhatikan kandungan krim mata, pilih yang mengandung retinol, peptida, dan asam hialuronat.

  • Jangan pernah menggosok kulit area mata terlalu keras

Saat membersihkan area mata dengan makeup remover, jangan menggosokkan kapas di mata. Misalnya saat membersihkan riasan mata, tempelkan kapas selama beberapa detik agar cairan dalam kapas menyerap kotoran, barulah usap dengan lembut (sekali saja) untuk mengangkat riasan.

Saat Anda memakai krim mata, Anda disarankan untuk mengoleskannya dengan kelingking atau jari manis, karena kedua jari tersebut tidak memiliki kekuatan sebesar telunjuk.

  • Kompres dengan kantong teh bekas

Jangan langsung buang kantong teh celup Anda sehabis diseduh, karena manfaatnya untuk kulit area mata sangat sayang untuk dilewatkan.

Teh mengandung kafein dan antioksidan yang bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi penumpukan cairan di bawah kulit. Mengompres mata selama 15-20 menit dengan kantong teh bekas yang didinginkan dapat membuat mata menjadi lebih segar.

  • Pijat area bawah mata

Menggosok area mata terlalu keras memang tak boleh, tapi Anda boleh, kok, memanjakannya dengan memberi pijatan lembut di area bawah mata. Pijatan dapat membantu mengurangi kelebihan cairan di bawah mata dan mengurangi efek sembap. Lakukan pijatan ini setelah mengaplikasikan krim mata.

  • Selalu pakai tabir surya dan hentikan kebiasaan merokok

Dokter Atika juga menyarankan Anda untuk selalu memakai tabir surya dan jauhi rokok. Rokok dan paparan sinar ultraviolet merupakan kombinasi dahsyat yang dapat merusak kolagen, sehingga kulit mata menjadi keriput dan kendur.

Mata memerlukan perawatan yang tidak hanya berpusat pada kesehatan organ penglihatan saja. Rawatlah kulit di area mata dengan cara-cara yang disarankan di atas secara rutin. Optimalkan dengan menerapkan pola hidup sehat agar kondisi mata dan kulit di sekitarnya juga selalu terjaga kondisinya.

(RN/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓