Kenali Kehebatan Centella Asiatica dalam Produk Skin Care

Oleh Ayu Maharani pada 05 Aug 2019, 14:20 WIB
Pecinta produk skin care Korea Selatan sedang tergila-gila dengan produk yang mengandung Centella asiatica. Apa sih hebatnya kandungan ini?
Kenali Kehebatan Centella Asiatica dalam Produk Skin Care (aslysun/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Anda pernah mendengar tentang nama Centella asiatica? Jika belum, tanyakan pada para  pencinta produk skin care buatan Korea Selatan.

Centella asiatica sebenarnya merupakan daun pegagan dan cukup mudah pula ditemukan di Indonesia. Meski tenar sebagai kandungan dari produk perawatan kulit,  namun tanaman dengan daun berbentuk kipas tersebut sebenarnya sudah sering digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan India.

Bukan barang baru dalam dunia kecantikan kulit

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, jauh sebelum para beauty vlogger berlomba-lomba untuk mencoba produk skin care Korea yang mengandung Centella, daun tersebut sudah dijadikan obat oleh farmasi lokal.

Centella asiatica atau daun pegagan itu sebenarnya ‘pemain lama’, tapi terkenal lagi karena digunakan dalam produk skin care Korea. Padahal, daun ini sudah sejak lama digunakan farmasi lokal dalam bentuk krim atau gel,” tutur dr. Karin.

Ditambahkannya, daun ini memiliki sifat antiinflamasi dan bagus untuk kulit. Selain itu, Centella asiatica memang sudah teruji khasiatnya untuk mempercepat proses penyembuhan luka, kulit kemerahan, bekas jerawat, dan bekas-bekas lainnya yang sulit di permukaan kulit.

Efektif merawat kulit

Di dalam Centella asiatica, terdapat senyawa triterpenoid. Senyawa tersebut bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka dengan cara meningkatkan kadar antioksidan, memperkuat jaringan kulit, serta meningkatkan suplai darah ke area luka.

Bahkan, penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Lower Extremity Wounds mengungkapkan, tikus yang lukanya diobati dengan ekstrak daun ini dapat sembuh lebih cepat. Sementara, ada juga penelitian lain yang melaporkan bahwa daun Centella asiatica mampu mengurangi jaringan parut pasca operasi sekaligus membantu menyembuhkan luka bakar dan meminimalkan risiko infeksi.

Senyawa triterpenoid pun dapat meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Sehingga, cocok digunakan oleh Anda yang ingin memperbaiki tekstur wajah sekaligus menghambat proses penuaan dini.

Mereka yang sebenarnya tak memiliki masalah kulit sebenarnya boleh-boleh saja menggunakan produk skin care yang mengandung Centella asiatica. Pasalnya, daun ini justru dapat mencegah timbulnya masalah pada kulit wajah maupun kulit tubuh, misalnya stretch mark.

Manfaat Centella asiatica selain untuk kulit

Tak hanya bagus untuk mengatasi luka di kulit, tanaman yang berasal dari keluarga Apiaceae ini juga berkhasiat mengatasi luka pada dinding perut dan usus dua belas jari. Sebab, daun tersebut mengandung macam-macam bioaktif yang berperan sebagai antioksidan, antimikroba, antivirus, hingga antiulcer.

Namun, meski dinyatakan aman, para ahli dari University of Maryland Medical Center menyatakan, Centella asiatica sebaiknya tidak dikonsumsi selama lebih dari enam minggu tanpa konsultasi dulu dengan dokter.

Itu karena, herbal yang satu ini juga memiliki risiko efek samping. Untuk mereka yang kulitnya sensitif dan tidak cocok dengan Centella asiatica, mereka bisa mengalami rasa perih. Sedangkan mereka yang memanfaatkan daun tersebut dengan cara dikonsumsi, bisa merasakan efek sakit kepala, sakit perut, dan mual muntah bila tidak cocok.

Bila Anda hendak membeli produk skin care yang mengandung Centella asiatica, sebaiknya coba dulu tipis-tipis di pergelangan atau lipatan siku bagian dalam. Lalu, diamkan selama 24 jam. Bila tidak ada tanda-tanda perih, gatal, atau kemerahan, berarti Anda cocok dengan produk tersebut. Jika timbul gejala alergi, hentikan pemakaiannya. Namun akan lebih aman jika sebelum memakainya, Anda konsultasi dulu dengan dokter spesialis kulit.

[RVS]