Tingkatkan Kualitas Sperma dengan Makan Kacang

Oleh dr. Dyah Novita Anggraini pada 30 Jul 2019, 14:00 WIB
Ingin kualitas sperma meningkat? Caranya ternyata mudah. Cukup dengan makan kacang. Berikut adalah penjelasannya.
Tingkatkan Kualitas Sperma dengan Makan Kacang (Michelangelus/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Apabila saat ini Anda tengah menjalankan program kehamilan, kualitas sperma menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Makan kacang menjadi salah satu asupan makanan pendukung yang perlu dilakukan untuk mewujudkannya.

Tanda sperma sehat

Dalam program hamil, kualitas sperma yang baik harus diupayakan. Untuk menentukan kualitas sperma yang bisa menunjang terjadinya kehamilan, tentu saja diperlukan pemeriksaan medis.

Beberapa faktor berikut bisa menjadi tolok ukur apakah sperma bisa dikatakan berkualitas atau tidak:

  1. Jumlah sperma

Sperma dianggap baik jika jumlahnya minimal 15 juta per milimeter dalam satu kali ejakulasi.

  1. Pergerakan sperma

Setelah keluar melalui ejakulasi agar dapat membuahi ovum, sperma harus bergerak menuju leher rahim dan saluran indung telur. Pergerakan sperma ini dinamakan motilitas. Sperma disebut memiliki kualitas baik jika minimal 40 persennya mampu bergerak sampai tujuan.

  1. Bentuk sperma

Bentuk dan struktur sperma yang normal memiliki ciri kepala berbentuk oval serta ekor yang panjang.

Ciri-ciri di atas dapat Anda ketahui dengan pemeriksaan sperma di laboratorium. Apabila hasilnya tidak sesuai dengan ciri normal di atas, segera konsultasikan masalah Anda ke dokter spesialis andrologi.

Kemudian, mulailah perbanyak konsumsi makanan yang dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Salah satu makanan yang dinilai bisa memperbaiki mutu sperma adalah kacang.

Kacang dan kualitas sperma

Kacang memiliki manfaat untuk kesehatan jantung dan menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain itu jenis makanan yang satu ini juga bermanfaat meningkatkan kualitas sperma, menurut informasi dari seorang ilmuwan dari Spanyol, Dr. Albert Salas-Huetos dari Universitas Rovira I Virgili.

Dalam acara European Society of Human Reproduction and Embryology (ESHRE 2018) di Barcelona disebutkan hasil penelitiannya, kacang dapat meningkatkan kualitas air mani dan sperma pada pria.

Penelitian ini mendukung beberapa penelitian sebelumnya yang mengemukakan bahwa bahan makanan yang memiliki kandungan omega–3 serta asam folat dapat meningkatkan kesuburan pria, dan kacang memiliki kedua kandungan zat nutrisi tersebut.

Jadi, usahakan untuk makan kacang minimal 60 gram sehari agar dapat membantu meningkatkan kualitas sperma Anda. Namun, penelitian di atas tetap harus didukung penelitian yang lebih lanjut.

1 of 2

Tips meningkatkan kualitas sperma

Selain asupan kacang-kacangan, agar kualitas sperma tetap terjaga dengan baik Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat lainnya. Beberapa hal sehat yang perlu Anda lakukan antara lain:

  1. Tidak merokok

Rokok dapat menurunkan jumlah sperma yang baik. Jadi, jika Anda perokok dan ingin kualitas sperma terjaga dengan baik, berhentilah merokok.

  1. Tidak mengonsumsi alkohol berlebihan

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menurunkan produksi hormon testosteron dan kualitas sperma Anda.

  1. Menerapkan diet yang sehat

Asupan makanan yang kaya akan sayur dan buah dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Karena kedua makanan ini tinggi akan antioksidan dan zink yang dapat membantu memperbaiki kualitas sperma.

  1. Rutin olahraga

Olahraga yang rutin dapat membantu meningkatkan produksi testosteron.   Kualitas semen dan sperma pria yang rutin berolahraga akan lebih baik dibandingkan dengan pria yang jarang melakukan aktivitas fisik tersebut.

  1. Hindari stres

Stres jangka panjang dapat menurunkan produksi sperma. Kondisi tersebut bisa memicu peningkatan hormon kortisol yang menyebabkan kadar testosteron menurun.

  1. Menjaga berat badan ideal

Berat badan yang berlebih dapat menurunkan jumlah dan daya gerak sperma. Akibatnya kualitas sperma pun akan menurun.

Jika Anda dan pasangan belum juga mendapatkan kehamilan setelah setahun menikah atau melakukan program hamil, kunjungilah dokter kebidanan dan kandungan. Sebab, perlu dilakukan pemeriksaan organ reproduksi secara menyeluruh.

Untuk para pria, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis andrologi untuk mengetahui bagaiman kualitas sperma yang dimiliki. Jika ternyata menurut pemeriksaan kualitas sperma masih kurang, ada beragam cara untuk bisa meningkatkannya, salah satunya dengan memperbanyak makan kacang. Meski demikian, jangan lantas menyantapnya berlebihan ya. Tetap batasi porsinya. Jika perlu konsultasikan dengan dokter untuk menentukan porsi yang tepat.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓