9 Minuman yang Baik untuk Kesehatan Anak, Bernutrisi!
searchtext customer service

Daftar Minuman untuk Anak yang Sehat dan Bernutrisi

Anak butuh asupan cairan yang cukup untuk menjaga kesehatannya. Apa saja minuman yang baik untuk anak? Simak daftarnya berikut ini.
Daftar Minuman untuk Anak yang Sehat dan Bernutrisi

Klikdokter.com, Jakarta Dewasa ini semakin banyak minuman mengandung kadar gula tinggi, yang dapat meningkatkan risiko obesitas. Minuman jenis ini mesti diwaspadai, khususnya oleh anak-anak.

Pasalnya, anak paling gemar mengonsumsi sesuatu yang manis. Sekalipun dapat bantu memenuhi kebutuhan cairan, minuman tinggi gula tersebut dapat menyebabkan dampak buruk lain yang lebih berbahaya bagi kesehatan.

Lantas, adakah minuman yang baik untuk anak? Ada. Berikut ini daftar minuman untuk anak, yang bernutrisi dan sehat:

1 dari 6

1. Air Putih

Anak Minum Air Putih
loading

Air putih adalah minuman untuk anak-anak, yang dapat diberikan pada usia 2 tahun atau lebih.

Meski tidak mengandung nutrisi, air putih bersifat netral sehingga baik untuk memenuhi kebutuhan cairan sehari-hari.

Jumlah kebutuhan air putih harian pada anak sangat tergantung pada usia, berat badan, dan aktivitas harian anak. Secara umum, kebutuhan air putih anak usia 2 tahun adalah 1,3 liter atau sekitar 4 gelas.

Artikel Lainnya: Waspada, Ini Bahaya Minuman Berenergi bagi Anak

2. ASI

Pada bayi yang baru lahir hingga berusia 2 tahun, ASI merupakan pilihan minuman utama. Selain dapat memberikan cairan yang cukup, ASI juga merupakan sumber nutrisi yang terbaik bagi bayi.

Pada usia 0-6 bulan, ASI diberikan secara eksklusif kepada bayi. Setelah 6 bulan, ASI diberikan bersama dengan makanan pendamping (MPASI) hingga si kecil berusia 2 tahun.

Setelah 6 bulan, air putih sudah boleh diberikan dalam jumlah sedikit. Proporsi terbesar cairan anak usia tersebut adalah ASI.

2 dari 6

3. Susu

Anak Minum Susu
loading

Susu merupakan minuman sehat untuk anak. Susu UHT sudah dapat diberikan kepada si kecil sejak berusia 1 tahun. Selain susu UHT, berbagai jenis susu pertumbuhan juga dapat diberikan kepada si kecil sesuai anjuran.

Faktanya, pemberian susu sebanyak 2 gelas dalam sehari baik untuk menunjang pertumbuhan si kecil. Pasalnya, susu mengandung protein, lemak, dan kalsium.

4. Air Kelapa

Air kelapa juga merupakan minuman yang baik untuk anak. Pasalnya, air kelapa mengandung air, elektrolit, dan sedikit gula.

Faktanya, minuman yang mengandung elektrolit penting untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh si kecil.

Namun, dalam memilih air kelapa, orangtua harus memperhatikan kesegarannya. Hindari pula menambahkan gula, meski hanya sedikit.

3 dari 6

5. Yoghurt

Yoghurt
loading

Anak bosan minum susu? Yoghurt merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih.

Yoghurt terbuat dari susu, sehingga ada kandungan protein dan kalsium di dalamnya. Selain itu, minuman fermentasi ini juga mengandung berbagai bakteri baik yang penting untuk kesehatan saluran pencernaan si kecil.

Konsumsi yoghurt secara rutin dan dalam porsi yang tepat dapat memperlancar buang air besar dan menurunkan risiko penyakit pada saluran pencernaan anak.

Artikel Lainnya: Kriteria Air Minum Kemasan yang Baik untuk Anak, Apa Saja?

6. Smoothies

Sesekali, Anda dapat memberikan si kecil smoothies. Selain segar, smoothies yang mengandung buah dan susu dapat pula memberikan nutrisi untuk tumbuh kembang si kecil. Smoothies juga dapat menjadi alternatif jika anak sedang bosan minum susu.

Agar manfaatnya dapat lebih dirasakan, hindari menambahkan gula atau sirup ke dalam smoothies si Kecil, ya.

4 dari 6

7. Susu Nabati

Susu Nabati
loading

Berbagai susu nabati, seperti susu kedelai, susu almond, dan lainnya juga baik diberikan kepada si kecil yang berusia lebih dari dua tahun.

Susu nabati tanpa gula dapat diberikan sesekali sebagai selingan. Asupan tersebut tetap dapat menunjang tumbuh kembang si kecil, sekalipun kandungan nutrisinya tak sebaik susu sapi.

8. Jus Buah Murni

Anak sebaiknya mengonsumsi buah-buahan dalam bentuk utuh atau potong, agar mendapatkan serat yang ada di dalamnya.

Namun, jika si kecil tidak suka makan buah secara langsung, alternatifnya adalah membuat jus. Tapi, ingat, Anda tidak perlu menambahkan gula dalam jus tersebut, ya.

5 dari 6

9. Minuman Jahe

Minuman Jahe
loading

Pada musim hujan atau dingin, minuman hangat seperti jahe juga dapat diberikan kepada si kecil dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Pada kondisi sakit ringan, seperti mual atau meriang, minuman jahe juga dapat membantu meredakan gejala tersebut.

Ada berbagai jenis minuman di Indonesia yang terbuat dari jahe, seperti teh jahe, wedang jahe, bir pletok, wedang ronde, bandrek, dan sebagainya. Tapi, sekali lagi, tetap ingat untuk membatasi penggunaan gula di dalamnya, ya.

Baca Juga

Mana minuman untuk anak yang sekiranya menjadi favorit si buah hati? Tetap perhatikan porsi saat memberikannya, agar manfaatnya dapat dirasakan optimal.

Ingin tahu minuman untuk anak-anak yang juga sehat dan bergizi? Anda bisa bertanya secara langsung kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Lianto Kurniawan Nyoto, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Andrew Limantoro, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Nofiyanty Nicolas, Sp.A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Cara Tepat Lindungi Anak dari Pelecehan Seksual

Info Sehat
23 Feb

Kiat Ampuh Mengatasi Trauma pada Anak

Info Sehat
22 Feb

Kiat Efektif Mengobati Cacar Air pada Anak

Info Sehat
22 Feb

Bunda, Kenali Pentingnya Tahap Cooing pada Bayi

Info Sehat
12 Feb

Anak Kena Kolesterol Tinggi, Orang Tua Perlu Lakukan Ini

Info Sehat
11 Feb

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat