6 Manfaat Air Zamzam bagi Jemaah Haji yang Hamil

Oleh dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons pada 26 Jul 2019, 16:30 WIB
Manfaat air zamzam tidak perlu disangsikan. Lalu apa manfaatnya bagi jemaah haji yang hamil?
6 Manfaat Air Zamzam bagi Jemaah Haji yang Hamil (Hafizussalam-bin-Sulaiman/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Beragam manfaat air zamzam bagi kesehatan tidak perlu Anda ragukan. Sebagian kalangan juga percaya bahwa air zamzam punya manfaat bagi jemaah haji yang hamil.

Zamzam berasal dari bahasa Arab yang memiliki makna ‘melimpah’ atau ‘yang banyak'. Mata air tersebut berada di sekitar Kakbah. Karena tidak pernah kering dan terus mengalir, air zamzam menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar. Keberadaan mata air istimewa ini juga tak luput dari perhatian jemaah haji.

Alasannya, air zamzam terkenal memiliki efek spiritual serta berdampak positif bagi kesehatan fisik dan mental. Karena itulah, jemaah haji berbondong-bondong meminum air zamzam dengan harapan menjadi sehat dan menyembuhkan penyakit. Lantas, apakah manfaat air zamzam untuk ibu hamil?

1. Kaya mineral

Air zamzam sudah terbukti mengandung mineral seperti kalsium dan magnesium dibandingkan air minum biasa. Kalsium baik untuk kesehatan gigi dan tulang pada orang dewasa.

Adapun pada ibu hamil, kalsium baik untuk pembentukan otak, tulang, dan sel darah merah janin. Magnesium pada ibu hamil juga baik untuk mencegah terjadinya komplikasi pada kehamilan yaitu preeklampsia dan pertumbuhan janin yang terhambat.

2. Mengandung ion

Selain mengandung mineral, air zamzam juga mengandung ion yang seimbang. Kadar keasaman air zamzam adalah 7,5 dan sedikit banyak mengandung alkali. Studi di Amerika menunjukkan terdapat 30 elemen pada air zamzam yang memiliki neutron pembangkit energi. Karena itu, WHO juga mengatakan bahwa air zam zam baik untuk kesehatan manusia, termasuk ibu hamil.

3. Berkualitas baik

Air zamzam merupakan mata air yang muncul di tengah padang pasir. Air ini tidak pernah surut dan terus mengalir selama ribuan tahun. Air zamzam tidak berwarna dan tidak memiliki bau sama seperti air layak minum.

Walaupun disimpan lama, kualitas air zamzam tidak berubah. Oleh karena itu, air zamzam sering menjadi buah tangan untuk keluarga atau teman para jemaah haji di kampung halaman.

4. Bebas kontaminasi

Air zamzam merupakan air bersih yang dapat langsung diminum karena bebas dari kontaminasi biologis. Air zamzam mengandung florin yang mencegah pertumbuhan bakteri.

Pada sumur air zamzam juga tidak ada alga atau lumut yang seharusnya terjadi pada sumur di wilayah udara panas. Oleh karena itu, air zamzam aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

5. Bermanfaat secara psikologis

Air zamzam juga memiliki dampak positif bagi psikologis Anda. Air zamzam dipercaya dapat mengabulkan doa seseorang. Ketika seseorang percaya, pikiran dan mental orang tersebut juga dapat menjadi yakin. Secara medis, efek ini disebut sebagai placebo.

6. Membantu kemajuan persalinan

Sebuah studi dilakukan di Rumah Sakit Saudi Arabia. Para peneliti membagi dua kelompok ibu yang akan melahirkan. Salah satu grup diberi minum hanya air zamzam, sedangkan yang lain air putih.

Pada grup yang hanya diberi air zamzam, ditemukan bahwa ibu hamil mengalami kemajuan persalinan yang lebih cepat dibandingkan ibu yang minum air putih biasa. Karena itulah, air zamzam dapat menjadi asupan cairan alternatif untuk membantu kemajuan persalinan.

Melalui beberapa penelitian, manfaat air zamzam telah terbukti. Kegunaan jenis air ini pada kesehatan fisik, mental, dan spiritual – termasuk pada ibu hamil – tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, air zamzam juga bebas kontaminasi sehingga baik dan aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Bila masih ragu, Anda dapat mengonsultasikan hal ini kepada dokter kandungan.

[HNS/ RVS]