Peran Orang Tua di 100 Hari Pertama Sekolah Anak

Oleh dr. M. Dejandra Rasnaya pada 03 Aug 2019, 16:00 WIB
Ingin si Kecil terus berkembang ke arah positif hingga dewasa nanti? Lakukan ini di 100 hari pertama sekolah anak!
Peran Orang Tua di 100 Hari Pertama Sekolah Anak (Sharomka/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Di hari pertama anak masuk sekolah dasar (SD), dirinya akan menghadapi hal-hal baru. Mulai dari aktivitas, lingkungan, proses belajar, teman, dan guru semuanya adalah hal yang mungkin belum pernah anak temui sebelumnya. Tentunya, dengan adanya hal ini, anak membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri. Di sinilah orang tua dituntut berperan lebih untuk mendukung dan membantu si Kecil beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Nah, agar Anda tidak salah langkah dan benar-benar bisa membuat anak beradaptasi dengan lingkungan barunya, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

  1. Bercerita tentang zaman sekolah dulu

Dengan bercerita mengenai diri Anda sewaktu sekolah, anak akan mendapatkan sedikit gambaran tentang kehidupan yang akan dihadapinya beberapa tahun ke depan. 

Meski berbeda zaman dan kondisi, cerita yang Anda lontarkan tentang kehidupan semasa sekolah bisa membuat anak terhindar dari rasa cemas dan depresi menghadapi harinya sebagai siswa baru.

  1. Antar anak ke sekolah

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyarankan setiap orang tua untuk mengantar anak di hari pertama sekolah. Tujuannya adalah untuk memberikan kenyamanan dan adaptasi dari lingkungan rumah ke lingkungan sekolah. 

Tidak hanya ibu, ayah juga disarankan ikut mengantar. Selain itu, menunjukkan lingkungan sekolah seperti kamar mandi, ruang guru, kantin, sambil mengantar anak sampai kelas juga disarankan.

  1. Lakukan perpisahan secukupnya

Antar anak sampai di kelas dan biarkan ia menempati kursi yang dipilih. Berikan dorongan pada anak untuk berkenalan dengan teman-teman barunya. 

Ketika bel sekolah sudah berbunyi atau Anda harus segera berangkat kerja, berikan perpisahan secukupnya. Ini dilakukan untuk meredam perasaan khawatir pada anak. Jika dilakukan berlebihan, hal itu malah akan membuat anak cemas dan kepikiran.

  1. Bawakan bekal 

Selain menjamin higienitas dan kelengkapan gizi, membawa makanan dari rumah juga membuat anak tidak terlalu asing di lingkungan sekolah. 

Tanyakan sehari sebelumnya makanan apa yang anak Anda inginkan untuk bekal. Dengan begitu ia akan lebih semangat menjalani sekolah dengan bekal sesuai keinginannya.

  1. Atur jadwal antar dan jemput

Atur jadwal antar dan jemput di hari-hari pertama anak bersekolah. Tindakan ini dilakukan untuk melindungi si Kecil dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan mengantar dan menjemputnya, orang tua juga bisa memberikan motivasi agar si Kecil lebih semangat menghadapi hari sebagai siswa di tempatnya yang baru. Selain itu, dengan orang tua di sampingnya, anak juga bisa berbagi keceriaan tentang pengalaman yang ia rasakan saat menjalani proses belajar dan mengajar di sekolah.

  1. Membuat grup obrolan orang tua

Jika memungkinkan, buatlah perkumpulan atau grup obrolan yang berisi orang tua lain yang juga mengantar anaknya ke sekolah. Selain bisa bertukar informasi, hal ini juga bermanfaat untuk mempercepat proses adaptasi si Kecil dengan teman-teman barunya.

Peran orang tua di 100 hari pertama sekolah anak amat penting. Dukungan dan semangat yang Anda berikan bisa menunjang proses adaptasi anak untuk menjalani hari-harinya di sekolah sehingga bisa menjadi pribadi yang baik dan berprestasi. 

(NB/ RVS)