Mengatasi Mata Bintitan dengan 6 Cara Mudah Ini

Oleh Ayu Maharani pada 28 Jul 2019, 09:00 WIB
Sebelum ke dokter, Anda bisa melakukan berbagai cara mudah ini untuk mengatasi mata bintitan yang menyebalkan!
Mengatasi Mata Bintitan dengan 6 Cara Mudah Ini (AndreyKac/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bintitan adalah benjolan merah mirip jerawat yang terbentuk di tepi luar kelopak mata, tapi bisa juga muncul di bagian dalam. Kemunculannya tentu menyebalkan karena bikin tak nyaman dan merusak penampilan. Sebelum ke dokter, Anda bisa mencoba mengatasi mata bintitan dengan beberapa cara mudah, lo!

Sekadar mengingatkan, mata bintitan tak ada hubungannya sama sekali dengan mengintip orang mandi. Walau sebetulnya mungkin saja akibat aktivitas tersebut, bintitan bisa terjadi karena benda yang dipakai untuk mengintip terkontaminasi kuman.

Bintitan atau istilah medisnya adalah hordeolum disebabkan oleh infeksi bakteri, tidak berbahaya, dan biasanya akan hilang sendiri dalam 1-2 minggu. Meski bukan gangguan mata yang serius, tetapi jika didiamkan saja bintitan bisa bikin tak nyaman, bikin mata terasa berat, serta menurunkan rasa percaya diri.

Cara mudah mengatasi mata bintitan

Tak perlu langsung buru-buru membuat janji dengan dokter spesialis mata jika Anda mengalami bintitan. Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah bintitan mengalami perburukan sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

1. Cuci tangan sebelum menyentuh area mata

Berdasarkan penjelasan dari dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid, dari KlikDokter, tangan yang kotor bisa memperberat bintitan.

“Usahakan untuk tidak menyentuh mata. Jika harus, misalnya untuk mengompres atau memakai salep mata, cuci tangan dulu dengan sabun dan air mengalir,” ujar dr. Resthie.

2. Bersihkan mata dengan air dan sabun yang tidak perih di mata

Apabila sudah telanjur bintitan, bersihkan area tersebut dengan air dan sabun yang tidak perih di mata, misalnya sabun bayi. Campurkan sabun dengan air, lalu celupkan kapas atau kain, pakai untuk membersihkan area bintitan.

Lakukan pembersihan teratur tak hanya di area mata yang terkena bintitan, tetapi juga di kedua mata. Tujuannya adalah supaya kelopak mata yang satu lagi tidak ikut terinfeksi.

3. Jika tak ada sabun yang ramah untuk mata, pakai garam

Air garam bisa berfungsi untuk mengatasi infeksi bakteri, sehingga dalam kasus bintitan larutan tersebut bisa digunakan. Caranya pun sama seperti poin di atas, tetapi usahakan untuk tidak sampai masuk ke mata karena bisa bikin mata perih.

1 of 2

Selanjutnya

4. Kompres hangat

Menurut dr. Valda Garcia dari KlikDokter, mata bintitan juga dapat diredakan dengan cara mengaplikasikan kompres hangat. Cara ini dapat membantu membuka saluran kelenjar pada kelopak mata yang tersumbat.

“Kompres hangat bisa dibuat dengan menggunakan kapas kosmetik yang direndam dalam air hangat, kemudian peras, dan tempelkan di kelopak mata dengan kondisi mata tertutup,” jelasnya.

Kompres mata empat kali sehari selama 5-10 menit. Apabila kapas kompres sudah tak hangat lagi, rendam kembali kapas tersebut dalam air hangat.

5. Manfaatkan kantong teh celup

Kantong teh hitam bekas juga bisa Anda manfaatkan untuk mengompres mata bintitan. Dikatakan bahwa kantong teh tersebut memiliki sifat antibakteri dan bisa membantu mengempiskan benjolan.

Pastikan suhu kantong teh tidak terlalu panas (jangan langsung dipakai setelah menyeduh teh). Tunggu sampai suhunya turun, lalu kompres pada mata selama 5-10 menit.

6. Jangan dipencet!

Dokter Resthie juga dengan tegas mengingatkan Anda untuk tidak tergoda memencet benjolan. Bintitan dapat mengeluarkan nanah. Singkirkan keinginan untuk mengeluarkannya. Karena alih-alih menyembuhan, tindakan tersebut malah bisa memperburuk peradangan.

Untuk mencegah mata bintitan tak datang kembali, dr. Valda menyarankan Anda untuk menjaga kebersihan kelopak mata. Caranya adalah dengan melakukan lid scrubs.

“Karena sebagian besar bintitan disertai dengan infeksi bakteri pada sumbatan kelenjar di kelopak mata, ini dapat diatasi dengan terus menjaga kebersihan kelopak mata. Carannya adalah dengan melakukan lid scrubs, yaitu mencuci kelopak mata dengan sabun khusus kelopak mata atau sabun bayi secara rutin,” terangnya.

Demikian beberapa cara mudah untuk mengatasi mata bintitan sebelum Anda memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter. Jika sudah seminggu bintitan masih saja mengganggu, bahkan tampak makin meradang, barulah bikin janji temu dengan dokter spesialis mata.

(RN/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓
Dedy PrabowoDedy Prabowo

dokter mau nanya, klo bintit mata saya ada 3, ini sudah membengkak dah ada isinya nanah tapi di luar kelopak mata, ketika nanah itu pecah masuk kemata, mata saya jadi merah dan pandangan mata saya jadi kabur/ buram. gimana solusinya ya dokter ? trima kasih