Perawatan Kulit dengan Ampoule Lebih Canggih dari Serum?

Oleh Ayu Maharani pada 31 Jul 2019, 13:00 WIB
Ampoule, perawatan kulit dari Korea Selatan, dinilai lebih canggih ketimbang essence dan serum. Yuk kenalan dengan skincare ini!
Perawatan Kulit dengan Ampoule Lebih Canggih dari Serum? (Frank60/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Anda yang tak pernah ketinggalan tren perawatan kulit pasti pernah mendengar tentang ampoule. Banyak kalangan menilai cara kerja ampoule lebih canggih ketimbang essence dan serum. 

Bagi Anda yang belum tahu tentang jenis perawatan kulit yang satu ini, yuk berkenalan dengan ampoule.

Kandungan, tekstur, dan kecanggihan ampoule

Jika sebelumnya Anda sudah akrab dengan krim, toner, essence, dan serum, sekarang ada lagi yang namanya ampoule. Menurut dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, tren K-beauty ini adalah produk skincare yang tingkat konsentrasinya lebih tinggi ketimbang essence dan serum. 

Umumnya, produk ampoule dikemas dalam botol kaca kecil dan penggunaannya mengandalkan pipet. Harganya relatif lebih mahal ketimbang essence, tapi tak berbeda jauh dari serum.

Mengenai teksturnya, dr. Adeline mengatakan bahwa itu bisa bergantung merek. “Ada yang membuatnya lebih kental ketimbang serum (serum itu sendiri sudah lebih kental ketimbang essence), tapi ada juga membuatnya lebih cair. Tapi kebanyakan memang lebih kental,” jelas dr. Adeline.

Bicara soal kecanggihannya, kandungan zat dalam ampoule memang lebih “berat” ketimbang serum, sehingga tak sedikit yang menganggap bahwa ampoule adalah “dewanya” produk kecantikan.

Menurut dr. Adeline, memang benar ampoule lebih ampuh untuk mengatasi permasalahan kulit tertentu dibandingkan dengan pemakaian serum dan essence, karena kandungan bahan aktifnya lebih kuat. Akan tetapi, produk ampoule sebaiknya hanya digunakan untuk mengatasi kulit yang benar-benar bermasalah. Kalau kondisi kulit biasa saja atau cenderung normal, penggunaannya bisa timbulkan kemerahan di wajah.

Tidak disarankan untuk perawatan kulit harian

Ampoule memang bagus, tapi tidak disarankan sebagai skin care harian, seperti serum, essence, atau toner. Ampoule sifatnya memperbaiki. Jika kulit yang bermasalah sudah membaik, lebih baik jangan diteruskan. Kembali saja ke ritual perawatan yang lebih ringan,” ujar dr. Adeline. 

Kecuali memang Anda mendapatkan produk ampoule dari dokter spesialis kulit dan kecantikan yang menganjurkan sebaliknya.

Banyak merek yang mengklaim bahwa produk ampoule-nya dapat digunakan untuk perawatan kulit harian. Baiknya jangan langsung percaya. Konsultasikan dulu kepada dokter spesialis kulit dan kecantikan, apalagi jika jenis kulit Anda sensitif.

1 of 2

Lebih cocok untuk kulit kering ketimbang kulit berminyak

Pemilik kulit berminyak disarankan berhati-hati untuk menggunakan produk ampoule. Pasalnya, rasa lengket setelah pemakaian karena teksturnya yang berat bisa membuat kulit tak nyaman, gatal, dan jika digaruk bisa muncul bintik berupa jerawat. 

Pemilik kulit berminyak dan pori-porinya mudah tersumbat lebih baik memilih produk yang teksturnya cair, lebih ringan, sehingga mudah diserap.

Produk ini secara umum lebih cocok untuk pemilik kulit kering karena dapat memberikan kelembapan ekstra, sehingga tekstur kulit akan jauh lebih kenyal, lembut, dan tampak sehat.

Ampoule mengandung eksfolian tidak cocok untuk kulit sensitif

Walau ampoule terbilang cocok untuk kulit kering, bukan berarti juga cocok untuk kulit sensitif. Ampoule yang mengandung eksfolian seperti AHA, BHA, atau PHA kurang bersahabat dengan kulit sensitif, terutama jika digunakan terlalu sering.

Ampoule yang mengandung bahan untuk eksfoliasi, apa pun jenisnya, jangan digunakan terlalu sering oleh Anda yang berkulit sensitif. Gunakan 1-2 minggu sekali saja, karena ada kekhawatiran reaksi yang muncul malah kemerahan, panah, perih, dan lainnya,” tambah dr. Adeline. Kalau sudah begini, bukannya memperbaiki masalah, tapi justru masalah bertambah.

Tertarik untuk menambahkan ampoule ke dalam ritual kecantikan Anda? Sebaiknya pilih yang tidak mengandung eksfolian. Untuk tahu cocok atau tidaknya produk yang dibeli dengan kondisi kulit, dr. Adeline merekomendasikan untuk mencobanya dulu di pergelangan tangan atau lipatan siku.

“Diamkan dulu selama 24 jam dan jangan dibilas. Kalau tidak ada reaksi apa-apa, berarti produk itu cocok di kulit. Kalau ada reaksi seperti kemerahan atau gatal, lebih baik pilih produk lain yang lebih aman,” kata dr. Adeline menutup perbincangan.

Bagaimana, setelah berkenalan dengan ampoule Anda ingin mempraktikkan perawatan kulit dengan cara ini? Untuk mengatasi masalah kulit tertentu, ampoule memang lebih canggih ketimbang serum dan essence. Meski begitu, pemakaiannya tak boleh sembarangan. Jika Anda tertarik, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit dan kecantikan.

(RN/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓
Afifah Laila AfifahAfifah Laila Afifah

dokter gmna Crnya wjh kt jd glowing