6 Latihan untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

Oleh Tamara Anastasia pada 05 Aug 2019, 17:30 WIB
Kecerdasan otak bisa dilatih dengan cara-cara berikut. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang optimal.
6 Latihan untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak (Elnur/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Daya ingat dan kecerdasan otak seseorang bisa berkurang karena jarang dilatih. Padahal otak manusia memiliki potensi kecerdasan yang luar biasa. Sayangnya hanya sedikit orang yang menggunakan potensi tersebut dengan maksimal. Akibatnya kemampuan otak kanan maupun otak kiri pun melemah.

Tapi jangan khawatir, riset terbaru menemukan ada beberapa kegiatan unik yang bisa Anda pakai untuk mengasah otak agar bekerja lebih optimal. Hasilnya otak pun jadi lebih pintar.

Dilansir Reader’s Digest, berikut beberapa kegiatan yang mungkin tidak terpikirkan oleh Anda yang bisa meningkatkan kecerdasan otak manusia:

  • Menggosok gigi dengan tangan yang berbeda

Jika biasanya Anda menggosok gigi dengan tangan kanan, kali ini cobalah dengan memakai tangan kiri. Riset menunjukan, tangan Anda yang bukan dominan bisa melatih sisi lain di bagian otak Anda. Dan hasilnya bisa menambah perluasan yang penting di wilayah korteks otak Anda dalam memproses suatu hal serta pengendalian akan sesuatu.

  • Mandi dengan mata tertutup

Jika Anda hanya menutup mata saat sedang mencuci muka, kali ini coba tutup mata Anda sepanjang Anda mandi. Jadikan tangan Anda sebagai “mata” untuk melakukan aktivitas saat mandi. Otak akan mengirim sinyal ke tangan untuk melakukan aktivitas yang ada di kamar mandi seperti mengambil sampo, sabun, menggosok badan dan menyeka muka.

Tapi hati-hati saat melakukan kegiatan yang satu ini. Pastikan Anda tidak meletakan sampo atau sabun jauh dari Anda, sehingga Anda tidak perlu melangkah lebih jauh untuk mengambilnya. Pastikan juga agar lantai tidak licin saat Anda melakukan kegiatan yang satu ini.

  • Membuka jendela mobil

Hippocampus di otak adalah sebuah area yang memproses sejumlah hal khususnya yang melibatkan bau, suara, penglihatan, sampai kepada pembentukan mental.

Latihlah dengan mengidentifikasi bau yang baru dan suara yang baru di rute baru menuju kantor Anda. Membuka jendela mobil bisa memberikan material yang lebih baru atau lebih mentah untuk ditelaah otak Anda. Atau jika Anda berjalan atau menaiki motor, cari rute baru untuk mendapatkan pemandangan yang baru dan pengalaman yang baru.

  • Mengubah kebiasaan di pagi hari

Studi tentang gambaran otak menunjukkan bahwa aktivitas-aktivitas baru di pagi hari bisa melatih area korteks yang luas, menunjukkan peningkatan level aktivitas otak di beberapa area berbeda. Aktivitas otak ini akan menurun ketika aktivitas yang dilakukan tidak berubah dan hanya itu-itu saja.

Jika biasanya sehabis bangun tidur Anda membuat kopi, membaca koran, lalu pergi mandi. Coba ubah menjadi pergi mandi terlebih dahulu, membuat sarapan, membaca koran dan pergi bekerja.

  • Lebih banyak interaksi sosial

Penelitian ilmiah telah berulang kali membuktikan bahwa kekurangan interaksi sosial memiliki efek negatif yang parah pada kemampuan kognitif secara keseluruhan. Manusia adalah mahkluk sosial dan perlu bersosialisasi dengan manusia lainnya. Bersosialisasi tidak hanya baik untuk menjalin hubungan baik, tetapi juga untuk menstimulasi otak melalui berbagai bentuk rangsangan.

  • Mencoba makanan baru

Sistem penciuman Anda dapat membedakan jutaan bau dengan mengaktifkan kombinasi unik dari reseptor di hidung anda. Akan ada hubungan emosi langsung yang berpusat langsung ke otak Anda, sehingga aroma baru dapat membangkitkan perasaan dan asosiasi yang tak terduga.

1 of 2

Olahraga otak untuk melatih otak

Selain enam kegiatan unik di atas, ada cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kerja otak tetap optimal. Menurut dr. Alvin Nursalim MPH dari KlikDokter, cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan olahraga otak.

“Olahraga tidak hanya dapat dilakukan oleh fisik, tetapi juga otak. Jika Anda seorang pecinta puzzle, maka latihlah otak Anda lewat permainan puzzle. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tangan yang tidak dominan ketika beraktivitas. Misalnya untuk menggosok gigi atau menyisir rambut. Rangsanglah otak Anda dengan berbagai kegiatan berbeda untuk menciptakan hubungan saraf yang baru, ” ujar dr. Alvin.

Selanjutnya, menjadi seorang relawan juga bisa menjaga kerja otak tetap optimal. Penelitian menunjukkan bahwa menjadi relawan dapat menurunkan kadar stres dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu, mengikuti kegiatan sosial juga memberikan dampak psikologis yang baik untuk Anda.

Dan yang terakhir, makanlah makanan yang dapat meningkatkan fungsi kinerja otak. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, makanan tertentu juga bermanfaat bagi pertumbuhan otak. Makanan yang dimaksud adalah makanan kaya omega-3 dan vitamin B, seperti ikan salmon. Anda juga dapat menemukan zat gizi tersebut pada suplemen yang dijual bebas di pasaran.

Itulah beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Mungkin beberapa cara di atas terdengar aneh dan unik, tapi tidak ada salahnya untuk Anda coba, bukan?

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓